Pentingnya Program Promo Lebaran dan Ramadhan bagi Bisnis

Ketika sudah memasuki pertengahan hingga akhir bulan Ramadhan, umum bagi kita untuk melihat promo Lebaran bertebaran di mana-mana. Bahkan, keberadaan COVID-19 yang ditetapkan sebagai pandemi pun rasanya tidak terlalu memengaruhi tradisi yang satu ini. Bagi pelaku usaha, program promo semacam ini memang terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan. Namun, sebenarnya alasan apa saja yang membuat promo-promo menjelang Lebaran tersebut begitu penting bagi kelanjutan sebuah bisnis, sih? 

Dinilai mampu mendorong minat beli pelanggan

Selain menjamurnya berbagai macam promo yang diluncurkan untuk menyambut Lebaran, ada satu fenomena lain yang umumnya juga mengikuti, atau bahkan mendahului: naiknya harga-harga barang. Banyaknya kebutuhan dan printilan yang perlu dibeli untuk merayakan Lebaran, ditambah produksi yang cenderung menurun karena bulan puasa serta banyaknya hari libur, menyebabkan harga barang di pasaran akan melambung di luar harga normal. Keadaan ini tentunya membuat pelanggan semakin enggan untuk membelanjakan uangnya dan memilih untuk membeli kebutuhan-kebutuhan yang memang penting saja, kan?

Nah, program-program promo kerap membuat seseorang dapat membeli suatu produk dengan harga khusus. Di tengah banyaknya barang yang harganya sudah cukup tinggi, barang-barang serta jasa yang ditawarkan dengan harga promo tentunya akan lebih menarik minat pelanggan untuk membeli. Tak heran jika banyak pelaku usaha yang memanfaatkan promo ini untuk memastikan angka penjualan tidak anjlok pada masa-masa seperti ini. 

Sebagai solusi untuk mengurangi beban produksi

Sebagai salah satu hari besar yang seolah sudah menjadi tradisi berskala nasional, Lebaran tidak hanya dirayakan oleh konsumen atau pelanggan akhir dari suatu bisnis saja. Dari sisi bisnisnya sendiri, orang-orang yang bekerja di bidang produksi juga memiliki keinginan untuk merayakan Lebaran bersama keluarga maupun orang-orang tercinta. Tak heran jika menjelang Lebaran, angka produksi cenderung turun. Tak hanya dari bisnis yang memasarkan produk saja, sumber daya manusia pada bisnis jasa pun berkurang di masa-masa ini. Program promo khusus menjelang Lebaran bisa menjadi solusi untuk menjawab persoalan ini.

Dengan mengeluarkan promo berupa produk yang bersifat khusus, produksi produk reguler bisa dikurangi atau dihentikan, kemudian dialihkan untuk menyulap produk-produk yang sudah ada menjadi produk dengan kemasan Lebaran. Jadi, alih-alih membuat produk baru, promo yang diluncurkan dengan tema Lebaran bisa memanfaatkan produk-produk yang sudah ada, tetapi dengan mengubah kemasan maupun model pemasarannya saja menjadi produk khusus yang hanya dapat dibeli pada saat Lebaran.

Program promo dapat menjadi apresiasi terhadap pelanggan 

Promo Lebaran dapat dikemas sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan setia

Alasan lain mengapa promo untuk menyambut datangnya Lebaran ini penting adalah karena program-program ini dapat dikemas sebagai bentuk apresiasi terhadap loyalitas yang diberikan oleh pelanggan. Dengan mengeluarkan penawaran terbatas, pelaku usaha dapat menunjukkan bentuk kepeduliannya terhadap apresiasi yang diberikan oleh pelanggan kepada produknya. Terlebih jika promo ini hanya berlaku untuk pelanggan istimewa dalam bentuk program loyalitas, pelanggan pun akan mendapatkan nilai lebih dari produk atau jasa yang ditawarkan, dan tertarik untuk ikut dalam program loyalitas tersebut yang kerap bisa menjadi potensi arus pendapatan jangka panjang yang baru.

Itulah mengapa mengeluarkan promo khusus pada saat Lebaran menjadi pilihan menyenangkan yang selalu muncul di saat-saat seperti ini. Jika kamu tertarik untuk menggabungkan promo Lebaran dengan program loyalitas pelanggan, kamu bisa mencoba menggabungkan aplikasi majoo yang sudah dilengkapi dengan fitur loyalitas, sehingga mengatur serta merancang promo yang menarik untuk Lebaran pun bisa semakin mudah untuk dilakukan.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.