Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Promo Valentine Sebagai Loyalty Program? Kenapa Tidak?

    Promo valentine bisa juga digunakan untuk memberikan reward kepada konsumen setia

    Salah satu hal yang wajar terjadi saat memasuki bulan Februari adalah hadirnya beragam promo valentine dari berbagai bidang usaha. Mulai dari bisnis pakaian, food and beverages, kerajinan tangan, dekorasi ruang, dan masih banyak lagi. 

    Sebagian besar para pemilik bisnis atau usaha tersebut menggunakan momen ini dengan menggelar promo valentine yang sangat meriah. Ada yang memberikan potongan harga untuk pembelian tertentu, free gift, free membership, dan lain-lain. Semuanya untuk satu tujuan, yaitu meraih pelanggan baru sebanyak-banyaknya demi meningkatnya angka penjualan. 

    Apakah cara ini berhasil? Sepertinya iya. Ada banyak bidang usaha yang memang mendulang kesuksesan dan keuntungan besar dengan memanfaatkan momen peringatan hari valentine ini dengan semaksimal mungkin. Namun, ada pula yang mungkin tidak terlalu mendapatkan banyak keuntungan, bahkan malah mengalami kerugian. 

    Padahal, jika kamu sebagai seorang pemilik bisnis, mau untuk sedikit mengubah cara pandang, bisa saja keuntungan sendiri yang akan mendatangi kamu tanpa perlu dikejar dengan usaha sangat keras. 

    Baca Juga: Menggelar Promo Diskon Tanpa Rugi di Momen Valentine

    Promo Valentine untuk Pelanggan Setia? 

    Salah satu cara dalam mengubah cara pandang ini adalah dengan memahami bahwa sebenarnya program spesial promo valentine bisa kamu manfaatkan untuk memberikan layanan terbaik bagi para konsumen atau pelanggan yang sudah setia pada produk yang kamu tawarkan selama ini. 

    Kamu pasti tahu bahwa pelanggan setia adalah salah satu kunci keberlangsungan sebuah bisnis. Pelanggan yang merasa puas dengan produk atau layanan yang ada pada bisnismu, secara otomatis akan melakukan repeat order. Mereka juga tidak akan ragu untuk memberikan testimoni dan membagikan pengalaman mereka saat bertransaksi dengan bisnismu kepada orang lain. Bukankah ini juga merupakan sebuah peluang untuk mendapatkan banyak konsumen baru?

    Jadi, tidak ada salahnya mengagendakan promo valentine kali ini dengan menggabungkannya bersama customer loyalty program. Dalam loyalty program, biasanya ada berbagai bentuk reward yang diberikan kepada para pelanggan setia sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih. Konsumen yang tadinya memang sudah puas dengan pelayanan yang kamu berikan, akan semakin merasa dihargai. Peluang untuk mereka membagikan pengalaman ini kepada orang lain pun semakin terbuka. 

    Kamu bisa mulai dengan menerapkan apa yang dinamakan Customer Relationship Management atau yang lebih dikenal dengan CRM. Layanan CRM dalam sebuah bisnis memungkinkan kamu untuk lebih mudah mengelola komunikasi dan interaksi dengan pelanggan. Seperti apa caranya? Simak sampai habis, ya!

    Layanan CRM bisa membawa pengaruh baik pada promo valentine yang kamu jalankan

    Apa Saja yang Perlu Disiapkan? 

    Promo valentine yang disandingkan dengan customer loyalty program memang memiliki kaitan erat dengan layanan CRM. CRM yang dikenal memiliki korelasi dengan customer experience, nantinya secara otomatis akan berpengaruh pada kepuasan pelanggan.

    Baca Juga: Customer Relationship Management, Rahasia Andalan Bisnis

    Tentukan Konsepnya!

    Hal pertama yang perlu kamu siapkan dalam hal ini adalah dengan menentukan konsep promo valentine yang sesuai dengan keinginan dan tujuan bisnismu. Ingat, promo kali ini tujuannya adalah untuk meraih konsumen baru dengan cara memberikan reward pada pelanggan setia yang akan dengan sukarela membagikan pengalaman mereka kepada orang lain. 

    Fokuskan pada berbagai ide yang bisa kamu jadikan sebagai bahan inspirasi pemberian reward tersebut. Catat semuanya, pikirkan juga kelebihan dan kelemahan masing-masing ide, lalu pilih yang menurut kamu paling sesuai. 

    Ide Bentuk Reward 

    Reward seperti apa yang bisa kamu berikan kepada para pelanggan setia sebenarnya bisa dengan mudah kamu ketahui. Caranya adalah dengan memanfaatkan sistem layanan CRM yang membuat kamu seakan menjadi sangat memahami seperti apa konsumen tersebut.

    Layanan CRM mencatat semua data konsumen dengan rapi dan terperinci, mulai dari tanggal transaksi dan jenis produk yang dibeli. Dari data tersebut, kamu bisa tahu apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh mereka. 

    Jika yang sering dibeli adalah produk diskon dengan harga miring, berikanlah reward berupa potongan harga yang sedikit lebih besar dari biasanya. Jika yang mereka butuhkan ternyata produk tertentu, kamu bisa memberikan promo valentine dalam bentuk buy 1 get 1 untuk produk tersebut. 

    Memaksimalkan Interaksi dengan Konsumen

    Promo yang baik, termasuk promo valentine, adalah yang dilakukan dengan banyak cara namun tidak terkesan berlebihan. Selain dengan memanfaatkan media cetak dan sosial dalam mempromosikan hal ini, kamu juga bisa melakukan komunikasi langsung dengan para konsumen setia. 

    Pada layanan CRM, kamu bisa melihat data konsumen bukan hanya dari transaksinya, namun juga nama lengkap, alamat, nomor telepon, sampai dengan alamat email mereka. 

    Gunakan bentuk komunikasi yang dipersonalisasi, dengan menyebutkan nama depan mereka, misalnya. Konsumen umumnya akan lebih merasa dihargai dengan cara seperti ini. Kamu bisa memberikan penawaran promo valentine secara langsung kepada mereka, tentunya juga dengan memberikan gambaran reward seperti apa yang bisa mereka dapatkan. Praktis, bukan?

    Fitur layanan CRM bisa kamu dapatkan bila berlangganan aplikasi majoo. Dengan biaya berlangganan yang murah, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan memanfaatkan fitur ini. Ke depannya, bukan hanya promo valentine di momen bulan Februari yang bisa kamu jadikan sebagai ajang customer loyalty program, dengan majoo kamu bisa menjadikan semua momen sebagai peluang emas untuk mendapatkan lebih banyak konsumen dan keuntungan. 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    4 Alasan Membagikan Data KTP Penting untuk Keamanan Akun majoo Kamu
    Majoo berkomitmen memberi pelayanan terbaik dan jaminan keamanan kepada setiap pengguna, dan memastikan kamu bisa mengelola bisnis dengan aman dan nyaman.
    5 Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia
    Indonesia berada di urutan nomor 4 negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Di daerah mana saja hadir biji kopi terbaik dari Indonesia?
    Toko Furniture Lokal, Jawaban Kebutuhan Interior Bisnis
    Kebutuhan interior untuk kantor, kafe, atau ruang bisnis lainnya kini sudah bisa dipenuhi dengan produk dari toko furniture lokal.
    Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z
    Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.