Table of Content

    Peluang Bisnis Online Tahun 2020

    Kamu mulai lelah dengan jadwal kerja 9 to 5? Berpikir ingin bisa menghasilkan uang dan bisa tetap berada di rumah saja? Wajar saja bila kamu berpikir begitu, siapa juga yang tidak ingin bisa memperoleh uang dengan keleluasaan waktu dan tempat bekerja?

    Memiliki bisnis online mungkin bisa jadi jawaban untukmu.


    Mengapa Memulai Bisnis Online?

    Tidak heran bila banyak orang tertarik menjalankan bisnis online dan berwirausaha. Merintis usaha sampingan sambil pelan-pelan meninggalkan pekerjaan rutin 40 jam per minggu mereka. Bahkan ada orang-orang yang mengerjakannya penuh waktu dan benar-benar langsung meninggalkan pekerjaan mereka.

    Bila penghasilan yang diperoleh bisa dua kali lipat hingga berkali-kali lipat gaji yang diterima saat ini, mengapa tidak mengerjakan bisnis penuh waktu saja, bukan begitu? Namun, ketika memutuskan internet sebagai titik awal, kamu perlu memastikan beberapa hal ini:

    • Bisnis tersebut memberi keleluasaan yang kamu butuhkan

    • Memberimu jadwal kerja yang fleksibel

    • Memberi peluang penghasilan yang jauh lebih besar

    Hal ini hampir seperti pensiun dini, hanya saja kamu belum tua dan beruban ketika melakukannya, serta kamu tetap terus mendapatkan penghasilan, bahkan tanpa harus meninggalkan rumah.

    Tapi seperti bisnis pada umumnya, tetap membutuhkan waktu hingga hasilnya terlihat. Itulah sebabnya kamu harus tahu dulu mengapa kamu ingin menjalankan bisnis. Kamu perlu menentukan alasan sebelum memutuskan mengambil peluang ini.

    Menjalankan bisnis sama sekali tidak mudah, alasan kamu menjalankan bisnis harus lebih besar dari hambatan, agar kamu sanggup bertahan. Sehingga kemajuan bisnis jangka panjang dapat tercapai.

    Jadi, mulailah dari mencari tahu mengapa kamu ingin menjalankan bisnis itu sendiri!

    Peluang Bisnis di Tahun 2020

    Hampir semua ide bisnis di bawah ini menyediakan peluang untuk menghasilkan uang dengan cepat. Namun kunci sukses sesungguhnya adalah visi jangka panjang.

    Ide di bawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi untukmu. Pilihlah salah satu, mulai jalankan, dan jadikan integritas prioritas utama. Di sini kamu tentu ingin membangun relasi yang positif dan bertahan lama dengan konsumen, sehingga mereka menjadi pelanggan setia yang melakukan pembelian atau menggunakan jasamu lagi dan lagi.

    Bila kamu menjaga relasi dengan benar, kamu tidak akan pernah memulai dari nol lagi. Ini hal yang sangat mendasar agar bisnis maju. Mulai dari nol sekali, jual produk dan jasa bermutu tinggi, lalu jaga hubungan baik dengan konsumen, akhirnya bisnismu akan menjadi bagian dari gaya hidup konsumen.

    Berikut ini sedikit saja ide dari banyaknya hal yang bisa kamu jadikan bisnis,

    1. Menjual Informasi
      Apakah kamu ahli dalam suatu bidang atau kamu memiliki pengetahuan lebih dibanding rata-rata orang mengenai topik atau keterampilan tertentu?

      Jika kamu memiliki keterampilan dan wawasan yang memadai tentang topik tertentu, kamu berpotensi memperoleh penghasilan tanpa harus membuat bisnis online dengan produk fisik. Keterampilan dan wawasan itu bisa digunakan untuk membantu orang lain mengembangkan diri sambil kamu memperoleh penghasilan.

      Kamu bisa membuat kanal YouTube atau website, mengadakan webinar, atau menulis eBook untuk berbagi mengenai keahlian yang kamu miliki. Orang mungkin bersedia berlangganan atau membayar apa yang kamu tawarkan.

    2. Afiliasi Pemasaran
      Kamu tidak memiliki cukup waktu untuk membuat produk sendiri? Mengapa tidak menggunakan afiliasi pemasaran untuk menghasilkan uang? Dengan model ini, kamu bisa membangun bisnis dengan menampilkan produk orang lain pada website milikmu dan menjualnya.

      Ketika memilih jalur ini, kamu harus fokus pada ceruk pasar yang ingin kamu bangun serta bergabung dengan jaringan afiliasi yang memiliki reputasi baik. Kamu juga perlu memahami copywriting. Memiliki pengalaman di bidang copywriting merupakan salah satu kunci agar bisnis ini berhasil.

      Baik produk fisik maupun digital bisa kamu tampilkan, lalu atur tautan afiliasi. Buat konten berkualitas yang dapat memikat pembaca dan berujung pada action. Dalam hal ini, tentu saja action yang dimaksud adalah pembaca klik tautan afiliasi dan melakukan pembelian.

      Setiap kali ada yang klik tautan dan melakukan pembelian, kamu akan mendapatkan persentase penjualan. Sesederhana itu.

      Adapun komisi yang didapatkan sangat tergantung pada produk apa yang dijual. Misal, kamu mungkin saja mendapatkan pembagian 75% untuk penjualan produk digital. Sedang untuk produk fisik, umumnya kamu akan mendapat 2%-10%, tapi jika jumlah produk yang terjual ratusan, ini tetap saja kesempatan bisnis yang baik.

      Untuk memenangkan afiliasi pemasaran, tawarkanlah value dan jadilah otentik. Tujuannya untuk membangun relasi yang solid dengan audiens. Dan hal ini hanya bisa dicapai dengan kejujuran dan integritas.

    3. Menjual Produk Handmade
      Rajutan, aksesoris, dan lain sebagainya, ada begitu banyak barang handmade. Sayangnya, orang sering kali mengabaikan peluang ini karena kadang dirasa tidak cukup mewah. Padahal bisnis ini sangat layak dicoba sebab pasarnya cukup besar.

      Ada pasar khusus untuk produk seperti ini terutama bila dipasarkan dengan cerita personal. Misal, kamu memiliki anak dengan kulit sensitif, tidak bisa menggunakan sabun atau lotion biasa. Lalu, kamu memutuskan membuat produk sendiri dengan bahan-bahan yang lebih alami, aman untuk kulit bayi, dan ketika dipakai anakmu tidak mengalami alergi. Ini betul-betul kesempatan emas untuk dijadikan sebuah bisnis!

      Kamu bisa memasarkan produk dengan kisah nyata yang berpengaruh kuat. Memiliki cerita untuk disampaikan kepada konsumen tentang mengapa produk itu sangat keren merupakan cara yang sangat efektif untuk memasarkan produk dan memenangkan hati pembeli.

      Sebelum menjual produk handmade secara online, kamu bisa mulai menjualnya di bazar atau festival. Orang berkesempatan mencoba produk dan kamu bisa meminta masukan dari mereka, kemudian melakukan perbaikan bila dibutuhkan.


      Untuk jenis produknya sendiri, kamu bisa membuat sabun, aksesoris, perhiasan, lilin aromaterapi, dan masih banyak lagi. Tanyakan pada dirimu sendiri, produk apa yang kamu merasa senang ketika membuatnya?

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?