Resolusi Bisnis Tahun Baru Mengoptimalkan Teknologi Digital

Tahun 2021 sudah di depan mata, bagaimana perkembangan bisnismu sepanjang tahun 2020 ini? Banyak yang merasa bahwa tahun ini penuh tantangan bagi jalannya bisnis dikarenakan pandemi yang melanda. 


Resolusi bisnis diperlukan untuk menyambut tahun yang baru, bukan hanya karena banyaknya aspek perubahan yang mesti diadaptasi oleh para pebisnis, tetapi juga untuk memantapkan kembali konsep bisnis yang kamu jalankan.  

 

Salah satu resolusi bisnis yang bisa dicoba yaitu dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan teknologi digital. Kamu bisa mengelola bisnismu dengan lebih mudah dan efisien dengan menggunakan berbagai platform digital yang ada. 


Berikut beberapa contoh resolusi yang bisa kamu terapkan pada bisnismu. 

 

Membuat dan menjalankan website

Pembuatan website sama dengan membangun rumah digital bagi bisnis kamu. Harus diperhatikan betul konsep dan tema website-nya, jenis dan ukuran huruf yang digunakan supaya nyaman dibaca, gambar dan video yang menarik, serta kemudahan akses ke website tersebut.


Semuanya ini ditujukan agar para calon pelanggan akan betah berlama-lama singgah di rumah digital kamu. Agar lebih mudah biasanya beberapa perusahaan akan secara khusus mempekerjakan admin untuk mengurusi website, tapi bila kamu merasa mampu melakukannya sendiri pastinya akan jauh lebih efisien.


Rumah yang nyaman akan membuat orang yang singgah menjadi betah. Bila mereka betah, mereka akan merekomendasikan kepada rekannya dengan sukarela. Begitu konsepnya. 


Miliki akun media sosial untuk berinteraksi

Pemilik bisnis tidak boleh gagap teknologi. Konsep yang satu ini mau tidak mau memang layaknya diakui oleh pebisnis. Banyak sekali platform media sosial di internet yang bisa digunakan sebagai sarana pemasaran produk bisnismu. Sebut saja Facebook, Instagram, atau beberapa marketplace yang memang banyak sekali penggunanya.


Akun media sosial dan marketplace bisnismu bisa menjadi perpanjangan tangan dari website yang sudah kamu buat. Pangsa pasar yang bisa dijangkau akan menjadi lebih luas. 


Membuat dan menyebarkan konten yang menarik

Konten yang menarik berhubungan dengan produk bisnismu bisa ditampilkan secara berkala di website dan akun media sosial. Konten bisa berupa gambar, video, testimoni produk, kolaborasi dengan perusahaan lain atau influencer, dan sebagainya. 


Membuat konten tidak boleh sembarangan. Konten selayaknya tidak melenceng dari produk yang kamu tawarkan, tidak menyinggung SARA yang bisa menyebabkan keributan, dan yang paling penting konten tersebut menarik untuk dilihat atau dibaca oleh para pengguna teknologi digital. 


Bila kamu merasa kurang mampu membuat konten yang eye-catching, tidak perlu bingung. Sekarang banyak jasa para content writer yang bisa kamu mintai pertolongan. Tarifnya juga beragam, tergantung konten seperti apa yang ingin kamu buat. Yang terpenting adalah informasi produk bisa tersampaikan dan diterima dengan baik oleh calon pelanggan. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.