Memaksimalkan Promosi Bisnis dengan Instagram Ads

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Instagram ads banyak digunakan oleh pemilik online shop.

Jika selama ini kamu mengenal Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang bisa digunakan sebagai tempat pasang foto atau video, akhir-akhir ini Instagram juga dikenal dengan fitur Instagram Ads yang bisa membantu promosi dan pemasaran.

Wah, apa benar bisa membantu program promosi dan pemasaran bisnis? Supaya tidak penasaran, kita bahas lebih lengkap ya. 

Apa itu Instagram Ads?

Secara singkat, bisa diartikan bahwa Instagram Ads adalah sebuah platform iklan di media sosial. Instagram Ads memungkinkan kamu untuk membuat iklan di feed dan stories Instagram. 

Bagi para pebisnis atau pemilik online shop, mungkin sudah lebih dulu kenal dengan yang namanya Facebook Ads. Nah, Instagram Ads adalah fitur yang hampir mirip dengan Facebook Ads. Jadi, kalau kamu sudah pernah menggunakan iklan di Facebook, pastinya akan sangat mudah juga untuk memahami cara kerja Instagram Ads ini. 

Sejak diakuisisi oleh Facebook di tahun 2012 lalu, platform pengelolaan ads di Facebook dan Instagram disatukan dengan Facebook Ads manager. Dengan demikian, setiap tahapan dalam membuat iklan di Instagram jadinya hampir serupa dengan cara membuat iklan di Facebook. Namun, tentu saja kamu harus membuat halaman Facebook terlebih dahulu sebelum membuat Instagram Ads.

Instagram adalah salah satu media sosial yang memiliki banyak sekali pengguna setelah Facebook. Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak tersebut, tentu saja ini menjadi peluang untuk para pebisnis dalam memperluas jaringan bisnisnya.

Untuk memudahkan para pebisnis, Instagram meluncurkan fitur Instagram Ads pada tahun 2013. Fitur yang satu ini pun disambut baik oleh para pebisnis. Instagram Ads dihadirkan untuk membantu para pebisnis dalam mempromosikan atau memasarkan produk dan layanan mereka di platform media sosial Instagram.

Dengan Instagram Ads para pengiklan diberikan kebebasan untuk mengelola iklan yang dibuatnya sendiri. Para pengiklan juga dapat memilih format iklan mereka baik itu foto maupun video, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan saja. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Jualan di Instagram dan Tiktok Sekarang Juga!

Kelebihan Instagram Ads

Setelah mengetahui apa itu Instagram Ads, mungkin kamu akan bertanya mengapa Instagram Ads bisa menjadi salah satu platform periklanan terbaik? Alasannya tentu saja karena Instagram Ads adalah media yang menawarkan banyak kelebihan yang akan membantu para penggunanya. 

Berikut ini beberapa kelebihan beriklan di Instagram Ads:

Dapat Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Kamu

Instagram Ads merupakan tempat terbaik untuk meningkatkan brand bisnis kamu, baik itu bisnis yang baru saja dimulai atau sudah lama. Saat kamu membuat Instagram Ads, kamu akan mendapatkan pertanyaan mengenai tujuan membuat iklan di Instagram dan salah satu jawaban pastinya adalah untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis. 

Dari jawaban tersebut, nantinya Instagram akan dapat dengan mudah mengatur target pengguna yang tepat untuk memunculkan iklan yang kamu pasang. .

Baca Juga: Solusi Meningkatkan Brand Awareness melalui Konten Instagram

Target Iklan Lebih Spesifik

Instagram Ads adalah fitur yang memiliki penargetan yang sangat kompleks sehingga akan memudahkan kamu dan para pebisnis lainnya untuk mendapatkan target pasar yang lebih spesifik. 

Instagram secara otomatis akan melakukan penargetan berdasarkan demografi mulai dari usia, jenis kelamin, jenjang pendidikan, pekerjaan, minat, kebiasaan dan lainnya. Dengan penargetan yang sudah dilakukan di awal, sudah tentu akan mempermudah iklan muncul di beranda calon konsumen bisnismu. 

Semakin spesifik target pasar yang kamu pasang, maka akan semakin baik juga hasilnya karena pastinya pengguna yang melihat iklan kamu adalah pengguna yang memang memiliki ketertarikan pada produk atau layanan yang kamu iklankan.

Meningkatkan Profit dan Potensi Penjualan

Memasang iklan di Instagram akan memperbesar peluang untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu. Apalagi jika ternyata target pasar bisnismu adalah para generasi millenials yang kerap menggunakan internet dan media sosial untuk mencari informasi mengenai barang yang ingin mereka beli.

Menaikkan Traffic Website Bisnis Anda

Memiliki website adalah salah satu cara untuk mempromosikan bisnis kamu melalui internet. Dengan menggunakan Instagram Ads, kamu bisa mendapatkan traffic ke website dari para pengguna Instagram. 

Ketika kamu membuat iklan di Instagram, kamu akan diminta untuk memasukkan URL website dengan tujuan untuk mengarahkan calon pelanggan ke website bisnis tersebut. 

Selain itu, biasanya akan ada button call to action yang biasanya bertuliskan “Beli Sekarang” yang jika di klik akan mengarah ke website bisnis kamu. .

Baca Juga: Call to Action Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Cara Menggunakan Instagram Ads

Lantas, sebenarnya bagaimana sih cara menggunakan Instagram Ads untuk program bisnis? Sebelumnya, pastikan dulu kalau akun Instagram yang kamu punya adalah akun Instagram bisnis agar proses pengelolaan iklan bisa jadi lebih mudah.

Selain itu, seperti yang sudah sempat disebutkan tadi, kamu juga harus sudah memiliki akun Facebook. 

1. Buka Facebook Ads Manager

Pertama, masuk ke laman Facebook Ads Manager. Pastikan kamu sudah masuk ke akun yang akan digunakan untuk halaman Facebook bisnismu.

2. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Selanjutnya, buka menu kampanye dan mulai pilih buat iklan. Facebook akan menampilkan dua pilihan, pembuatan iklan terpandu atau pembuatan iklan cepat. Disarankan untuk memilih pembuatan iklan terpandu agar iklan yang kamu buat bisa lebih spesifik.

Perhatikan baik-baik cara menggunakan Instagram Ads agar lebih bermanfaat.

3. Tentukan Tujuan Iklan

Cara menggunakan Instagram Ads berikutnya adalah menentukan tujuan iklan. Terdapat tiga kategori yang bisa kamu pilih, yakni Pertimbangan, Kesadaran, dan juga Konversi. Pertimbangkan tujuan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnismu. 

4. Pilih Jenis Iklan

Instagram Ads menyediakan dua jenis iklan, yakni Pengoptimalan Anggaran dan juga Uji Split. Kamu harus bisa memilih salah satu karena kedua jenis iklan tersebut tidak bisa kamu gunakan dalam waktu bersamaan.

Dalam melakukan uji split, kamu akan diminta untuk membuat dua jenis iklan dengan konten yang hampir sama. Target audiens kamu nantinya akan terbagi menjadi dua dan akan melihat iklan yang berbeda-beda.

Dengan begitu, kamu bisa melihat iklan mana yang lebih menarik dan menghasilkan keuntungan. Namun, jenis iklan ini memerlukan dana dua kali lipat lebih besar daripada jenis pengoptimalan anggaran.

5. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Jangan lupa untuk mengisi nama iklan kamu agar nantinya kamu bisa memantau kinerja kampanye iklan Instagram Ads tersebut. Ingat juga untuk memilih tujuan traffic dari iklan. Kamu bisa mengarahkannya ke aplikasi, website, messenger, direct message, ataupun WhatsApp.

6. Tampilkan Promo

Jika kamu memang sedang menjalankan kampanye promosi tertentu, kamu bisa mencentang opsi promo agar bisa memunculkan promo tersebut.

7. Tentukan Target Audiens

Salah satu keunggulan dari Instagram Ads adalah kamu bisa menentukan spesifikasi target audiens berdasarkan beberapa faktor, antara lain: 

Pemirsa Khusus

Kamu harus mengatur jangkauan orang-orang yang pernah berinteraksi dengan kamu baik secara online atau offline. Kamu bisa mengarahkan iklan pada mereka yang mungkin pernah mampir di website, di konten Facebook page, atau malah yang pernah menelepon kamu.

Lokasi

Kamu juga bisa menentukan lokasi target. Caranya, kamu hanya perlu memasukkan satu atau lebih negara, wilayah, kota, kode pos, dan alamat agar bisa menampilkan ataupun tidak menampilkan iklan kamu pada mereka yang berada di lokasi tersebut.

Umur

Bila ternyata produk yang kamu iklankan hanya bisa dikonsumsi atau digunakan oleh usia tertentu, kamu juga bisa memilih target berdasarkan usia, misalnya orang-orang dalam rentang usia 18 hingga 35 tahun.

Jenis Kelamin

Kamu bisa menentukan iklan yang akan ditampilkan sesuai dengan jenis kelamin. Contohnya, jika memang khusus untuk pria, kamu tinggal pilih untuk pria juga. Atau bisa juga memilih keduanya bila produk tersebut bisa digunakan oleh pria dan wanita.

Bahasa

Bila kamu sudah memilih suatu lokasi dengan bahasa yang sama, kosongkanlah kolom ini. Kecuali, jika audiens yang kamu pilih ternyata menggunakan bahasa yang tidak umum digunakan pada lokasi yang sudah kamu pilih.

Penargetan Terperinci

Tahap ini harus kamu isi lebih detail, seperti minat, lokasi, perilako, dll. Silahkan pilih sesuai dengan produk yang nantinya ingin dipromosikan.

Koneksi

Pilihan ini hanya akan berguna bila kamu ingin menampilkan iklan pada mereka yang sudah terhubung ke dalam suatu acara ataupun aplikasi.

8. Tentukan Penempatan

Bila kamu memilih penempatan otomatis, maka iklan kamu secara otomatis pula akan tampil di Instagram, Facebook, dan seluruh aplikasi yang sudah bekerjasama dengan pihak Facebook. Sebaliknya, kalau kamu ingin menampilkan iklan tersebut hanya di Instagram, kamu bisa memilih edit penempatan dan pilihlah kolom Instagram saja.

9. Pilih Jadwal

Iklan di Instagram Ads ternyata juga ada batas waktunya. Jadi, kamu harus menentukan kira-kira berapa lama iklan tersebut akan ditampilkan, entah satu minggu, dua minggu, satu bulan, atau bahkan enam bulan.

10. Hubungkan dengan Akun Instagram

Pada tahap ini, kamu harus menambahkan akun Instagram yang ingin dihubungkan dengan halaman Facebook. 

Baca Juga: Cara Melihat dan Menaikkan Insight Instagram

11. Pilih Format Iklan

Ada lima jenis format iklan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan promosi bisnismu, yaitu: .

  • Karosel: Tampilan iklan dengan dua atau lebih gambar ataupun video yang bisa digeser oleh audiens
  • Gambar Tunggal: Suatu tampilan iklan dengan 1 gambar saja
  • Video Tunggal: Iklan dengan satu video.
  • Tayangan slide: Iklan dengan gambar ataupun video yang bisa digeser hingga 10 gambar.
  • Koleksi: Iklan bisa berbentuk gabungan gambar ataupun video

12. Buat Teks

Ingat, jangan pernah remehkan tahap cara menggunakan Instagram Ads yang satu ini, ya! Di tahap ini, kamu harus menulis deskripsi iklan yang akan kamu tayangkan, jadi buatlah deskripsi yang menarik tapi tetap singkat agar setiap audiens bisa langsung mengerti tujuan Instagram Ads kamu. .

13. Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan Link Website 

Karena Instagram adalah platform yang berbasiskan visual, tentu saja desain gambar, foto, atau video merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh audiens. 

Jadi, usahakan untuk membuat desain gambar yang sesuai dengan penjelasan deskripsi iklan. Biasanya, format Instagram Ads memerlukan ukuran gambarnya tersendiri. Tambahkanlah judul iklan yang menarik agar bisa mencuri perhatian target audiens, jangan lupa pula masukkan link yang ingin kamu gunakan.

14. Lakukan Pembayaran

Tahap pembayaran merupakan tahap terakhir dalam cara menggunakan Instagram Ads. Pada tahap ini, kamu bisa melakukan pembayaran melalui kartu debit maupun kartu kredit. 

Jika sudah selesai melakukan pembayaran, nantinya pihak Facebook akan melakukan review iklan kamu dan akan segera menampilkannya bila memang sudah memenuhi seluruh syarat dan ketentuan.

Penutup

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai Instagram Ads. Kesimpulannya, Instagram Ads adalah sebuah platform iklan di media sosial yang memungkinkan kamu untuk membuat iklan atau melakukan promosi bisnis di feed dan stories Instagram.

Jika nantinya kamu bisa memanfaatkan fitur ini dengan baik diiringi dengan penerapan strategi digital marketing yang tepat, peluang untuk mendapatkan keuntungan bisnis yang besar bisa kamu raih. 

Kalau sudah mendapatkan keuntungan dari promosi, jangan lupa untuk melakukan pencatatan keuntungan bisnis tersebut pada laporan laba rugi. Kenapa? karena laporan inilah yang bisa kamu jadikan sebagai acuan dalam menentukan keputusan bisnis dan posisi keuangan bisnis. 

Untuk mempermudah membuat laporan tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi keuangan majoo yang fiturnya lengkap. Bila kamu berlangganan majoo, bukan hanya pencatatan keuangan yang akan kamu dapat, melainkan juga berbagai fitur lainnya, seperti kampanye marketing, inventory, sampai dengan absensi karyawan. Wah, lengkap ya? Yuk, langganan majoo! 

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Frequently Asked Question

Rata-rata harga Instagram Ads berkisar dari Rp 2.936 – Rp 98.081. Untuk CPC (cost per click) biayanya mulai dari Rp 2.936 hingga Rp 29.362 per klik, sementara untuk CPM (cost-per-impressions), biayanya sekitar Rp 98.081 per 1000 tayangan.
Sebelumnya, pastikan dulu kalau akun Instagram yang kamu punya adalah akun Instagram bisnis agar proses pengelolaan iklan bisa jadi lebih mudah. Selain itu, seperti yang sudah sempat disebutkan tadi, kamu juga harus sudah memiliki akun Facebook. Buka Facebook Ad Manager, lalu cara menggunakan Instagram Ads berikutnya adalah menentukan tujuan iklan. Terdapat tiga kategori yang bisa kamu pilih, yakni Pertimbangan, Kesadaran, dan juga Konversi. Pertimbangkan tujuan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnismu.
Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo