Pentingnya Mengetahui Tipe Kebutuhan dan Memahami Pelanggan

Memahami pelanggan dapat membantu meningkatkan angka penjualan bisnis

Meski mungkin terdengar sepele, memahami pelanggan bisnismu dengan baik bisa menjadi jaminan keberhasilan untuk membuat bisnis terus maju dan berkembang. Dengan memahami kebutuhan yang dimiliki oleh pelanggan, kamu dapat dengan lebih baik mengemas produk maupun jasa yang kamu tawarkan sehingga pemasarannya pun bisa semakin optimal. Sudah bukan rahasia lagi jika pemasaran yang tepat akan memberimu lonjakan angka penjualan. Untuk itu, kamu perlu memahami terlebih dahulu tipe-tipe kebutuhan pelanggan bisnismu.

1. Kebutuhan akan pelayanan yang ramah

Menjaga untuk terus memberikan layanan yang ramah dapat memenuhi kebutuhan pelanggan bisnismu. Kamu perlu memahami bahwa sering kali pelanggan melakukan transaksi bukan semata-mata karena ingin mendapatkan produk maupun jasa yang dibelinya tersebut, tetapi secara tidak sadar pelanggan memiliki kebutuhan untuk memiliki kontrol: apa yang ingin didapatkan, kapan mendapatkannya, dan bagaimana mereka memperolehnya. Dengan menjaga keramahan saat menangani pelanggan, kamu akan memenuhi kebutuhan tersebut, memastikan pelanggan benar-benar memiliki kontrol penuh terhadap setiap transaksi yang dilakukan. Pelayanan yang tidak ramah akan mengganggu kontrol tersebut, membuat mereka tidak puas dan enggan untuk melakukan pembelian di lain kesempatan. Tentu saja ini akan buruk untuk bisnis, bukan?

2. Memenuhi kebutuhan pelanggan dengan empati

Servis yang ramah tentu juga perlu didukung oleh empati. Cobalah untuk memahami saat pelangganmu melakukan transaksi. Kamu bisa mencoba untuk berdiri di kakinya agar benar-benar mengerti apa yang mereka butuhkan. Dengan demikian, kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk melakukan upselling, misalnya saja dengan menawarkan produk maupun jasa lain untuk melengkapi pembelian yang mereka lakukan saat ini. Itulah mengapa penting untuk fokus menyediakan produk maupun jasa yang selaras. Sebagai contoh, saat pelanggan ingin membeli susu batita, kamu bisa mencoba menawarkan mereka untuk juga membeli mainan anak. Empati akan membantumu dalam menawarkan produk maupun jasa lain yang tepat, sehingga pelanggan akan merasa terbantu dan diperhatikan, alih-alih merasa terganggu.

3. Kebutuhan informasi produk atau jasa yang sesuai

Tidak semua pelanggan datang ke sebuah tempat usaha dengan pikiran yang pasti tentang apa yang ingin mereka dapatkan. Tak jarang pelanggan membutuhkan informasi tambahan yang dapat meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Memenuhi kebutuhan pelanggan akan informasi yang sesuai akan membantumu dalam meningkatkan angka penjualan, khususnya jika bisnis yang kamu jalankan tergolong baru, sehingga kamu butuh menunjukkan nilai lebih yang dapat membuat produk serta jasa yang kamu tawarkan lebih menonjol dibanding yang ada di pasaran. Menyediakan katalog yang dapat diakses dengan mudah, misalnya saja, merupakan cara agar pelanggan dapat mengenal produk maupun jasa yang coba kamu pasarkan. Berikan seluruh informasi yang ada terkait bisnismu, selengkap yang dimungkinkan, dan pelanggan tentu akan tertarik untuk mendatangi tempat usahamu.

Mengenal dan memahami pelanggan membantu memenuhi kebutuhan pelanggan bisnismu

Memenuhi kebutuhan pelanggan tak akan dapat dilakukan tanpa memahami pelanggan tersebut. Oleh karena itu, tak ada salahnya memanfaatkan aplikasi majoo yang dilengkapi dengan pencatatan data pelanggan serta penjualan secara akurat. Kamu dapat melakukan analisis data untuk menyuguhkan kemasan produk serta jasa yang dapat lebih menarik bagi pelanggan.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.