Proses Rekrutmen Karyawan Lebih Mudah dengan Aplikasi HR


 

Di tengah situasi bisnis saat ini, proses rekrutmen menjadi sangat kompetitif. Setiap perusahaan perlu berkompetisi dengan perusahaan lainnya untuk mendapatkan karyawan potensial.

 

Sementara itu, dalam proses seleksi bisnis mungkin perlu memilah dari ratusan bahkan ribuan lamaran yang masuk sampai bertemu dengan kandidat yang tepat. Tentu proses ini sangat menyita waktu dan menyulitkan.

 

Karena itu, tidak ada salahnya bisnis mempertimbangkan implementasi aplikasi HR supaya perekrutan staf baru lebih mudah. Jika kamu belum yakin, mari kita tilik terlebih dahulu kelebihan dari penggunaan sistem tersebut bagi bisnis.

 

1. Meningkatkan produktivitas

Dengan menggunakan metode rekrutmen konvensional, kemungkinan besar kamu hanya bisa bekerja di kantor serta perlu akses komputer dan berbagai dokumen. Lain halnya, bila kamu memanfaatkan sistem atau aplikasi HR.

 

Umumnya, aplikasi-aplikasi yang tersedia di luar sana sudah terhubung dengan cloud. Dengan begitu, kamu bisa bekerja dari mana saja sehingga lebih efektif dan produktif.

 

Misalnya, kamu akan melakukan wawancara pada pukul 08.00. Selama di perjalanan menuju kantor, kamu dapat membuka kembali data kandidat yang sudah tersimpan di sistem. Jadi, wawancara pun berjalan lebih efisien.  

 

2. Memperluas jangkauan network

Mengingat ketatnya kompetisi dalam menemukan kandidat terbaik bagi bisnis, jangkauan jejaring menjadi faktor krusial dalam proses rekrutmen. Kabar baiknya, kebanyakan aplikasi HR dengan fitur rekrutmen terhubung ke media sosial.

 

Dengan begitu, kamu dapat memantau kandidat-kandidat potensial serta memperluas jangkauan jejaring sosial.



3. Menghemat waktu

Ada banyak sekali tugas-tugas administratif yang terkait dengan rekrutmen. Mengisi aneka formulir ataupun dokumen-dokumen lainnya. Dengan pemanfaatan sistem HR digital, pekerjaan yang memakan waktu tersebut dapat dikurangi.

 

Penghematan waktu ini bukan hanya terjadi di awal saat pengisian dokumen, melainkan ketika dokumen dibutuhkan kembali suatu hari nanti. Bukan rahasia lagi, mencari dokumen fisik di antara tumpukan berbagai dokumen juga bukanlah perkara mudah.

 

Tidak jarang kita kehabisan waktu hanya karena berusaha menemukan formulir tertentu. Tersimpannya seluruh data dalam format digital di cloud, meniadakan kesulitan tersebut. Hasilnya data lebih aman, pencariannya pun tidak membutuhkan banyak waktu.

 

4. Komunikasi menjadi lebih efisien

Ketika merekrut calon karyawan, penting sekali untuk memberikan respons segera serta berkomunikasi secara efektif, baik dengan tim maupun kandidat potensial. Sayangnya, proses komunikasi ini juga kadang terkendala karena respons tersebar dalam email, chat, ataupun telepon.

 

Menariknya, hal tersebut tidak perlu terjadi lagi bila kamu memakai aplikasi HR. Biasanya, di aplikasi tersebut tersedia fitur untuk memberikan respons yang dapat diautomasi, misalnya melalui email.

 

Namun, kali ini respons  terdokumentasi di aplikasi sehingga lebih mudah melacak serta merespons kembali. Jadi, semua pihak yang berkepentingan selalu bisa melihat perkembangan dari proses rekrutmen yang sedang berjalan.

 

5. Menyederhanakan pengumpulan data kandidat

Keuntungan lainnya, kamu bisa menggunakan aplikasi HR untuk menerima lamaran pekerjaan dari berbagai sumber seperti situs resmi perusahaan. Selanjutnya, sistem tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan data kandidat.

 

Data-data tersebut bisa dianalisis lebih lanjut jika kamu ingin meningkatkan proses perekrutan. Lebih dari itu, kamu dapat mengumpulkan berbagai informasi lain, seperti respons kandidat, berapa banyak orang yang melihat iklan job vacancy  tersebut, jumlah total pelamar, dan lain sebagainya.

 

Intinya, sistem atau aplikasi HR yang tepat akan menyederhanakan alur pengumpulan data serta memberikan berbagai informasi yang bermanfaat terkait rekrutmen karyawan.

 

6.  Automasi proses rekrutmen

Seperti halnya respons, berbagai aspek manual lain yang terkait dengan rekrutmen juga dapat dihilangkan. Berbagai tugas dapat diautomasi sampai menentukan jadwal detail meliputi tanggal dan jam.

 

Pastinya, fitur automasi ini memungkinkan kamu mengontrol proses perekrutan karyawan dengan lebih baik. Di samping itu, kamu juga jadi punya kesempatan untuk fokus kepada aspek lain, misalnya menyiapkan wawancara mendalam dengan calon kandidat.

 

7. Memungkinkan kamu menemukan kandidat terbaik

Tampaknya, inilah salah satu keuntungan memanfaatkan aplikasi HR yang sayang sekali untuk dilewatkan. Kamu bisa menemukan kandidat yang tepat, tanpa menghabiskan banyak waktu dalam proses seleksi.

 

Umumnya, sistem HR menyediakan fitur advance yang dapat dimanfaatkan untuk mencari kandidat yang sesuai kebutuhan bisnis. Jadi, kamu bisa menyetel tools di aplikasi agar menunjukkan calon-calon kandidat yang memenuhi kriteria. Efisien sekali, bukan?

 

8. Tersedia selama 24 jam

Pekerjaan terkait rekrutmen dengan metode konvensional tentu hanya bisa kamu selesaikan selama jam kantor, kecuali kamu mau membawa pulang setumpuk berkas untuk dikerjakan di rumah.

 

Namun, rasanya hal tersebut bukan sebuah ide bijak. Selain ada risiko kompromi terkait company confidentiality, risiko-risiko lain seperti berkas hilang atau rusak juga sangat tinggi.

 

Untungnya, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang hal tersebut bila sudah menggunakan aplikasi HR. Karena berbasis cloud, sistem atau aplikasi dapat kamu akses kapan saja. Kamu bisa selalu merespons pertanyaan dari calon pelamar dengan cepat, bahkan saat terjebak macet di perjalanan.

 

Intinya, memanfaatkan aplikasi HR seperti yang terintegrasi dalam aplikasi wirausaha majoo akan membantu menyederhanakan segala proses terkait rekrutmen. Bahkan, kamu dapat melakukan efisiensi proses sampai sepuluh kali lipat!

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.