Table of Content

    Menyesuaikan Pos Kerja Karyawan Sesuai Soft Skill


    Soft skill mungkin tidak berhubungan secara langsung dengan pekerjaan seseorang, tetapi memiliki pengaruh yang tidak dapat diabaikan terkait cara seseorang menyelesaikan beban kerjanya. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu menyesuaikan keterampilan yang dimiliki oleh karyawan tersebut dengan pos kerja yang dimilikinya.

    Sebenarnya, keterampilan apa saja, sih, yang termasuk di dalamnya?

    Jenis-Jenis Soft Skill dan Pos Kerja yang Sesuai

    Soft skill tidak hanya terdiri dari satu keterampilan saja, tapi beberapa keterampilan yang bisa jadi berhubungan dan saling mendukung satu sama lain. Setiap keterampilan tersebut memiliki implikasi yang berbeda terhadap cara kerja suatu karyawan. Bahkan, bukan tidak mungkin keterampilan yang sama dapat membuat dua karyawan memiliki cara pandang yang berbeda terhadap pekerjaannya.

    1. Komunikasi

    Komunikasi merupakan salah satu keterampilan yang paling penting dan wajib dimiliki oleh setiap tenaga kerja, terlepas dari jenis pekerjaan yang dilakukan. Kemampuan komunikasi ini dapat diasah, sehingga tidak perlu khawatir jika ada karyawan yang belum memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, karena dapat dilatih dari waktu ke waktu seiring dengan kebutuhan.

    Dari komunikasi sendiri, ada beberapa aspek yang dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, misalnya saja kemampuan mendengar aktif, negosiasi, public speaking, storytelling, komunikasi verbal dan nonverbal, kemampuan presentasi, serta kemampuan berorganisasi.

    Tentu saja setiap karyawan tidak perlu menguasai keseluruhan keterampilan tersebut. Namun, sebagai pelaku usaha, tentu kamu bisa membayangkan seberapa maju bisnis yang sedang dijalankan jika memiliki karyawan yang terampil dalam komunikasi verbal dan nonverbal, bukan?

    Karyawan dengan keterampilan tersebut dapat dimanfaatkan di divisi pemasaran atau penjualan untuk melakukan upselling, atau bahkan di bagian kasir untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman bertransaksi yang memuaskan untuk menjaga tingkat retensi bisnismu.

    1. Critical Thinking atau Berpikir Kritis

    Memiliki karyawan yang mampu berpikir kritis bisa menjadi kekuatan yang sangat menguntungkan dalam menjalankan bisnis. Terlebih lagi jika karyawan tersebut ditempatkan dalam pos kerja manajerial yang memang perlu mengidentifikasi masalah serta solusinya dari berbagai aspek kunci.

    Dengan berpikir kritis, karyawan tersebut tidak akan mudah panik ketika menghadapi suatu masalah, khususnya terkait operasional bisnis yang kerap membutuhkan penanganan yang cepat agar tidak mengganggu proses bisnis lainnya.

    Itulah mengapa, karyawan yang mampu berpikir secara kritis sangat tepat untuk ditempatkan dalam posisi manajerial, karena dapat membantumu sebagai pelaku usaha dalam mengembangkan strategi yang dapat membuat bisnis terus maju. Namun, bukan berarti keterampilan ini tidak diperlukan oleh karyawan yang berada di lapangan.

    Menempatkan karyawan di lini depan bisnis dapat membantu mengurai masalah sehari-hari yang dihadapi dalam bisnis. Bahkan, tak jarang karyawan dengan kemampuan berpikir kritis dapat mengusulkan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien, serta siap menghadapi berbagai tantangan bisnis yang mungkin muncul.

    1. Kesopanan dan Etika Kerja

    Tak semua karyawan memahami pentingnya menunjukkan kesopanan serta etika dalam bekerja. Umumnya, karyawan yang menguasai keterampilan ini akan memiliki manajemen waktu yang baik serta kemampuan adaptasi yang dibutuhkan ketika harus berhadapan dengan pelanggan maupun rekan kerjanya.

    Terkait integritas yang ditunjukkan karyawan dalam menjaga manajemen waktu tetap rapi, kamu bisa menempatkannya pada pos-pos pekerjaan yang memang membutuhkan keterampilan tersebut. Bagian gudang misalnya saja, akan dapat berkembang pesat jika orang-orang yang dipekerjakan di dalamnya adalah orang yang mampu menunjukkan etika kerja.

    Mulai dari pencatatan barang yang masuk dan keluar hingga kegigihan ketika menghadapi karyawan dari divisi lain yang membutuhkan tenaga gudang akan sangat bermanfaat untuk memastikan seluruh barang yang keluar atau masuk ke dalam gudang sudah melalui proses yang tepat, dengan demikian kerugian bisnis yang mungkin muncul karena pengelolaan gudang yang buruk pun dapat dihindari.

    Selain itu, ketelitian juga termasuk dalam bagian keterampilan etika. Oleh karena jika kamu mengetahui ada karyawan yang memiliki etika yang baik dan teliti saat melakukan sesuatu, bagian jaminan mutu atau keuangan bisa dimasukkan dalam pilihan karier yang dimilikinya.

    Selain komunikasi, kemampuan berpikir kritis, serta kesopanan dan etika kerja yang baik, ada beberapa jenis keterampilan lainnya yang termasuk dalam soft skill; misalnya saja kemampuan kepemimpinan yang unggul, pemecahan masalah yang baik, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

    Setiap keterampilan tersebut tentu memiliki pos kerja masing-masing yang paling sesuai. Untuk memastikan karyawan dengan keterampilan tertentu ditempatkan pada pos-pos yang tepat, sebagai pelaku usaha, kamu perlu mengenali terlebih dahulu bagaimana cara kerja karyawanmu saat ini dan keterampilan apa yang memengaruhi proses tersebut.

    Kegiatan ini merupakan bagian dari keterampilan kepemimpinan, yaitu kemampuan untuk mengelola sumber daya manusia dan mengarahkan mereka pada porsi-porsi kerja yang memang sesuai. Untuk pengelolaan sumber daya lainnya, kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan oleh aplikasi majoo.

    Aplikasi majoo juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantumu mengelola karyawan, mulai dari fitur absensi hingga penghitungan komisi. Dengan soft skill yang tepat, pemanfaatan berbagai sumber daya, baik manusia maupun aplikasi POS seperti aplikasi majoo ini akan membantumu membuat bisnis lebih maju dan berkembang!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
    Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.
    Keuntungan yang Didapatkan Pemilik Bisnis dari Sistem Paylater
    Paylater adalah sistem pembayaran yang sedang digemari oleh konsumen karena menguntungkan, apakah metode ini juga menguntungkan pihak pebisnis?
    5 Strategi Pemasaran Online untuk Bulan Ramadan
    Bisnis perlu menerapkan strategi pemasaran online dan optimalkan omnichannel bila mau meningkatkan penjualan selama Ramadan. Bagaimana caranya?
    Kapan Waktu Terbaik Mengatur Stok Bahan Baku di Bulan Puasa?
    Meningkatnya harga stok bahan baku untuk proses produksi merupakan kepusingan baru yang harus dihadapi pelaku usaha di bulan puasa. Bagaimana mengakalinya?