Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Pentingnya Lingkungan yang Fun dalam Menjalankan Bisnis

    Menjalankan bisnis memang merupakan hal yang serius. Ada pelanggan yang harus dipuaskan, tagihan yang harus dibayar, dan mata pencaharian masyarakat dipertaruhkan. 

    Tidak heran bila kamu berpikir bahwa cara terbaik untuk memaksimalkan produktivitas kerja adalah mendorong tim bekerja lebih keras atau lebih lama.

    Banyak pemilik bisnis yang merasa kurang nyaman dengan konsep bersenang-senang di tempat kerja. Sudah menjadi persepsi umum bahwa kesenangan merupakan sesuatu yang dilakukan di luar jam kerja dan berpotensi mengurangi konsentrasi, akurasi, dan menyita waktu kita dari tugas kerja sehari-hari.

    Akibatnya, tak jarang pemilik usaha mencoba mengatur kesenangan di lingkungan kerja secara mikro atau membatasinya sedemikian rupa sehingga lingkungan kerja tidak menyenangkan sama sekali.

    Padahal, manfaat lingkungan kerja yang positif dan menyenangkan justru mendorong terciptanya engagement, kesejahteraan, dan produktivitas. Berikut ini beberapa alasan perlunya having fung dalam bekerja atau menjalankan bisnis.

    Membuat Tim Termotivasi

    Kegembiraan di tempat kerja atau lingkungan bisnis adalah elemen kunci kebahagiaan karyawan. Tak hanya itu, tingkat kesejahteraan pun menjadi lebih tinggi dan kesehatan mental lebih baik.

    Menariknya, organisasi bisnis dengan tingkat kesejahteraan karyawan yang lebih tinggi diketahui memiliki angka absen karyawan dan kesalahan terkait pekerjaan yang lebih rendah.

    Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bahagia cenderung lebih sehat, lebih termotivasi dan puas dalam pekerjaan mereka.

    Meningkatkan Produktivitas Kerja

    Terdapat sebuah studi tentang efek humor, yang menyimpulkan bahwa ternyata, humor dapat memberi energi dan dari studi tersebut diketahui bahwa orang yang terpapar humor menjadi lebih gigih dan lebih mampu menyelesaikan pekerjaan.

    Peserta penelitian yang diperlihatkan video komedi tepat sebelum melakukan tugas mengalami peningkatan kinerja sampai 12%. 

    Kemudian, orang dengan pola pikir positif memiliki performa lebih baik dalam menghadapi tantangan. Dengan kata lain, bersenang-senang atau situasi yang fun mampu meningkatkan produktivitas kerja.

    Baca juga: Pentingnya Penghargaan untuk Meningkatkan Produktivitas

    Bersenang-senang dalam menjalankan bisnis mampu meningkatkan performa kerja.

    Mendorong Terciptanya Komunikasi dan Kolaborasi

    Kolaborasi merupakan aspek yang sangat penting untuk produktivitas kerja dan pengelolaan bisnis. Hampir semua orang yang terlibat di dalam bisnis mungkin perlu berkolaborasi beberapa kali dalam sehari.

    Nah, lingkungan dan suasana yang fun adalah cara yang bagus untuk mencapai kolaborasi dan komunikasi yang lebih baik di seluruh organisasi bisnis.

    Tentunya, orang akan merasa lebih mudah serta lebih menyenangkan berkolaborasi dengan rekan yang bersahabat dengan mereka. Interaksi positif dan menikmati waktu bersama rekan kerja secara sosial membantu membangun kepercayaan dan mendorong terciptanya komunikasi terbuka.

    Lingkungan yang menyenangkan menjadi wadah yang tepat bagi tim untuk belajar lebih banyak tentang satu sama lain, memahami sifat rekan kerja, mengetahui kekuatan dan kelemahan masing-masing, serta mengetahui keterbatasan setiap orang yang terlibat di dalam bisnis.

    Pengetahuan tersebut akan memungkinkan semua pihak dalam organisasi bisnis untuk bekerja sama lebih baik dan berkomunikasi lebih efektif.

    Less Stress, Performa Kerja pun Meningkat

    Fun memang bisa berarti hal yang berbeda bagi orang yang berbeda, tetapi tampaknya hampir semua orang menikmati tertawa. Humor bisa menjadi obat yang kuat, menurunkan ketegangan, dan menyatukan tim bisnis di saat-saat penuh tekanan.

    Di tengah situasi tertekan, tubuh kita mengeluarkan hormon stres, yaitu hormon kortisol. Dengan tertawa, kadar hormon kortisol di dalam tubuh bisa menurun. Tak heran bila lingkungan kerja yang luwes dan penuh humor mampu memunculkan kemampuan terbaik dari setiap anggota tim dalam bisnis.

    Bukan rahasia lagi, memastikan karyawan berada dalam kondisi mental terbaik mereka merupakan hal yang sangat krusial bagi bisnis. Pasalnya, tempat kerja yang penuh tekanan justru mendorong angka pengunduran diri karyawan yang tinggi.

    Baca juga: Pengertian Resign, Alasan, dan Cara Tepat Mengajukannya

    Kalau kamu menginginkan budaya kerja yang produktif, alert, dan engage, inilah saatnya untuk berkreasi tentang caramu memotivasi tim dalam bisnis. 

    Kesenangan bisa datang dalam berbagai bentuk, misalnya dorong karyawan untuk beristirahat atau melakukan doodling di kantor untuk melepaskan stres. Kamu juga bisa meningkatkan kedekatan dengan tim yang terlibat dalam bisnis melalui hal sederhana seperti makan siang bersama. 

    Percayalah, membangun suasana kerja yang fun justru akan memberimu tim dengan performa dan produktivitas optimal.

    Untuk mendukung suasana kerja yang menyenangkan, kamu juga bisa menggunakan tools atau alat bantu yang bisa membuat kerja karyawan menjadi lebih mudah, misalnya penggunaan aplikasi point of sale (POS). 

    Aplikasi POS akan membuat pengelolaan bisnis lebih mudah dan efisien, mulai dari pengelolaan transaksi penjualan yang cepat dan terdokumentasi otomatis, pengelolaan inventori, hingga pembuatan laporan keuangan otomatis.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    4 Alasan Membagikan Data KTP Penting untuk Keamanan Akun majoo Kamu
    Majoo berkomitmen memberi pelayanan terbaik dan jaminan keamanan kepada setiap pengguna, dan memastikan kamu bisa mengelola bisnis dengan aman dan nyaman.
    5 Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia
    Indonesia berada di urutan nomor 4 negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Di daerah mana saja hadir biji kopi terbaik dari Indonesia?
    Toko Furniture Lokal, Jawaban Kebutuhan Interior Bisnis
    Kebutuhan interior untuk kantor, kafe, atau ruang bisnis lainnya kini sudah bisa dipenuhi dengan produk dari toko furniture lokal.
    Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z
    Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.