Table of Content

    Pentingnya Aplikasi Kasir Untuk Majunya UMKM


    Bisnis besar sudah bertahun-tahun menggunakan sistem POS, dan sebagai hasilnya, mereka sangat memahami dan menghargai pentingnya sistem ini dalam mengoptimalkan keuntungan bisnis mereka. Sistem POS yang besar dan kompleks biasanya memiliki sistem yang kuat, mudah dikustomisasi, canggih, sangat teknis, dan perlu dioperasikan oleh seluruh staf untuk bisa digunakan secara maksimal.

     

    Aplikasi kasir atau POS yang berbasis tablet membuat bisnis kecil yang berorientasi pada pelanggan bisa merasakan keuntungan yang ditawarkan oleh aplikasi ini dengan harga yang lebih terjangkau dan dedikasi waktu serta tenaga yang tidak terlalu besar. Pada umumnya, aplikasi kasir berbasis tablet dapat didesain sesuai dengan kebutuhan bisnis yang spesifik, misalnya salon dan restoran, dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan industri tersebut.

     

    Sayangnya, tidak semua aplikasi POS berbasis tablet dibuat untuk memaksimalkan potensi bisnis kecil. Kesuksesan bisnis kecil dalam menggunakan aplikasi POS berbasis tablet memerlukan kombinasi antara fitur yang spesifik sesuai bisnisnya, kemudahan untuk menyesuaikan aplikasi dengan kebutuhan spesifik bisnis tersebut, kemudahan instalasi, kemudahan penggunaan, keandalan, dan kemampuannya untuk memonitor berbagai aspek dalam bisnis.

    Bagaimana aplikasi kasir atau POS dapat membantu UMKM terus maju?

    POS bagi bisnis kecil sama pentingnya dengan POS bagi perusahaan besar. Kunci bagi POS untuk bisnis kecil adalah sistemnya harus menawarkan fungsi dan kemudahan konfigurasi yang fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik bisnis tersebut, sekaligus meningkatkan kedekatan bisnis tersebut dengan pelanggannya.

     

    POS berbasis tablet semakin menjadi sesuatu yang lazim  bagi bisnis kecil; tentu saja, setiap vendor mengklaim kemudahan penggunaan dan manfaat yang berbeda. Tetapi, tidak semua POS berbasis tablet mendukung bisnis kecil dengan fitur yang cocok dengan industrinya, serta fleksibilitas untuk disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang spesifik.

     

    Jika bisnis kecil yang kamu kelola belum menggunakan aplikasi POS, kemungkinannya saat ini kamu masih bergelut dengan berbagai kuitansi cetak, pengecekan inventori tengah malam, bahkan mungkin masih menggunakan kalkulator manual. Benar, tidak?

     

    Jangan terintimidasi dengan asumsi bahwa menggunakan aplikasi POS akan sangat rumit dan sulit. Penggunaan aplikasi POS akan membantumu memajukan bisnismu. Ini caranya: 

    1. Penawaran yang terjangkau untuk pelanggan, tapi menguntungkan bisnismu!

    Merumuskan harga promo untuk sebuah barang memerlukan analisis yang mendalam dan detail. Kamu harus tahu barang mana yang tidak banyak terjual dan hanya memenuhi rak saja. Informasi tentang hal itu sangat penting diketahui untuk mengestimasi harga barang tersebut. Aplikasi POS bisa memainkan perannya di sini. Tidak hanya menampilkan informasi inventori secara lengkap, tapi juga mampu untuk memperhitungkan diskon, promo, kupon, dll. Lebih lanjut lagi, POS juga bisa memberikan informasi bagaimana penawaran yang kamu berikan akan memengaruhi penjualan secara umum. Sangat menarik, bukan?

     

    Selain itu, inti dari sebuah penawaran adalah pelanggan. Jika kamu punya toko dengan beberapa cabang, informasi pembelian dan minat seorang pelanggan bisa dibagikan ke semua cabang sekaligus sehingga penawaran yang sesuai dengan minat pelanggan tersebut bisa diberikan di berbagai lokasi tokomu yang berbeda. Dan POS mendukung fitur seperti ini juga.

    2. Tanpa downtime 

    Data POS akan disimpan di perangkat yang digunakan di toko atau kafemu, bukan di server remote. Bisnismu bisa akan tetap berjalan meskipun koneksi internet sedang lemot atau bahkan putus. POS akan secara otomatis mengunggah semua data saat koneksi terhubung lagi.

    3. Kontrol 24 jam sehari, 7 hari seminggu

    Tidak perlu lagi khawatir dengan jam-jam tutup toko! Dengan POS, proses ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Karena POS adalah aplikasi yang berbasis cloud, kamu sebagai pemilik bisnis bisa mengecek detail transaksi, analisis pelanggan, manajemen inventori, presensi dan absensi karyawan kapan saja dan dari mana saja.

    4. Manajemen inventori terpadu 

    Jika kamu menjalankan bisnis, terutama bisnis ritel, inventori adalah salah satu hal yang sangat penting. Berapa banyak stok yang tersedia di gudang, berapa banyak yang terjual, dan berapa banyak yang harus dipesan dari suplier.

     

    Pendekatan tradisional dalam pengelolaan stok mengharuskan kamu untuk secara fisik menghitung stok yang kamu miliki secara reguler. Tentu saja, hal tersebut adalah proses yang melelahkan dan menghabiskan banyak waktu, terutama jika bisnismu semakin besar. Mengeksekusi proses ini tanpa POS akan melibatkan banyak perhitungan manual dan berbagai dokumen.

     

    POS mengotomatisasi seluruh proses dan melakukan sebagian besar pekerjaan yang tadinya menjadi tugasmu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah: memindai barcode, memasukkan jumlah, dan menentukan harganya. Dan, POS akan mengerjakan sisanya. Aplikasi ini akan memonitor seluruh inventori, memberitahumu apa yang harus distok lagi, membuat PO, dan menghitung perubahan setiap data inventori bisnismu.

    5. Tak perlu khawatir pencurian 

    Toko ritel selalu rawan akan pencurian yang dilakukan baik oleh karyawannya sendiri atau pelanggan. Kerugian yang diderita seringkali menjadi beban berat bagi bisnis. Dengan menggunakan POS, kamu memiliki control yang lebih baik terhadap semua barangmu. Semakin kuat manajemen inventori yang kamu miliki, semakin kecil kemungkinannya dicuri tanpa ketahuan, atau dimanipulasi oleh karyawanmu sendiri.

    6. Harga yang konsisten

    Mengelola konsistensi harga di berbagai cabang toko yang berbeda adalah hal yang mudah dilakukan dengan POS. Dengan menggunakan POS, pemilik usaha memiliki akses ke database digital semua produknya. Melalui database ini, kamu bisa melihat dan mengubah harga, memberikan penawaran special, menawarkan diskon, dan lain sebagainya. Dan, semua perubahan yang kamu buat, akan otomatis diaplikasikan ke semua cabang.

    7. Mempermudah retur

    Aplikasi POS dengan mudah melacak data pembelian pelanggan. Kamu bisa mengecek apa yang sudah dibeli pelanggan, kapan mereka membelinya, dan berapa banyak yang dibeli. Ini akan memudahkan proses retur, jika terjadi. Hasilnya: proses bisnis yang lebih baik dalam jangka panjang.

    8. Pelanggan lebih puas

    Dengan hampir semua proses dilakukan secara otomatis, POS dapat menghemat banyak waktu dan mengurangi kesalahan. Kamu bisa menggunakan waktumu untuk lebih fokus pada strategi untuk memuaskan pelanggan.

    Aplikasi POS membuatmu lebih mudah dalam menjalankan bisnis kecilmu. Jika kamu ingin mencoba menggunakannya, majoo.id adalah salah satu contoh aplikasi POS yang memiliki semua fitur yang memungkinkan bisnismu menikmati semua keuntungan yang ditawarkan di atas. Tunggu apa lagi? Otomatisasi, amankan, sederhanakan, dan majukan bisnismu dengan POS yang didesain khusus untuk bisnismu. Gunakan majoo.id di bisnismu dan selesaikan masalahmu sekarang juga!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?