Table of Content

    Rahasia Pengusaha Sukses Yang Perlu Kamu Tahu


    Sebagian besar pengusaha bekerja keras, menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencapai titik suksesnya saat ini. Bagaimana caranya seseorang bisa menjadi pengusaha yang sukses sementara orang lain malah merugi? Penasaran bagaimana caranya kamu bisa mengikuti jejak mereka?

     

    Kamu bisa mempelajari pengalaman, kesalahan, dan cara pandang yang mereka miliki. Jika kamu belum merasakannya, menjadi pengusaha yang sukses mungkin terlihat misterius. Padahal sebenarnya tidak, lho. Berikut beberapa rahasia yang dimiliki pengusaha sukses yang bisa kamu pelajari.

     

    Berpikiran terbuka

    Pikiran para pengusaha yang sukses tidak dipenuhi oleh asumsi dan penilaian yang sudah terbentuk sebelumnya. Saat mereka menghadapi ide bisnis atau produk yang potensial, mereka punya kemampuan untuk menilainya dengan pikiran terbuka. Mereka punya kebebasan pikiran sekaligus keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru, meskipun orang lain merasa itu tidak akan berhasil.

    Tim Yang Andal

    Pengusaha yang sukses membangun tim yang kuat dan memaksimalkannya. Mereka menginginkan orang-orang yang cerdas dan pekerja keras, yang bisa diserahi tanggung jawab dan sanggup menyelesaikan masalah. Mereka juga menyukai orang-orang yang sesekali memberikan tantangan untuk mereka.

     

    Andalkan tim yang kamu miliki. Karena tidak ada satu orang yang ahli dalam segala hal. Semua orang memerlukan orang lain yang memiliki kemampuan yang melengkapi kemampuan mereka sendiri. Pengusaha biasanya adalah sosok yang optimis sehingga kadang sulit merasa bahwa mereka tidak mampu melakukan sesuatu.

     

    Carilah kelebihan dan kekurangan dirimu sendiri. Sesudah itu, carilah orang-orang yang mampu mengisi celah kekuranganmu sehingga tim yang kamu miliki akan semakin kuat. Sebagai manusia, kita mudah tertarik pada orang yang mirip seperti kita; triknya adalah temukan orang-orang yang berbeda denganmu tetapi menguasai bidang yang kamu tidak kuasai.

    Kemampuan Adaptasi

    Pengusaha yang sukses menyadari bahwa situasi dapat berubah kapan saja, dan mereka mau dan mampu membuat perubahan yang diperlukan saat hal itu terjadi. Sesudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menyusun rencana bisnis yang solid, mereka sangat siap untuk mengubahnya kapan saja jika ada data atau fakta baru yang mengharuskan mereka untuk melakukannya.

     

    Jika kamu ingin menjadi pengusaha yang sukses, kamu harus terus belajar dan beradaptasi saat situasi baru muncul. Tapi kamu juga harus terus persisten pada visi dan misi yang ingin kamu capai dalam bisnismu. Di sinilah kata hatimu memegang peranan penting, terutama saat kamu merasa mulai keluar dari jalur. Pengusaha yang sukses memiliki keseimbangan antara mendengarkan firasatnya dan tetap persisten mengejar kesuksesan.

    Eksekusi, Eksekusi, dan Eksekusi

    Harus kita akui, kita bukanlah orang paling cerdas di dunia ini. Kemungkinan besar, apa yang kita pikirkan ingin kita lakukan, terpikirkan oleh orang lain juga. Sukses bukan selalu berasal dari sebuah terobosan inovasi baru, tetapi kadang juga dari eksekusi yang sempurna.

     

    Sebagai pengusaha, kadang kita menghabiskan terlalu banyak waktu dengan perencanaan. Padahal pada akhirnya, selalu ada hal-hal yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita sudah rencanakan. Tak peduli seberapa banyak yang kamu habiskan untuk menyempurnakan rencana bisnismu, kamu masih tetap harus menyesuaikannya dengan realita di lapangan. Kamu akan belajar jauh lebih banyak hal dengan mengeksekusi daripada membuat hipotesis. Ingat: Tetaplah menjadi fleksibel dan beradaptasilah saat ada situasi baru muncul.

    Mengejar Kesempurnaan

    Kita semua tahu bahwa tidak ada sukses yang terjadi dalam satu malam. Di balik setiap kesuksesan, ada kerja keras dan keringat yang diperas selama bertahun-tahun. Pengusaha yang sukses selalu memberikan usaha 100% terhadap hal-hal yang mereka kerjakan. Saat kamu tahu bahwa kamu sudah berusaha sekeras-kerasnya, kamu tidak akan menyesali hasilnya kelak.

     

    Pengusaha yang sukses biasanya adalah sosok perfeksionis dalam hal menyajikan produk atau jasa yang mereka jual. Mereka rela mencurahkan seluruh waktu dan tenaga yang mereka punya untuk memastikan kesempurnaan produk atau layanannya. Tapi mereka juga tahu bahwa tidak mungkin memberikan perhatian yang mendetail pada setiap aspek bisnis yang mereka jalankan. Sebab itulah mereka mendelegasikan tugas, membuat manuver, dan melakukan segala hal yang perlu dilakukan semaksimal yang mereka bisa.

    Kemauan Belajar

    Pengusaha yang sukses, belajar dari kesuksesan dan kegagalannya. Mereka bisa sengan jujur mengenali pola bisnis yang berhasil dan menganalisa dengan baik jika terjadi kegagalan dalam bisnisnya.

     

    Orang-orang seperti ini memiliki semangat untuk menyerap pelajaran apa pun yang ada dari peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Bahkan jika ia gagal sekali pun, alih-alih sekadar kecewa, ia justru akan berusaha menemukan kesalahannya agar kelak jika ingin membangun bisnis lagi, kesalahan itu tidak akan diulanginya lagi.

    Nikmati Perjalanan

    Banyak nasihat yang mengajarimu untuk fokus pada target yang ingin kamu capai. Tapi orang-orang yang sukses, justru fokus pada perjalanannya dan merayakan kesuksesan-kesuksesan kecil yang hadir di sepanjang jalan.

     

    Apakah kamu mau menghabiskan seluruh hidupmu hanya untuk mengejar tujuan jika kamu tidak menikmati prosesnya? Apakah tidak akan lebih menyenangkan buatmu dan orang-orang yang ada di dalam timmu untuk menikmati hidup di sepanjang perjalanan, bahkan jika target dan tujuanmu tidak tercapai?


    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?