Table of Content

    Memilih Kemasan Unik sebagai Cara Memasarkan Produk

     

    Di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang, kemasan unik bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis yang akan membuat pemasaran produkmu jauh lebih menonjol dibanding para kompetitor lainnya. Bagaimana tidak, saat ini sudah banyak orang yang beralih membuka usahanya sendiri, baik karena memanfaatkan momen maupun karena ingin mencari sumber pendapatan lain di masa yang sulit ini. Oleh karena itu, banyaknya produk yang seragam di pasaran pun membuat persaingan bisnis semakin menantang. Meski terasa sepele, mengemas produk secara unik bisa sangat membantu.

    Namun, kemasan seperti apa, sih, yang dianggap unik dan dapat memberikan nilai tambah bagi bisnis?

    Kemasan Fisik

    Baik produk maupun jasa yang coba kamu pasarkan bisa jadi tergolong produk maupun jasa yang pasaran, tetapi bukan berarti harus dikemas dengan cara yang sama. Untuk mendorong angka penjualan, sejumlah pelaku usaha memberikan sentuhan personal pada produknya untuk menarik perhatian pelanggan. Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan kartu ucapan dengan tulisan tangan yang dilampirkan bersama kemasan produkmu untuk berterima kasih pada pelanggan yang berbelanja di bisnismu. Cara memasarkan produk yang personal semacam ini tentu akan membuat pelanggan merasa puas dan diperhatikan, membuat produkmu lebih menarik dibanding kompetitor yang mencoba memasarkan produk ataupun jasa yang sama.

    Kemasan Ramah Lingkungan

    Kemasan plastik sekali pakai merupakan sesuatu yang umum digunakan dalam bisnis. Selain praktis dan mudah dicari, kemasan plastik sekali pakai juga cenderung murah. Namun, jika kamu ingin mencoba memberikan nilai tambah bagi bisnismu, menggunakan kemasan yang ramah lingkungan memiliki manfaat tersendiri. Kamu bisa melakukan branding terhadap bisnismu dengan pernyataan bahwa bisnismu bukan sekadar menawarkan produk maupun jasa semata, tetapi juga peduli dengan lingkungan serta masa depan. Paper bag bisa digunakan untuk menggantikan plastik sekali pakai, tali rami untuk menggantikan karet, dan banyak lagi pilihan kemasan ramah lingkungan lainnya.

    Kemasan Cara Memasarkan Produk

    Kemasan produk serta jasa tidak hanya perkara kemasan fisik semata, cara memasarkan produk pun dapat dikemas dengan unik dan menarik. Sebagai contoh, kamu bisa memberikan potongan harga khusus bagi pelanggan yang membeli dua jenis item dalam sekali transaksi. Selain itu, kamu juga bisa mengubah kalimat pemasaran yang digunakan. Jadilah unik dan berbeda dibanding banyak pelaku usaha lain yang berkecimpung di bisnis yang sama. Sehingga, sekalipun produk maupun jasa yang ditawarkan tergolong serupa, pelanggan akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian di tempatmu.

     

    Kemasan unik yang ramah lingkungan merupakan salah satu cara memasarkan produk yang cukup menarik

    Baik secara fisik maupun dalam cara memasarkan produk serta jasamu, kemasan unik memberimu peluang yang lebih besar untuk dilirik oleh pelanggan. Dengan kerasnya persaingan bisnis di masa yang sulit semacam ini, berpikir di luar normal bisa memberimu nilai tambah yang sangat menentukan. Jika perlu, manfaatkan fitur pencatatan data pelanggan yang dimiliki oleh aplikasi majoo untuk memberikan kemasan yang lebih personal, dengan demikian angka penjualan pun bisa ditingkatkan secara maksimal.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!