Tentukan Target Pasar untuk Bisnismu di Tahun Depan

Salah satu hal penting yang sering kurang dipahami oleh para pemilik bisnis adalah mengetahui siapa sebenarnya target pasar untuk produk yang ditawarkan. Padahal ini adalah satu hal yang memegang kunci keberhasilan bisnismu. 


Di tengah masa pandemi, pemilik bisnis dan pengusaha baru bermunculan, tapi ada pula yang dengan terpaksa menutup usahanya. Agar tidak ikut masuk ke dalam kegagalan, maka menentukan target pasar yang sesuai bagi bisnismu adalah pilihan tepat. 


Kenali Ulang Target Pasar Bisnismu

Dengan mencoba mengenali target pasarmu, berarti kamu menjadi paham apa saja kebutuhan dan keinginan mereka. Misalnya produk yang kamu tawarkan adalah minuman es kopi kekinian, maka target pasar yang paling utama adalah anak muda. Lalu coba dalami lagi, kira-kira apa yang mereka inginkan dari segelas es kopi itu. Rasa yang enak? Berbagai varian rasa dan topping? Kemasan yang reusable? Dengan memahami hal ini, maka targetmu akan lebih terarah.


Menyesuaikan dengan Tingkat Perekonomian

Agak kurang tepat bila kamu menjual produk dengan harga tinggi di wilayah kampung. Ini penggambaran yang cukup tepat untuk poin ini. Menyesuaikan produkmu dengan tingkat ekonomi pasar jelas akan mempermudah jalannya pemasaran produk. 


Bila kamu mendirikan sebuah bisnis di wilayah yang mayoritas taraf ekonomi penduduknya menengah dan di bawahnya, jelas tidak mungkin menjual produk dengan harga tinggi. Seporsi bakso dengan harga di atas dua puluh ribu rupiah tentu tidak sesuai dijual di area kampung, misalnya.


Maka kalau kamu yakin bahwa produk bisnismu adalah untuk pasar dengan taraf ekonomi menengah ke atas, carilah lokasi yang mayoritas penduduknya mampu untuk membeli produkmu. 


Fokus pada Satu Target

Banyak bisnis yang akhirnya jatuh karena tidak bisa fokus pada satu target. Dengan alasan mengikuti keinginan pasar, maka beberapa pemilik bisnis akan dengan serakah menawarkan produk dengan label 'untuk semua kalangan', padahal tidak semuanya bisa benar-benar dibutuhkan dan diinginkan oleh target pasarmu. 


Yang lebih baik adalah memfokuskan target pasarmu dengan spesifik. Bila memang untuk produk fashion wanita, maka fokuslah ke situ saja. Sehingga pasar yang harus kamu bidik dalam pemasaran produk menjadi cukup pasti, dan calon pelanggan pun cukup jelas. 


Melakukan Riset Target Pasar Online

Selama masa pandemi yang sepertinya juga masih akan berlangsung sampai di awal tahun depan ini, pemakaian internet untuk memasarkan produk sepertinya masih jauh lebih efektif. Termasuk dalam menentukan target pasarmu. 


Kamu bisa melakukan riset dengan memasukkan kata kunci produkmu di beberapa mesin pencari yang ada di internet atau melakukan survei kecil-kecilan tentang produk apa yang sedang sangat dibutuhkan dan diinginkan oleh pasar, lalu coba sesuaikan dengan produk yang kamu tawarkan. Selain menghemat tenaga dan waktu, riset secara online juga jauh lebih efektif dan efisien untuk menentukan target pasar yang sesuai.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.