Table of Content

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal

    Brand exposure adalah salah satu unsur branding.

    Sebagai seorang pelaku bisnis, kamu mungkin sudah paham yang dimaksud dengan branding dan salah satunya unsurnya, yaitu brand exposure. Bagi para pebisnis pemula yang mungkin belum terlalu paham akan hal ini, tenang, akan kita bahas bersama.

    Branding merupakan suatu hal yang bisa disebut memegang peranan penting dalam perjalanan sebuah bisnis, khususnya bagi kamu yang baru saja merintis usaha., baik offline atau online shop. Branding merupakan usaha yang dapat kamu lakukan untuk menciptakan karakter atau identitas sebuah merek agar dikenal oleh konsumen.

    Semakin kuat upaya dan usaha yang kamu lakukan dalam branding, semakin besar pula kesempatan produk dari online shop milikmu untuk menjadi top of mind bahkan juga menjadi brand dominance di benak para konsumen.

    Nah, salah satu unsur penting yang perlu diterapkan dalam branding adalah brand exposure.

    Baca Juga: Memahami Branding Sebagai Strategi Kesuksesan Bisnis

    Apa Itu Brand Exposure ?

    Brand exposure adalah salah satu cara yang perlu dilakukan dalam branding. Sederhananya, brand exposure merupakan kegiatan mengiklankan produk dari bisnis yang kamu jalankan.

    Hal ini bukan hanya berlaku bagi bisnis yang dijalankan secara konvensional atau offline, melainkan juga sangat penting bagi bisnis yang dijalankan secara online, seperti, online shop.

    Tujuan dari brand exposure tentunya untuk dapat memperkenalkan produk kalian kepada masyarakat umum sehingga dapat membentuk sebuah brand awareness, yang merupakan sebuah bentuk kesadaran masyarakat pada merek atau produk yang kalian tawarkan.

    Terdapat beberapa tahap di dalam brand awareness, yaitu:

    • Brand Dominance, pada tahap ini, konsumen akan hanya dapat mengingat satu buah nama merek dalam sebuah kategori produk tertentu.
    • Top Mind Awareness, di tahap ini, konsumen akan langsung dapat mengingat merek kalian saat diberi atau trigger lain nya tentang kategori produk.
    • Brand Recognition, konsumen dapat mengenali perbedaan antara produk kalian dengan produk lain nya.
    • Brand Recall, konsumen dapat mengingat nama dan merek produk milik kalian.

    Salah satu tujuan dari brand exposure adalah untuk mencapai satu atau semua tahapan tersebut dalam bisnis. Tentunya akan sangat menyenangkan bila bisnis online shop milikmu bisa mencapai tahapan paling atas dari semua tahap yang ada tersebut.

    Brand exposure juga bisa dilakukan pada online shop.

    Cara Meningkatkan Brand Exposure pada Online Shop

    Ada beberapa cara meningkatkan brand exposure pada online shop yang bisa kamu terapkan, yaitu:

    1. Memanfaatkan Media Sosial

    Saat ini, hampir semua kegiatan bisnis dilakukan secara online. Sehingga wajar bila akhirnya media sosial menjadi salah satu sarana promosi yang dirasa tepat untuk memasarkan produk dan brand exposure.

    Media sosial memungkinkan kamu untuk menjangkau pasar lebih luas dengan cara yang jauh lebih praktis. Dibandingkan menyebar brosur, kamu akan lebih menghemat biaya, waktu, dan energi dengan melakukan promosi efektif di media sosial.

    Keberadaan bisnismu di media sosial juga merupakan satu cara untuk meningkatkan engagement dengan konsumen. Secara otomatis kamu akan lebih mudah untuk melakukan riset produk sesuai kelompok konsumen, berkomunikasi dengan konsumen, hingga menganalisis kompetitor.

    Baca Juga: Memaksimalkan Promosi Bisnis dengan Instagram Ads

    Mengikuti Event

    Cara meningkatkan brand exposure berikutnya adalah dengan aktif mengikuti berbagai event seperti bazar. Kegiatan semacam ini umumnya dihadiri oleh banyak orang sehingga ada kesempatan bagi kamu untuk memperkenalkan produk secara langsung.

    Ingat, jangan asal memilih event ya! Kamu harus selektif dalam memilih event yang akan dihadiri. Usahakan untuk memilih event yang memang sesuai dengan target pasar sehingga tepat sasaran.

    Rajin-rajinlah mencari informasi tentang penyelenggaraan event semacam ini seperti dengan bergabung ke dalam komunitas UMKM atau bisnis lainnya. Jika memungkinkan, kamu bahkan bisa menawarkan diri untuk menjadi sponsor sebuah acara untuk memperoleh brand exposure yang lebih kuat.

    Melakukan Kolaborasi

    Untuk meningkatkan brand exposure online shop yang berikutnya adalah dengan mencoba melakukan berbagai macam kolaborasi. Contohnya, sebuah online shop yang baru saja lahir, bisa mencoba berkolaborasi dengan brand lain yang lebih besar, baik dari produk yang sama atau berbeda. Brand yang lebih besar mempunyai pasar yang lebih luas sehingga brand exposure akan lebih cepat tercapai.

    Namun, sama halnya dengan memilih event yang tepat untuk bisnismu, kamu juga harus cermat dalam memilih brand lain yang bakal menjadi rekan kolaborasi. Kenapa? Karena kredibilitas brand kolaborasi kamu akan turut memengaruhi impresi konsumen terhadap produk kamu sendiri.

    Selain itu, pastikan juga bahwa kerja sama yang dilakukan bersifat win-win solution bagi kedua belah pihak.

    Optimasi Marketplace

    Cara terakhir yang bisa kamu lakukan dalam meningkatkan brand exposure online shop milikmu adalah dengan mengikuti jasa optimasi marketplace atau jasa manajemen marketplace yang akan mengelola semua kebutuhan online shop mu secara profesional.

    Umumnya, ada tim ahli dalam optimasi marketplace yang mumpuni di bidangnya, mulai dari graphic designer, content writer, sampai dengan digital marketing strategist yang akan menjamin kesuksesan online shop. Sehingga akan sangat amat meningkatkan brand exposure milik kamu.

    Baca Juga: Peran Penting SMS Blast pada Pemasaran Produk

    Brand exposure memang bisa dimaksimalkan dengan cara-cara yang sudah kita bahas tadi. Namun, kamu juga perlu ingat bahwa memilih dan menerapkan promosi yang tepat bagi bisnismu akan sangat berpengaruh pada tingkat penjualan.

    Lantaran itulah, tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan marketing campaign seperti yang sudah disediakan oleh majoo dalam fitur aplikasinya. Dengan menggunakan majoo, kamu bisa menerapkan SMS Blast atau email marketing sebagai bentuk campaign ke pelanggan untuk memanggil pelanggan datang kembali maupun mempromosikan produk baru. Pakai majoo sekarang, yuk!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!