Aplikasi POS: Majukan Bisnis di Tengah Ekonomi Digital


Aplikasi POS dapat membantu bisnis lebih maju di tengah ekonomi digital.


Bukan rahasia lagi, mengelola bisnis bukanlah pekerjaan mudah. Ada banyak tantangan yang dihadapi bisnis, misalnya banyak usaha harus membayar karyawan terlebih dahulu sebelum bisa menerima pembayaran dari klien.


Tahukah kamu transaksi dengan menggunakan e-Wallet tumbuh secara konsisten dalam kurun lima tahun terakhir? Angka penggunanya makin meningkat setelah merebaknya wabah COVID-19. 


Terdapat survei yang menyebutkan bahwa 53% transaksi yang diproses pada 2020 menggunakan e-wallet. Bagi kamu yang memiliki bisnis, terutama usaha kecil, peningkatan ini merupakan penanda penting.


Dari preferensi konsumen dalam hal pembayaran saja, kita perlu mengakui bahwa dunia memang tengah bertransformasi ke ranah digital. Berbicara pembayaran digital, kita juga perlu menyadari, kini kita berada di tengah ekonomi digital.


Sebagai pemilik bisnis, tentu kamu tidak bisa diam saja. Perubahan ini perlu direspons dengan tepat bila kamu ingin usahamu tetap bertahan, bahkan terus berkembang. Di antara ragam strategi, salah satu yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bisnis sudah menggunakan aplikasi POS.


Bagaimana penerapan sistem yang satu ini bisa menguntungkan usaha kecil? Mari kita tilik lebih dalam.

Peran aplikasi POS bagi kemajuan usaha kecil

Terlepas dari sektor bisnis yang kamu tekuni, pemanfaatan sistem POS dapat sangat menguntungkan. Sistem ini bisa dikatakan sebagai all in one solution untuk berbagai kendala operasional bisnis, terutama di era digital.

1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Umumnya, aplikasi POS dibekali dengan fitur untuk mengelola loyalty program. Jadi, kamu bisa menghadirkan program-program yang akan membuat para pelanggan bisnis merasa senang.


Mengapa program loyalitas ini penting? Tentunya karena program loyalitas telah terbukti dapat membantu bisnis kecil lebih berkembang, membangung basis pelanggan setia, dan meningkatkan penjualan.


Kamu dapat menerapkan reward points ataupun kupon. Bahkan, berhubung konsumen sudah sangat lekat dengan ponsel, kupon pun sudah tidak perlu dicetak. Kamu bisa menggunakan kupon digital sehingga biayanya lebih rendah lagi.


Program-program tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mendorong pencapaian target penjualan, kampanye pemasaran, serta yang paling penting yaitu meningkatkan kepuasan pelanggan.


Sistem POS menyediakan fitur, mulai dari loyalty program hingga digital payment.

2. Pengelolaan inventori yang lebih baik

Bila kamu memiliki toko online, misalnya di marketplace, konsumen dapat memberikan rating. Ada banyak faktor yang membuat konsumen memberikan rating kurang baik, salah satunya membatalkan pesanan.


Tidak jarang bisnis menolak pesanan konsumen karena stok produk yang dipesan ternyata sudah habis. Padahal, di online store milikmu stoknya masih tersedia. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada bisnis milikmu!


Kondisi tersebut kemungkinan dipicu oleh tidak cocoknya jumlah stok yang tercatat dengan jumlah stok sebenarnya. Faktor lainnya, keterlambatan staf memperbarui data stok di toko online.


Dengan implementasi aplikasi POS, kejadian seperti di atas dapat dihindari, apalagi bila sistem yang dipilih sudah terintegrasi dengan marketplace. Stok akan terbarukan secara otomatis setiap kali ada produk masuk atau terjual.

3. Menyediakan ragam opsi pembayaran

Telah disebutkan sebelumnya, salah satu pergeseran yang terjadi di era digital adalah konsumen lebih memilih bertransaksi dengan digital payment. Ragam e-Wallet, seperti GoPay, OVO, LinkAja, ShopeePay, dan sebagainya lebih menjadi pilihan konsumen saat ini.


Kabar baiknya, sistem POS telah dibekali dengan fitur untuk menerima aneka pembayaran digital yang telah tergabung dalam QRIS. Kode QR dapat tampil pada aplikasi secara dinamis, staf kasir tidak perlu memasukkan nominal pembayaran, dan dapat di-scan oleh jenis e-wallet apa saja. Efisien sekali, bukan?


Sebuah format pembayaran yang sangat sesuai dengan kultur masyarakat dewasa ini yang menginginkan segala hal berlangsung cepat, aman, serta presisi.

4. Laporan bisnis yang akurat

Jika selama ini kamu belum memberikan cukup perhatian terhadap laporan serta analisis bisnis, sekarang saatnya. Di tengah kompetisi yang makin ketat, kamu membutuhkan laporan bisnis yang akurat.


Sistem POS mampu menyediakan berbagai jenis laporan, mulai dari laporan penjualan hingga laporan keuangan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengakses analisis bisnis. Misalnya, analisis waktu penjualan paling ramai atau analisis kepuasan pelanggan.


Data-data tersebut tentunya sangat berharga sebagai dasar pengambilan keputusan dalam bisnis. Kamu tidak dapat mengambil keputusan yang tepat bila tidak memahami preferensi konsumen serta situasi bisnis. 


Berdasarkan pemaparan di atas, jelas bahwa bisnis akan terus bergeser ke ranah digital. Pada saat bersamaan, preferensi konsumen pun tidak lagi konvensional. Maka dari itu, kamu perlu beradaptasi. Manfaatkan digital tools yang ada seoptimal mungkin agar bisnis milikmu terus maju. Tunggu apa lagi? Segera gunakan aplikasi POS sekarang!


Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.