Merencanakan Pengeluaran Bisnis Sebelum Mulai Bisnis Baru


Merencanakan pengeluaran bisnis dengan baik merupakan langkah bisnis yang sangat krusial, khususnya bagi kamu yang baru mulai memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis. Perencanaan pengeluaran bisnis yang tepat dapat membantu memastikan keberlanjutan bisnis yang dijalankan, terlebih jika modal awal yang disiapkan cukup terbatas, sehingga efisiensi biaya bisa memberikan perbedaan yang luar biasa besar. Seberapa penting merencanakan pos-pos pengeluaran sebelum memulai sebuah usaha, sih?

1. Membantu ketepatan alokasi modal bisnis

Dalam memulai bisnis baru, modal merupakan elemen yang penting. Sayangnya, tak semua pelaku usaha mampu menyiapkan jumlah modal yang sama besarnya. Ada pelaku usaha yang mampu mengumpulkan modal yang lebih dari cukup, tetapi ada juga yang hanya sanggup mengumpulkan jumlah yang sangat mepet dengan batas. Perencanaan pengeluaran di awal akan membantu menentukan pos-pos pengeluaran sehingga berapa pun modal yang berhasil dikumpulkan, dapat memberikan dampak yang sesuai dengan harapan. Bisnis dengan modal yang kecil pun dapat tetap bertahan dengan alokasi yang akurat, dan bahkan bisa digunakan untuk menyusun strategi pengembangan bisnis ke depannya.

2. Mempersiapkan pelaku usaha dalam menghadapi situasi tak terduga

Tak selamanya bisnis akan berjalan dengan mulus. Apalagi bagi bisnis yang baru mulai dirintis, di mana risiko masalah yang akan dihadapi baru berupa proyeksi. Dalam menyusun perencanaan pengeluaran bisnis, pelaku usaha akan dituntut untuk menghitung potensi terjadinya risiko bisnis ini. Tantangan-tantangan bisnis yang dihadapi akan dipetakan dengan lebih baik hingga perhitungan pengeluaran yang dibutuhkan untuk melewati masalah tersebut.

3. Mengasah kemampuan melihat peluang

Perencanaan pengeluaran bisnis tidak hanya terbatas pada penghitungan angka-angka saja, tetapi juga menuntut pelaku usaha untuk secara kritis mempertanyakan perencanaan pengeluaran yang sudah dibuat dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Apakah alokasi modal untuk pengeluaran tertentu sudah tepat? Apakah pos pengeluaran untuk satu aktivitas dapat ditekan lebih jauh? Apa yang dibutuhkan untuk membuat pos pengeluaran lebih efektif dan efisien? Tak jarang dalam tahap perencanaan pengeluaran bisnis, pelaku usaha jadi terpacu untuk melihat peluang lain yang bisa mengoptimalkan bisnisnya, misalnya saja dengan mencari penyedia bahan baku yang lebih murah untuk menekan biaya produksi.

4. Mempersiapkan pelaku usaha dalam memulai bisnis baru

Dengan perencanaan pengeluaran bisnis yang matang, pelaku usaha pun dapat lebih siap dalam menjalankan bisnisnya. Setiap operasional bisnis yang dilakukan dapat diperkirakan dengan lebih baik dan kamu sebagai pelaku usaha akan lebih mudah untuk memastikan keberhasilan aktivitas tersebut. Dengan adanya perencanaan pengeluaran bisnis, pelaku usaha akan lebih siap menghadapi setiap tantangan, tergantung dari sebaik apa proyeksi bisnis yang dilakukan saat menyusun perencanaan tersebut.

Sebagai pelaku usaha yang mencoba memulai bisnis baru, kamu tak perlu merasa khawatir dengan berbagai risiko bisnis yang mungkin akan dihadapi karena kamu bisa tetap memastikan keberlanjutan serta pengembangan usahamu dengan merencanakan pengeluaran bisnis sebaik mungkin. Untuk membantumu, gunakan berbagai fitur akuntansi yang dimiliki oleh aplikasi majoo untuk memastikan setiap proyeksi bisnis dapat dijalankan sesuai dengan ekspektasi saat memulai bisnis.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.