Table of Content

    Operasional Mudah dengan Investasi Murah ala Thabenia

    Bukan rahasia lagi, Indonesia merupakan salah satu pasar industri makanan terbesar di Asia Pacific. Pada 2020, total market value industri makanan di Indonesia mencapai USD194,4 miliar. Tampaknya peluang besar ini terbaca oleh Thabenia.

    Bisnis yang didirikan oleh Sarwendah Tan ini fokus di bidang food and beverage. Tepatnya, bisnis yang satu ini adalah toko kue atau cake shop.

    Didirikan di tengah pandemi pada 2021 lalu, bisnis ini tentu menghadapi beragam tantangan. Meskipun begitu, toko kue besutan Sarwendah ini tetap mampu bertahan dan makin maju. 

    Hal tersebut tentu dicapai bukan tanpa strategi. Karena itu, kami mau mengajakmu mengintip strategi mereka.


    Variasi Produk untuk Memenuhi Kebutuhan Konsumen

    Sebagai cake shop, kue tentu menjadi komoditas bisnis utama Thabenia. Namun, toko kue ini juga menyadari bahwa kebutuhan konsumen relatif beragam. Maka dari itu, jika kamu berkunjung ke gerainya, kamu pasti akan menemukan pilihan produk yang cukup beragam.

    Kamu bisa mendapatkan roti, donat, serta kue kering. Tak hanya itu, tersedia pula produk-produk camilan rumahan yang dibuat langsung oleh Sarwendah Tan.

    Baca juga: Memulai Bisnis Rumahan dalam 5 Langkah Mudah

    Menarik, bukan? Apakah kamu tertarik mencoba, tetapi merasa aksesnya sulit karena gerai toko kue ini berada di Jakarta? Tenang saja karena toko kue ini menerapkan strategi khusus untuk mempermudah akses konsumen dalam menjangkau produk mereka.

    Memudahkan Konsumen Memperoleh Produk Thabenia

    Pandemi telah mengubah perilaku konsumen. Salah satu yang cukup kentara ialah meningkatnya kebiasaan berbelanja secara online

    Konsumen mungkin semula menganggap transaksi online lebih aman di tengah pandemi. Kebiasaan ini tampaknya terus berlanjut sebab membeli produk secara online memang lebih praktis.

    Hal tersebut disiasati dengan cara menjual produk secara online. Konsumen bisa membeli produk-produk lezat dari Thabenia melalui marketplace atau aplikasi pengantaran makanan secara online.

    Menurut Rizki Wowo, supervisor Thabenia Official, strategi tersebut berhasil menjaga penjualan tetap stabil di tengah pandemi sekalipun. Pasalnya, konsumen tetap bisa mengakses produk toko kue ini dengan mudah, meskipun saat di rumah saja.

    Tidak hanya itu, distribusi produk pun makin luas dengan adanya sistem reseller. Konsumen di berbagai daerah jadi bisa membeli produk cake shop yang satu ini dengan mudah.

    Baca juga: Kenali Apa Itu Reseller serta Cara Menjadi Reseller

    Operasional Lebih Mudah dengan Aplikasi majoo

    Lebih dari itu, menurut Rizki Wowo, kemampuan bertahan serta berkembangnya bisnis toko kue ini didukung oleh penggunaan aplikasi POS, yaitu majoo.

    Awalnya, bisnis ini masih menggunakan kasir manual. Akan tetapi, akhirnya beralih memanfaatkan penggunaan aplikasi kasir yang lebih modern atau digital karena perbedaannya cukup signifikan.

    Pengelolaan transaksi penjualan dengan aplikasi POS yang lebih modern daripada kasir manual memang terbukti mempermudah aktivitas bisnis harian.

    Dengan aplikasi POS, dalam hal ini majoo, ada pencatatan atau dokumentasi otomatis sehingga data-data penjualan tercatat dengan lebih rapi. Tidak hanya itu, inventori pun bisa dikelola dengan lebih baik berkat pencatatan yang lebih optimal.

    Di samping mempermudah staf dalam pelaksanaan operasional, penggunaan aplikasi POS juga membuat pengalaman transaksi konsumen menjadi lebih seamless. Proses transaksi lebih cepat, mudah, serta efisien. Tentunya, citra ini penting demi meningkatkan pengalaman atau customer experience.

    Baca juga: Apa Itu Customer Experience? Simak Pengertian dan Contohnya!

    Berdasarkan pengalaman tersebut, Rizki Wowo juga merekomendasikan pemilik usaha lain untuk menggunakan aplikasi majoo. 

    Di samping membuat pengelolaan transaksi penjualan dan inventori lebih mudah, investasi untuk sistem modern ini juga terbilang ekonomis dibandingkan dengan pesaing di kelasnya.

    Saatnya Bertransformasi ke Platform Digital

    Tidak berhenti di sana, strategi dan alat bantu seperti sistem POS memang mendorong kemajuan bisnis, tetapi Rizki Wowo berpesan bahwa pemilik usaha juga sebaiknya tidak mudah menyerah.

    Situasi pandemi memang memukul keras bisnis di berbagai sektor. Namun, dengan kerja keras dan semangat yang konsisten, sebuah bisnis masih bisa dipertahankan.

    Kemudian, Rizki Wowo juga mengingatkan para pemilik usaha lain untuk segera beralih ke platform digital. 

    Platform digital akan memudahkan pemilik atau pengelola usaha dalam mengelola transaksi, penjualan, bahkan melakukan promosi, tutur Rizki Wowo.

    Seperti yang sudah kita ketahui, promosi merupakan aspek yang sangat penting di era digital seperti saat ini. Di tengah bisingnya informasi, bisnis milikmu harus terdengar gaungnya supaya menarik perhatian dan minat konsumen.

    Tentunya, majoo juga akan membantumu dalam mempermudah proses promosi melalui fitur majoo DigiAds. Jadi, tunggu apa lagi, yuk gunakan aplikasi majoo sekarang dan tiru kisah sukses Thabenia!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kisah Pagi!: Menikmati Keuntungan dari Integrasi Marketplace
    Integrasi marketplace dinilai mendatangkan banyak keuntungan bagi pebisnis. Hal ini sudah dibuktikan oleh Pagi! Cold-Pressed Raw Juice.
    Sarang Vapers: Integrasi Marketplace Dongkrak Penjualan
    Integrasi ke marketplace menggunakan aplikasi majoo dapat menaikkan penjualan dalam bisnis. Bagaimana cara melakukannya?
    Los Medellin: Peran Penting Data Pelanggan bagi Bisnis
    Los Medellin adalah sebuah bisnis kuliner yang sudah memanfaatkan aplikasi keuangan digital. Termasuk untuk mengelola data pelanggan.
    Transformasi Digital yang Sukses Diterapkan Citra Florist
    Setelah melakukan #langkahmajoo transformasi digital dari kinerja manualnya, kini Citra Florist merasakan makin keuntungan dan kemudahan yang didapat.