Table of Content

    Promo Katalog, Strategi Ciamik untuk Menggaet Pelanggan

    Sebagian besar konsumen senang melihat katalog

    Tahukah kamu sebagian besar konsumen senang membaca katalog? Apalagi jika katalog tersebut didesain menyerupai majalah. Sebagian besar orang menghabiskan cukup banyak waktu untuk membaca katalog, dan bila katalog berbentuk fisik, biasanya konsumen akan menyimpannya selama beberapa waktu. Wajar saja, bila katalog dianggap sebagai media pemasaran yang efektif.

    Dapatkan pelanggan dengan promo katalog

    Ternyata katalog benar-benar memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan konsumen. Ada sebuah survei yang menunjukkan bahwa 72% konsumen lebih tertarik pada suatu merek setelah melihat katalog. Sementara 84% konsumen membeli produk yang sebelumnya mereka lihat pada katalog.

    Melalui gambar dan cerita, katalog memberi konsumen pengalaman yang berbeda. Konsumen merasa dibawa dalam sebuah ‘perjalanan’, sehingga memiliki keterlibatan yang lebih dalam dengan merek atau produk tersebut.

    Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu memanfaatkan kondisi ini dengan baik. Agar konsumen semakin tertarik, kamu bisa memberikan promo katalog. Membuat satu katalog khusus yang berisi produk-produk yang sedang promo atau menyisipkan beberapa produk dengan harga khusus di dalam katalog.

    Promo katalog dapat diterapkan oleh berbagai bisnis, ritel dan restoran misalnya. Bahkan usaha yang menjual jasa seperti car wash atau salon pun bisa saja menerapkan strategi ini.

    Apalagi menjelang bulan ramadhan, waktu yang tepat sekali untuk merilis katalog dengan promo khusus. Kamu dapat memberikan promo ramadhan yang berlaku dalam waktu terbatas misalnya.

    Bagi bisnis yang menjual produk fashion dapat memberikan potongan harga khusus menjelang Idulfitri atau selama periode tertentu. Sementara bisnis kuliner, seperti restoran, dapat membuat promo ramadhan berupa paket-paket berbuka puasa yang dipasarkan melalui katalog.

    Katalog digital, solusi pemasaran di tengah pembatasan sosial

    Mungkin kamu berpikir, sulit sekali membagikan katalog di situasi pandemi seperti saat ini. Masyarakat diimbau untuk tidak keluar rumah, jadi sebagian besar tidak akan datang ke gerai dan kamu akan sulit untuk mendistribusikan katalog.

    Katalog digital dapat diakses oleh konsumen hanya melalui ponsel di genggaman

    Betul sekali, jika katalog yang dibuat berupa katalog cetak. Jangan lupa, kamu masih dapat membuat katalog digital yang dapat diakses konsumen melalui kanal media sosial milikmu.

    Strategi ini sudah diterapkan oleh beberapa merek ternama. Sebut saja hypermart, salah satu bisnis ritel yang cukup besar di Indonesia, tak hanya memberikan katalog cetak, melainkan menampilkan katalog digital melalui akun media sosialnya.

    Hal serupa juga dilakukan oleh Burger King. Restoran fast food ini bahkan sudah berhenti menggunakan katalog cetak dan hanya fokus pada katalog digital.

    Tentu saja kamu perlu membuat katalog digital yang menarik. Hal pertama yang perlu diperhatikan, gambar yang menarik. Gambar untuk katalog digital tentu tidak sama dengan gambar selfie. Kamu perlu mengambil gambar yang lebih menarik dan memikirkan desain katalog yang estetik. Sehingga menciptakan ketertarikan pada konsumen untuk membeli produk tersebut.

    Selain itu, agar pembatasan sosial tetap berjalan dengan baik dan orang tetap tinggal di rumah selama masa pandemi ini, kamu juga perlu menyiasati syarat promo katalog tersebut. Sebagai contoh, kamu membuat katalog digital dan dibagikan melalui akun media sosial. Kemudian, kamu menerapkan syarat bahwa promo tersebut berlaku untuk pembelian melalui website atau pemesanan melalui WhatsApp dengan menunjukan katalog tersebut. Produk yang dipesan akan diantar menggunakan jasa pengantaran.

    Dengan cara tersebut, kamu tetap memiliki peluang untuk menciptakan penjualan dan mempertahankan pelanggan, namun tetap mengedepankan kesehatan dan keselamatan semua pihak. 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Migrasi Bisnis Menjadi Usaha Online saat Ramadan? Why not?!
    Migrasi bisnis menjadi usaha online tergolong praktik baru yang mulai dilirik. Apa alasan untuk melakukannya, terlebih di bulan Ramadan seperti sekarang?
    Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Menarik untuk Dicoba!
    Ada banyak ide hampers lebaran yang unik dan menarik untuk dicoba guna meningkatkan pendapatan bisnis. Tertarik memanfaatkan salah satu ide berikut?
    Melirik Pasar Digital, Tren Bisnis bagi Pelaku UMKM
    Dengan situasi pandemi yang saat ini tengah dihadapi, menarget pasar digital menjadi salah satu tren bisnis baru yang sebaiknya tak dilewatkan oleh UMKM.
    Tren Bisnis yang Diprediksi Akan Mendominasi Pada 2022
    Perubahan dan tantangan global akan membentuk tren bisnis baru pada 2022. Jika kamu ingin usaha sukses, tentunya bisnis milikmu perlu beradaptasi.