Temukan One Stop Solution Tools dalam Mengelola Bisnis!

Penulis Nisa Destiana
12 December 2022

article thumbnail

Manfaatkan digital tools agar pengelolaan bisnismu lebih efektif dan efisien.

Pengelolaan bisnis akan lebih efektif dan efisien jika kamu dibantu oleh tools yang bisa menjadi one stop solution. Pasalnya, kini pasar terus berkembang dan perilaku konsumen pun terus berubah. 

Jadi, praktis sekali bila ada sistem yang menawarkan berbagai solusi untuk aneka kebutuhan bisnismu, bukan?

Lalu, alat bantu seperti apa yang harus kamu pilih? Tak perlu bingung, kini sudah ada aplikasi POS (point of sale) yang menawarkan berbagai solusi untuk kebutuhan bisnismu. Namun, tentu kamu perlu memilih aplikasi atau sistem yang tepat.

Baca juga: Aplikasi POS: Majukan Bisnis di Tengah Ekonomi Digital

Pemilihan sistem POS yang tepat sebagai alat bantu pengelolaan bisnis sangat krusial bagi kemajuan usahamu, lho. Karena itu, yuk cermati tips memilih sistem POS yang bisa menjadi one stop solution untuk bisnismu!

Buat Daftar Aktivitas Bisnis

Setiap bisnis berbeda sehingga sebelum kamu memilih sistem POS, buatlah daftar aktivitas bisnis yang paling sering kamu lakukan dan tentukan fitur POS yang selaras dengan aktivitas tersebut. Berikut ini beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan untuk mengetahui aktivitas rutin bisnismu.

  • Bagaimana bisnis cara mengelola inventory?
  • Bagaimana cara bisnis memantau penjualan dan memahami tren pembelian?
  • Bagaimana pelanggan membayar produk atau layanan?
  • Apakah bisnis memiliki program loyalitas?
  • Apakah sistem POS akan duduk di konter atau harus mobile?
  • Apakah bisnis perlu menyertakan transaksi e-commerce?
  • Bagaimana cara kamu melacak dan mengelola kehadiran karyawan?

Jika kamu sudah memiliki sistem POS incaran, tambahkan pro dan kontra dari sistem tersebut ke dalam daftar di atas. Cara tersebut akan membantumu menemukan fitur yang bisa menjadi solusi untuk bisnismu. 

Ketahui Data yang Perlu Kamu Kumpulkan

Data yang perlu kamu kumpulkan mungkin mencakup banyak fungsi bisnis yang kamu dan tim lakukan setiap hari. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan data di luar yang terkait kegiatan bisnis harian. Tujuannya untuk membantu bisnis merencanakan masa depan.

Jadi, saat kamu menelusuri transaksi pada akhir jam operasional bisnis, pikirkan data apa yang ingin kamu kumpulkan? Apa yang perlu kamu ketahui di penghujung hari kerja, akhir bulan, dan akhir tahun?

Bisnis yang maju minimal memiliki pemahaman yang benar tentang beberapa data esensial, yaitu:

  • Apa yang dijual?
  • Berapa harganya?
  • Siapa yang membeli?

Pilihlah aplikasi POS yang bisa mengumpulkan data krusial untuk kebutuhan bisnismu.

Selain itu, menentukan metrik pelaporan dapat membantumu menjalankan bisnis dengan lebih optimal serta membantumu memilih sistem POS terbaik. 

Sebagai contoh, melacak inventory tidak akan terlalu merepotkan jika kamu menambahkan printer dan pemindai barcode ke pengaturan POS. Contoh lainnya, mungkin opsi terbaik untukmu ialah sistem POS yang memproses pembayaran dan melacak penjualan secara akurat. 

Pikirkan bisnis pada masa yang akan datang serta keputusan bersifat data-driven yang proses pengambilannya bisa dibantu oleh sistem POS.

Tentukan Jenis Pembayaran yang Akan Kamu Terima

Selanjutnya, pastikan pemrosesan pembayaran dengan mengajukan pertanyaan seperti di bawah ini.

  • Jenis pembayaran apa yang kamu terima sekarang?
  • Apakah ada jenis pembayaran yang ingin kamu hentikan atau tambahkan untuk masa mendatang?
  • Bagaimana transaksi tunai dan nontunai berpengaruh pada bisnis?

Kamu mungkin belum memiliki semua jawaban untuk pertanyaan tersebut, tetapi sebaiknya kamu mengetahui jenis pembayaran yang krusial untuk operasional bisnis dan temukan aplikasi POS yang mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Evaluasi Hardware dan Software yang Kamu Butuhkan

Jika kamu memiliki software dan hardware yang sudah kamu gunakan dan kamu sukai, carilah perusahaan penyedia sistem POS yang memudahkan integrasi dengan peralatan yang sudah kamu miliki.

Pertimbangkan, apakah kamu bersedia membeli hardware dan software tertentu untuk pemasangan sistem POS? Atau kamu coba pendekatan fleksibel dengan memilih sistem POS berbasis cloud?

Pemilihan sistem POS berbasis cloud tidak hanya menghemat biaya sebab kamu bisa menggunakan hardware yang sudah kamu miliki, tetapi juga mengoptimalkan pengelolaan bisnis karena dapat diakses dari banyak device dan dari mana saja.

Baca juga: Aplikasi Owner, Membantumu Mengetahui Situasi Bisnis Terkini

Setelah mengetahui cara mengenali sistem POS yang dibutuhkan bisnis, beberapa dari kamu mungkin masih kesulitan memilih produk aplikasi POS yang tepat. Bahkan, sebagian mungkin bertanya-tanya, apakah ada satu sistem POS yang bisa memenuhi aneka kebutuhan bisnis sekaligus?

Kabar baiknya, ada majoo yang siap menjadi one stop solution untuk bisnismu. Kamu perlu pengelolaan inventory optimal, majoo sudah dibekali fitur aplikasi inventory. Lalu, bag para pemilik bisnis yang perlu data penjualan akurat, majoo mendokumentasikan penjualan secara real time.

Absensi karyawan, laporan keuangan, transaksi e-commerce, hingga akses sistem dari mana saja dapat dipenuhi oleh majoo. Penasaran? Yuk, coba di sini!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo