Perlukah Memasang Iklan Digital di Tahun 2020?


Saat sebuah bisnis kecil baru mulai, fokus mereka seringkali ada pada cara mendapatkan pelanggan yang datang langsung. Mereka banyak mengandalkan iklan tradisional, seperti mencetak kupon, brosur, atau bahkan memasang signage di depan toko. Mereka yakin bahwa dengan menjual produk atau layanan yang bagus, pelanggan akan datang dengan sendirinya.

 

Meskipun cara ini mungkin masih efektif dalam beberapa kasus bisnis, tapi ada cara yang lebih baik dan lebih mudah untuk dicoba. Saat ini kita hidup di dunia yang sangat menarik, setidaknya yang berhubungan dengan dunia periklanan digital. Beberapa tahun yang lalu, pilihan untuk iklan digital hanya berkisar seputar iklan pay-per-click atau banner saja, tetapi sekarang kita punya semakin banyak pilihan untuk menjangkau pelanggan kita secara online.

Apakah Kamu Menunda Beriklan Secara Digital?

Mengapa kamu menunda untuk masuk ke dunia pemasaran dan periklanan digital? Pengusaha bisnis kecil yang berbeda akan memberikan jawaban dan alasan yang berbeda untuk pertanyaan ini.


Kadang bisnis kecil merasa bahwa mereka tidak punya waktu atau budget untuk bisa berkompetisi di dunia digital. Mereka merasa akan kewalahan jika terjun ke dunia digital bersamaan dengan menghadapi tantangan bisnis secara umum. Banyak yang memilih untuk jalan pelan-pelan dan tetap berpegangan pada iklan tradisional, dengan asumsi bisnis mereka akan berevolusi seiring dengan waktu.

 

Bisnis kecil juga mungkin berpikir bahwa strategi terbaik adalah menunggu pelanggan datang. Karena bisnisnya kecil, mungkin mereka juga berpikir bahwa mereka tidak butuh banyak pelanggan. Hal ini bukanlah pendekatan yang efektif. Tidak ada yang bisa menjamin bisnismu akan menarik pelanggan hanya karena bisnismu sudah berjalan.


Keuntungan Pemasaran Online

Potensial pelanggan yang kamu temukan di dunia digital akan jauh lebih besar daripada yang mungkin kamu sasar secara langsung offline. Dengan pemasaran digital, kamu akan bisa menjangkau audiens yang luas dengan cara yang lebih efektif secara biaya dan juga terukur dengan mudah.

 

Keuntungan pemasaran secara online lainnya antara lain:

  • Bisa berinteraksi dengan calon pelanggan potensial dan mempelajari apa yang sebenarnya mereka cari atau inginkan

  • Bisa menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan pasar global

  • Bisa menjangkau lebih banyak potensial pelanggan dengan budget yang lebih sedikit daripada pemasaran tradisional

  • Bisa langsung melihat keefektifan iklan yang kamu pasang 

Pelangganmu Sedang Online, Lho!

Jika selama ini kamu menghindari pemasaran digital, apakah karena kamu merasa tidak siap? Apa kamu merasa butuh waktu untuk membuat bisnismu stabil dulu baru memikirkan untuk terjun ke dunia digital?

 

Permasalahan dari pendekatan seperti itu adalah: pelanggan dan calon pelangganmu sudah online. Saat ini. Hari ini. Bahkan sangat mungkin mereka sudah mencari produk atau layanan dari bisnis sejenismu saat ini, tapi karena mereka tidak bisa menemukanmu, mereka akan memilih kompetitormu.

Kompetitormu Juga Sudah Online

Agar bisnismu bisa terus maju, kamu perlu memerhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitormu dan mempelajari gerak-gerik bisnis mereka. Anggap kompetitormu bukan hanya sebagai sosok yang ingin kamu kalahkan, tapi juga sebagai guru.

 

Saat kamu mengamati competitor, kamu akan bisa melihat apa yang berhasil mereka lakukan dan apa yang tidak berhasil. Seperti apa cara mereka beriklan di dunia digital? Apakah mereka juga aktif di media sosial? Apakah mereka menggunakan iklan dengan foto atau video yang menarik?

 

Bagaimana cara mereka berkomunikasi dan apa yang membuat mereka unik? Bagaimana cara mereka berinteraksi dengan pelanggan? Bisakah kamu melakukannya dengan lebih baik?

Permudah Pelanggan untuk Menemukanmu

Semakin jelas bahwa di dunia digital seperti sekarang ini, tempat pertama yang akan dituju calon pelanggan untuk mencari sesuatu adalah dunia maya. Apa pun produk atau layanan yang mereka cari, kemungkinan besar mereka akan memulai pencariannya dengan Google atau mesin pencari lain. Jika bisnismu tidak ada sama sekali di dunia maya, kamu tidak akan bisa ditemukan, dan karena itu kamu tidak akan bisa berkompetisi.

 

Jika bisnismu sudah ada di dunia digital tapi kompetitormu lebih mudah ditemukan, kamu mungkin juga akan sulit tampil menonjol. Di sinilah iklan digital bisa memainkan perannya. Dengan memasang iklan digital, kamu bisa meningkatkan peluang bisnismu untuk ditemukan.

Bagaimana Iklan Digital Bisa Membantu Bisnismu Maju?

Iklan digital akan meningkatkan awareness orang pada bisnismu; sesederhana itu. Iklan digital pada intinya adalah salah satu cara untuk mempromosikan bisnis secara online. Dengan bantuan iklan digital, bisnismu akan mampu menyodorkan penawaran ke hadapan calon pelanggan dan pelangganmu secara langsung.

 

Hal terbaik tentang iklan digital yaitu kamu bisa melihat hasilnya secara langsung. Dengan iklan tradisional, kadang kamu tidak bisa mengukur efektivitas sebuah iklan dalam hal analisa data secara mendalam. Dengan iklan digital, kamu bisa melacak penggunaan budget iklanmu, seberapa efektif, seberapa banyak pelanggan yang merespons, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, bisnis kecil justru akan dimudahkan dan tahu budget mereka lari ke mana, serta tahu bagaimana iklan tersebut memengaruhi jumlah pelanggan yang datang secara langsung ke toko.


Jika kamu sudah tak asing dengan iklan digital di tahun ini atau tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2020, kamu akan merasakan dinamika yang lebih baik lagi. Dan jika kamu belum mulai bersentuhan dengan iklan digital pada tahun ini, tahun 2020 adalah saat yang baik untuk memulainya. Sebab di tahun depan, dunia digital akan menjadi hal yang tak bisa kamu hindari lag

Related Article

post-thumbnail

Pentingnya Invoice yang Rapi bagi Bisnis B2B

Invoice tentu sangat membantu sekaligus mempermudah dalam pengelolaan barang dan jasa yang telah dibeli oleh pelanggan. Terutama lagi dalam perhitungan laba dalam sebuah perusahaan maupun bisnis.
post-thumbnail

Transaksi Cashless, Solusi Aman Pembayaran Tanpa Kontak Fisik

Transaksi cashless di masa pandemi bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko transmisi virus karena tidak ada kontak fisik yang dilakukan.
post-thumbnail

5 Alasan Mengapa Podcast Penting untuk Marketing

Harus diakui bahwa popularitas podcast terus meningkat belakangan ini. Sadarkah kamu media ini dapat menjadi bagian dari strategi marketing yang efektif?
post-thumbnail

Menyusun Program Loyalitas, Cara Mudah Menjaga Tingkat Retensi Pelanggan

Menjaga tingkat kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan suatu bisnis, tidak heran jika program loyalitas pun menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan untuk memastikan bisnis dapat terus maju dan berkembang.

Pakai majoo sekarang

Tinggalkan cara lama dan mulai #langkahmajoo mu

Coba Gratis Hubungi Sales
instagram Klik untuk follow majoo.indonesia Banyak inspirasi harian wirausaha dan games seru ×
Whatsapp