Table of Content

    Mengapa Perlu Analisis Bisnis Berkala?


    Analisis bisnis sebaiknya dilakukan secara rutin dalam rentang waktu yang tetap. Apalagi bagi pelaku usaha yang memang ingin mencapai hasil pengembangan bisnis yang maksimal. Namun, tak semua pelaku usaha bisa disiplin melakukan hal ini, selain karena memang tidak mengetahui pentingnya melakukan hal ini, menganalisis bisnis kerap dianggap sebagai sesuatu yang merepotkan. Memangnya, mengapa bisnis perlu menganalisis pengembangan bisnisnya secara berkala, sih?

    1. Apa manfaat menganalisis bisnis secara berkala?

    Menganalisis bisnis umumnya hanya dilakukan di awal untuk menentukan proyeksi modal, pendapatan dan pengeluaran, serta keberlanjutan bisnis. Padahal, menganalisis bisnis juga sangat menentukan dalam menyusun strategi pengembangan bisnis. Dengan menganalisis bisnis yang sudah berjalan secara berkala, pelaku usaha dapat mengukur tingkat risiko bisnis yang dihadapi dan dapat lebih mudah menyusun strategi pengembangan bisnis yang bisa menjawab tingkat risiko tersebut. Bisnis yang lebih siap di awal akan lebih mudah untuk dikembangkan dibanding bisnis dengan sistem pengambilan keputusan yang reaktif.

    2. Kapan waktu yang tepat untuk menganalisis bisnis?

    Memilih waktu yang tepat untuk menganalisis bisnis tentu membutuhkan pemahaman yang baik terhadap tujuan menganalisis itu sendiri. Jika ingin memantau implementasi strategi pengembangan bisnis, disarankan untuk melakukan analisis tepat setelah pencatatan laporan keuangan berkala, sehingga pelaku usaha dapat memahami tumbuh kembang bisnis yang dijalankannya dengan baik. Namun, jika tujuan analisis dilakukan untuk mengetahui keberhasilan suatu program, misalnya jika ada promo-promo tertentu, ada baiknya analisis dilakukan beberapa bulan setelah program tersebut berakhir untuk dapat melihat peningkatan penjualan dengan akurat setelah program selesai. Setiap tujuan analisis tentu membutuhkan waktu yang berbeda, yang harus diperhatikan adalah kedisiplinan dalam menjaga analisis tersebut dilakukan secara rutin.

    3. Bagaimana cara menganalisis bisnis yang baik?

    Untuk melakukan analisis dilakukan secara optimal dan hasilnya dapat maksimal, tetapkan terlebih dahulu tujuan melakukan analisis tersebut agar dapat menentukan indikator atau aspek-aspek analisis yang sesuai. Aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan dalam analisis penjualan akan jauh berbeda dengan aspek-aspek yang ada dalam menganalisis hasil program promo. Tak jarang analis bisnis independen dilibatkan dalam proses ini untuk memastikan hasil analisis didapatkan secara objektif. Kejelian pelaku usaha pun dibutuhkan untuk menentukan model analisis terbaik yang diperlukan bagi pengembangan bisnisnya.

    Melakukan analisis bisnis memang bukan perkara yang mudah maupun murah. Namun, dengan adanya analisis ini, strategi pengembangan bisnis dapat dilakukan dengan lebih lancar, mulai dari implementasinya hingga mengambil tindakan mitigasi yang diperlukan dalam menghadapi munculnya risiko bisnis. Untuk mempermudah pelaku usaha dalam menganalisis perkembangan bisnisnya, aplikasi majoo sudah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pencatatan penjualan, transaksi, maupun laporan keuangan yang akurat secara otomatis. Jadi, tunggu apa lagi?

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?