Memilih Kemasan Unik sebagai Cara Memasarkan Produk

Ditulis oleh Ajar Pamungkas

article thumbnail

 

Di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang, kemasan unik bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis yang akan membuat pemasaran produkmu jauh lebih menonjol dibanding para kompetitor lainnya. Bagaimana tidak, saat ini sudah banyak orang yang beralih membuka usahanya sendiri, baik karena memanfaatkan momen maupun karena ingin mencari sumber pendapatan lain di masa yang sulit ini. Oleh karena itu, banyaknya produk yang seragam di pasaran pun membuat persaingan bisnis semakin menantang. Meski terasa sepele, mengemas produk secara unik bisa sangat membantu.

Namun, kemasan seperti apa, sih, yang dianggap unik dan dapat memberikan nilai tambah bagi bisnis?

Kemasan Fisik

Baik produk maupun jasa yang coba kamu pasarkan bisa jadi tergolong produk maupun jasa yang pasaran, tetapi bukan berarti harus dikemas dengan cara yang sama. Untuk mendorong angka penjualan, sejumlah pelaku usaha memberikan sentuhan personal pada produknya untuk menarik perhatian pelanggan. Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan kartu ucapan dengan tulisan tangan yang dilampirkan bersama kemasan produkmu untuk berterima kasih pada pelanggan yang berbelanja di bisnismu. Cara memasarkan produk yang personal semacam ini tentu akan membuat pelanggan merasa puas dan diperhatikan, membuat produkmu lebih menarik dibanding kompetitor yang mencoba memasarkan produk ataupun jasa yang sama.

Kemasan Ramah Lingkungan

Kemasan plastik sekali pakai merupakan sesuatu yang umum digunakan dalam bisnis. Selain praktis dan mudah dicari, kemasan plastik sekali pakai juga cenderung murah. Namun, jika kamu ingin mencoba memberikan nilai tambah bagi bisnismu, menggunakan kemasan yang ramah lingkungan memiliki manfaat tersendiri. Kamu bisa melakukan branding terhadap bisnismu dengan pernyataan bahwa bisnismu bukan sekadar menawarkan produk maupun jasa semata, tetapi juga peduli dengan lingkungan serta masa depan. Paper bag bisa digunakan untuk menggantikan plastik sekali pakai, tali rami untuk menggantikan karet, dan banyak lagi pilihan kemasan ramah lingkungan lainnya.

Kemasan Cara Memasarkan Produk

Kemasan produk serta jasa tidak hanya perkara kemasan fisik semata, cara memasarkan produk pun dapat dikemas dengan unik dan menarik. Sebagai contoh, kamu bisa memberikan potongan harga khusus bagi pelanggan yang membeli dua jenis item dalam sekali transaksi. Selain itu, kamu juga bisa mengubah kalimat pemasaran yang digunakan. Jadilah unik dan berbeda dibanding banyak pelaku usaha lain yang berkecimpung di bisnis yang sama. Sehingga, sekalipun produk maupun jasa yang ditawarkan tergolong serupa, pelanggan akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian di tempatmu.

 

Kemasan unik yang ramah lingkungan merupakan salah satu cara memasarkan produk yang cukup menarik

Baik secara fisik maupun dalam cara memasarkan produk serta jasamu, kemasan unik memberimu peluang yang lebih besar untuk dilirik oleh pelanggan. Dengan kerasnya persaingan bisnis di masa yang sulit semacam ini, berpikir di luar normal bisa memberimu nilai tambah yang sangat menentukan. Jika perlu, manfaatkan fitur pencatatan data pelanggan yang dimiliki oleh aplikasi majoo untuk memberikan kemasan yang lebih personal, dengan demikian angka penjualan pun bisa ditingkatkan secara maksimal.

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo