Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Pentingnya Landing Page buat Database Bisnis Kamu!

    Masih banyak UMKM atau bahkan bisnis besar mengabaikan pentingnya Landing Page (LP) sebagai sarana promosi. Padahal, jika bisnis kamu sedang bertumbuh saat ini, memiliki LP tentunya sangat penting karena kemudahan dan manfaat yang diberikan. Mendapatkan database atau bahkan closing bukan lagi perkara sulit.

    Sebelum itu, apa sih perbedaan Landing Page dengan situs web biasa? Menurut hubspot, Landing Page adalah sebuah halaman website yang sederhana dan bertujuan untuk mendapatkan data pelanggan atau meningkatkan penjualan dari satu halaman web tersebut.

    Tapi, nggak semua brand mampu memaksimalkan pembuatan Landing Page mereka, apalagi meningkatkan closingan atau bertambahnya Leads baru. Nah, beruntung banget untuk kamu yang baca artikel berikut sampai habis, majoo akan share pentingnya Landing Page sebagai sarana pengembangan bisnis kamu. Simak sampai habis ya!

    Memaksimalkan Call to Action 

    Setiap kampanye melalui situs web atau media sosial, tentunya wajib kamu tentukan tujuannya. Tujuan yang dimaksud adalah Call to Action, yang berisi ‘kewajiban’ yang harus dilakukan oleh audience kamu baik itu subscribe email, pembelian promo/bundling, atau sekedar mendapatkan leads berupa nomor telepon.

    Dengan memanfaatkan Landing Page, kamu sangat mungkin memaksimalkan CTA di kampanye online kamu saat ini. Misalnya kamu ingin mendapatkan data e-mail dan nomor telepon calon pelanggan, coba desain Landing Page sesuai kebutuhan tersebut. Contohnya, kamu bisa memberikan promo diskon maupun promo khusus lainnya bagi pelanggan yang memberikan e-mail dan nomor telepon mereka melalui Landing Page kamu. 

    Singkatnya, coba buat Landing Page dengan copywriting simpel namun menarik orang untuk memberikan data mereka di halaman tersebut. 

    Tingkatkan Leads dan Pelanggan Baru

    Setelah kamu berhasil menentukan bentuk dan promo yang tepat di Landing Page kamu, tentunya hal penting lainnya adalah mendatangkan traffic di halaman tersebut. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memaksimalkan promosi di media sosial dan jasa influencer agar calon pelanggan mau mengunjungi Landing Page tersebut.

    Selain calon pelanggan mampu mengenal brand kamu dari kampanye online tersebut, tentunya kemungkinan kamu bisa closing melalui Landing Page juga sangat tinggi. Misalnya, kamu memberikan promo potongan gratis ongkir dan diskon sekian persen untuk pelanggan yang mengunjungi Landing Page kamu di periode kampanye tersebut.

    Tapi, kamu juga harus mempertimbangkan budget marketing dan promo tersebut agar pengeluaranmu tidak boncos ya!

    Konversi dan Closing Penjualan Lebih Cepat

    Manfaat penting lain yang bisa kamu dapatkan dengan membangun Landing Page yang tepat adalah peningkatan jumlah penjualan. Trik cuci gudang atau buy one get one bisa kamu lakukan dalam promosi pembelian melalui Landing Page tersebut. 

    Agar kamu tidak kebingungan, coba berikan nomor WhatsApp khusus untuk pembelian melalui Landing Page sehingga kamu bisa menentukan berapa jumlah produk yang terjual. Perhatikan juga data pelanggan yang masuk dari konversi melalui Landing Page tersebut.

    Langkah Tepat Menggaet Data Pelanggan

    Kamu masih bingung cara mendapatkan banyak data calon pelanggan tanpa terlalu terlihat ‘jualan banget’? Landing Page bisa menjadi salah satu solusi mendapatkan data calon pelanggan dengan lebih elegan. Membuat ilmu dan tips gratis mengenai permasalahan pelanggan kamu bisa menjadi salah satu ide untuk memaksimalkan Landing Page.

    Contohnya, jika produk kamu memiliki manfaat dan keunggulan seperti menggunakan bahan organik serta mampu meningkatkan kesehatan, kamu bisa memberikan tips gratis olahraga atau pola makan sehat. Tips dan trik tersebut bisa kamu buat di e-book, di mana pelanggan harus memberikan e-mail mereka untuk bisa membacanya. 

    Hal ini juga memaksimalkan leads kamu karena orang yang bersedia mengisi data mereka dan tertarik dengan tips kamu, tentunya memiliki kemungkinan membeli produk kamu di masa depan lho!

    Alat Promosi dan Diskon untuk Pelanggan

    Terakhir, menggunakan Landing Page secara tepat juga mampu menjadikan brand kamu lebih disukai pelanggan lama kamu. Kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui Landing Page khusus customer yang sudah pernah membeli produk kamu. 

    Dengan begitu, kamu tidak hanya mencari leads atau closingan dari pelanggan baru saja, tapi bisa memaksimalkan database pelanggan yang kamu miliki. Selain itu, dengan memberikan promosi dan diskon khusus, brand awareness kamu juga tentu akan lebih meningkat karena pelanggan kamu saat ini bisa mengenalkan brand kamu sebagai brand yang loyal kepada pelanggan.



    Ingin memahami tentang bagaimana membuat Landing Page dengan maksimal agar leads kamu juga lebih oke? Kamu bisa banget ikut Ruang majoo edisi 11 November 2022. Bersama Kak Muhammad Raqib, Webmaster CAKAP, kita akan belajar tentang cara mudah dan murah membuat Landing Page sehingga kamu bisa mendapat database customer serta meningkatkan closingan kamu lho!

    Bukan hanya itu, kamu juga bisa belajar dan berdiskusi mengenai upaya-upaya meningkatkan copywriting dalam website atau Landing Page kamu, terutama apa saja yang wajib ditambahkan agar Landing Page kamu bisa lebih maksimal. Bagi yang tertarik, webinar ini GRATIS dan kamu bisa langsung mendaftar melalui link di bawah ini. 

    bit.ly/webinarmajoo

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pentingnya Manajemen Inventory yang Efektif Bagi UMKM
    Manajemen inventory merupakan bagian krusial dari menguntungkan atau tidaknya sebuah bisnis, terlebih bagi UMKM.
    Awas! Jangan Coba-Coba Bisnis Kopi Sebelum Tahu 5 Hal Ini!
    Sempat diprediksi bakal meredup, bisnis kedai kopi nyatanya justru semakin merebak. Layakkah terjun ke bisnis kedai kopi?
    Tampilan Dashboard Baru dari majoo Hadir Memudahkan Bisnismu
    Tampilan dashboard baru majoo tidak hanya lebih rapi dan modern, tetapi menghadirkan fungsionalitas yang lebih optimal. Yuk, cari tahu highlight fiturnya!
    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.