Di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang, kemasan unik bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis yang akan membuat pemasaran produkmu jauh lebih menonjol dibanding para kompetitor lainnya. Bagaimana tidak, saat ini sudah banyak orang yang beralih membuka usahanya sendiri, baik karena memanfaatkan momen maupun karena ingin mencari sumber pendapatan lain di masa yang sulit ini. Oleh karena itu, banyaknya produk yang seragam di pasaran pun membuat persaingan bisnis semakin menantang. Meski terasa sepele, mengemas produk secara unik bisa sangat membantu.
Namun, kemasan seperti apa, sih, yang dianggap unik dan dapat memberikan nilai tambah bagi bisnis?
Kemasan Fisik
Baik produk maupun jasa yang coba kamu pasarkan bisa jadi tergolong produk maupun jasa yang pasaran, tetapi bukan berarti harus dikemas dengan cara yang sama. Untuk mendorong angka penjualan, sejumlah pelaku usaha memberikan sentuhan personal pada produknya untuk menarik perhatian pelanggan. Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan kartu ucapan dengan tulisan tangan yang dilampirkan bersama kemasan produkmu untuk berterima kasih pada pelanggan yang berbelanja di bisnismu. Cara memasarkan produk yang personal semacam ini tentu akan membuat pelanggan merasa puas dan diperhatikan, membuat produkmu lebih menarik dibanding kompetitor yang mencoba memasarkan produk ataupun jasa yang sama.
Kemasan Ramah Lingkungan
Kemasan plastik sekali pakai merupakan sesuatu yang umum digunakan dalam bisnis. Selain praktis dan mudah dicari, kemasan plastik sekali pakai juga cenderung murah. Namun, jika kamu ingin mencoba memberikan nilai tambah bagi bisnismu, menggunakan kemasan yang ramah lingkungan memiliki manfaat tersendiri. Kamu bisa melakukan branding terhadap bisnismu dengan pernyataan bahwa bisnismu bukan sekadar menawarkan produk maupun jasa semata, tetapi juga peduli dengan lingkungan serta masa depan. Paper bag bisa digunakan untuk menggantikan plastik sekali pakai, tali rami untuk menggantikan karet, dan banyak lagi pilihan kemasan ramah lingkungan lainnya.
Kemasan Cara Memasarkan Produk
Kemasan produk serta jasa tidak hanya perkara kemasan fisik semata, cara memasarkan produk pun dapat dikemas dengan unik dan menarik. Sebagai contoh, kamu bisa memberikan potongan harga khusus bagi pelanggan yang membeli dua jenis item dalam sekali transaksi. Selain itu, kamu juga bisa mengubah kalimat pemasaran yang digunakan. Jadilah unik dan berbeda dibanding banyak pelaku usaha lain yang berkecimpung di bisnis yang sama. Sehingga, sekalipun produk maupun jasa yang ditawarkan tergolong serupa, pelanggan akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian di tempatmu.
Baik secara fisik maupun dalam cara memasarkan produk serta jasamu, kemasan unik memberimu peluang yang lebih besar untuk dilirik oleh pelanggan. Dengan kerasnya persaingan bisnis di masa yang sulit semacam ini, berpikir di luar normal bisa memberimu nilai tambah yang sangat menentukan. Jika perlu, manfaatkan fitur pencatatan data pelanggan yang dimiliki oleh aplikasi majoo untuk memberikan kemasan yang lebih personal, dengan demikian angka penjualan pun bisa ditingkatkan secara maksimal.