Pentingnya Membuat Resolusi Bagi Bisnis Kecil


Pergantian tahun memberi ruang bagi pemilik usaha untuk melakukan refleksi tentang tahun lalu. Waktu ini adalah momen yang tepat juga untuk menyusun strategi. Apabila kamu ingin terus bergerak maju, sudah sewajarnya kamu terus memikirkan pembaruan untuk bisnis termasuk menyusun resolusi.

 

Secara definisi, resolusi merupakan dokumen penting yang berfungsi sebagai pernyataan resmi tentang keinginan dewan direksi. Hal tersebut mungkin relatif lumrah di perusahaan besar, tetapi kurang familier dalam bisnis kecil. Namun, bukan berarti tidak dibutuhkan.

 

Penentuan tujuan atau rencana tetap diperlukan dalam usaha kecil, bahkan sangat penting. Untuk memahami pentingnya penyusunan rencana, coba kamu cek poin-poin di bawah ini.

 

Resolusi memberi arah untuk bisnis

Setiap bisnis pasti memiliki tujuan tertentu, mulai dari pencapaian target penjualan sampai pertumbuhan bisnis secara keseluruhan. Rencana yang jelas membuat langkah dan strategi bisnis lebih terarah.

 

Namun, rencana tersebut hanya memberi gambaran besar. Kalau kamu ingin rencana tersebut menjadi kenyataan, dibutuhkan langkah-langkah nyata pula untuk mewujudkannya.

 

Sebagai contoh, jika resolusi bisnis adalah menggandakan penjualan tentu aktivitas bisnis perlu mengarah ke sana. Misalnya, kamu membuat promosi yang lebih gencar, memberikan pelayanan yang lebih baik, atau membuat program loyalitas pelanggan.


Acuan strategi bisnis yang efektif

Kegiatan bisnis harian sangat menyita waktu dan dalam banyak kasus membuat pemilik usaha tidak sempat menyusun rencana. Oleh sebab itu, penting sekali bagi pemilik bisnis kecil untuk memiliki rencana yang jelas sejak awal.

 

Usaha kecil akan lebih terarah bila sejak awal tahun sudah disusun target tahunan, target per enam atau tiga bulan, hingga target bulanan. Kamu juga memiliki acuan yang lebih jelas dalam mengevaluasi efektivitas suatu strategi bisnis yang sedang dijalankan.

 

Lebih baik dalam pengelolaan arus kas

Arus kas sangat krusial bagi bisnis dalam sektor apa pun. Tidak sedikit usaha kecil yang hancur akibat kurang baiknya pengelolaan kas. Biasanya, pengelolaan kas juga ada kaitannya dengan rencana bisnis. Makin baik perencanaan dan penentuan target, pengelolaan arus kas pun dapat lebih baik dan terarah.

 

Membantu meningkatkan produktivitas karyawan

Dengan adanya resolusi, pembagian tugas dapat berjalan lebih baik. Sebagai pemilik, kamu dapat mendelegasikan tugas dengan jelas dan efisien kepada karyawan. Dengan demikian, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada pengembangan bisnis.

 

Sebaliknya, dari sisi karyawan, mereka dapat terlibat dan mengerti perannya masing-masing. Pemahaman akan kontribusi tersebut biasanya memunculkan rasa memiliki terhadap bisnis dan dapat memacu produktivitas.

 

Dari penjelasan di atas, kamu tentu sudah memahami, terlepas dari skala bisnisnya, setiap bisnis memerlukan rencana yang jelas. Nah, sudah mendekati akhir tahun nih, apakah kamu sudah mulai menyiapkan rencana bisnis untuk 2021?

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.