Bagaimana Menangkan Persaingan dengan Riset Kompetitor?!

Ditulis oleh Ajar Pamungkas

article thumbnail

Temukan nilai tambah bisnis dengan menjalankan riset kompetitor.

Sudah pernah melakukan riset kompetitor? Bagi pelaku usaha yang memang pernah melakukannya, tentu tak akan sulit untuk memahami mengapa riset semacam ini penting dalam menjalankan bisnis, bahkan untuk bisnis dengan skala yang tidak terlalu besar sekalipun.

Namun, bagi mereka yang mungkin memang belum pernah sama sekali melakukannya, eits, mungkin ini waktu yang tepat untuk mulai menerapkan elemen riset dalam menjalankan operasional bisnis. Siapa tahu, kan, dengan melakukan riset-riset semacam ini, keuntungan yang didapatkan dari bisnis pun bisa lebih besar?

Tertarik untuk mencoba? Yuk, coba kita ulas bersama-sama alasan mengapa mengamati dan meneliti pola kerja kompetitor bisa bantu kita memenangkan persaingan bisnis! 

Bagian dari Upaya Pengembangan Bisnis

Mungkin tak sedikit di antara pelaku usaha yang berpikir bahwa riset yang berfokus pada kinerja kompetitor hanya perwujudan bentuk kepo semata. Padahal, sebenarnya tidak, lho! Pasalnya, riset semacam ini, termasuk riset produk dan juga riset pemasaran, sebenarnya merupakan bagian dari upaya pengembangan bisnis.

Eh, tunggu dulu! Maksudnya bagaimana, tuh?! Sederhana saja, sama seperti riset produk dan riset pasar yang digunakan untuk memastikan bahwa produk maupun jasa yang kita tawarkan akan laku di pasaran, riset pesaing juga membantu kita untuk memastikan bisnis kita mendapatkan tempat di hati pelanggan, terlebih jika bisnis tersebut bergerak di bidang yang banyak pesaingnya.

Oleh karena itu, riset ini kerap dilakukan sebagai bagian dari pengembangan bisnis. Tujuannya jelas untuk memastikan pengembangan tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar. Jika bisnis dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pasar, tentu pelanggan pun tertarik untuk melakukan pembelian, kan?

Bantu Maksimalkan Potensi Peluang Usaha

Harus diakui, di zaman yang sudah serba maju seperti sekarang, ada banyak sekali gagasan menarik yang layak untuk dijadikan komoditas bisnis. Namun, seiring dengan tumbuhnya gagasan-gagasan tersebut, persaingan pun terus memanas. Untuk sebuah gagasan yang sama, misalnya saja, bisa jadi ada tiga atau empat pelaku usaha yang sama-sama bermain di dalamnya.

Bagi pelanggan, tentu ini merupakan situasi yang menyenangkan. Bagaimana, tidak, dengan banyaknya pelaku usaha yang berlomba-lomba memasarkan produk atau jasanya, ada banyak pula pilihan yang bisa mereka coba untuk memenuhi kebutuhan hariannya, kan?

Namun, bagi pelaku usaha, menggarap sebuah peluang usaha yang juga banyak dilakoni oleh pelaku usaha lain jelas akan membuat performa bisnis sedikit terganggu. Semakin banyak pelaku usaha yang bergerak di bidang bisnis yang sama, semakin kecil pula kemungkinan pelanggan untuk melirik bisnis yang coba kita jalani.

Nah, di sinilah pentingnya mengamati performa bisnis para pesaing dan mencoba mengenali cara mereka dalam mengambil hati pelanggan. Dengan melakukan riset ini, peluang yang tadinya terasa sulit untuk digarap pun dapat dimaksimalkan dengan sebaik mungkin.

 Maksimalkan peluang dengan hadirkan nilai tambah dari hasil riset kompetitor.

Lakukan Riset untuk Memberikan Nilai Tambah bagi Bisnis

Tak hanya sekadar mengamati dan mengenali bagaimana pesaing menjalankan operasional bisnisnya, riset yang ditujukan kepada kompetitor ini dapat membantu kita memberikan nilai tambah bagi bisnis yang tengah dijalankan.

Dalam riset ini, kita perlu mencari tahu kebutuhan apa yang coba dipenuhi oleh kompetitor dengan produk atau jasanya. Kemudian, kita perlu melihat juga keberhasilan produk maupun jasa tersebut dalam memenuhi kebutuhan yang dimaksud; apakah pelanggan puas dengan produk serta jasa yang ditawarkan kompetitor?

Dengan mengetahui ini, kita akan mudah untuk menentukan kemampuan atau kapabilitas apa yang perlu kita hadirkan sebagai nilai tambah yang dapat membuat pelanggan tertarik untuk memilih bisnis kita alih-alih bisnis yang dijalankan oleh kompetitor.

Jangan lupa bahwa nilai tambah bisnis ini merupakan peluang usaha tersendiri yang dapat kita maksimalkan. Ketika kompetitor memutuskan untuk menggunakan kemasan plastik untuk produknya, misalnya saja, kita bisa mencoba mengemas produk kita dengan paper bag atau bahan ramah lingkungan lain untuk menjangkau pasar yang kesadarannya akan lingkungan sudah tinggi.

Jika dilakukan dengan baik, jelas nilai tambah ini akan lebih menarik bagi pelanggan, kan?

Jangan Ragu untuk Meniru dan Melakukan Modifikasi

Tak perlu takut untuk bersaing di kolam bisnis yang kecil, selama kita bisa menghadirkan nilai tambah yang menarik bagi pelanggan, sebenarnya cukup mudah untuk memenangkan persaingan.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan riset kompetitor untuk memaksimalkan peluang usaha. Jangan ragu untuk meniru praktik terbaik yang dilakukan oleh kompetitor dalam menggaet pelanggan, tetapi jangan lupa pula untuk melakukan modifikasi yang akan menyempurnakannya.

Saat ingin meniru jenis layanan yang diberikan oleh kompetitor untuk menarik perhatian pelanggan, misalnya saja, kita bisa bereksperimen menggunakan bahan baku alternatif yang mungkin harganya lebih terjangkau. Dengan demikian, kita pun bisa menjual produk yang sedikit serupa, tetapi dengan harga jual lebih rendah yang jelas akan membuat pelanggan mudah berpindah hati.

Maksimalkan hasil riset dengan baik agar kita tak serta-merta sekadar meniru saja, karena jika kita hanya meniru, tetapi tidak menghadirkan nilai tambah tertentu, persaingan pun akan tetap ketat dan sulit bagi kita untuk menarik perhatian pelanggan.

Coba gunakan aplikasi majoo dengan beragam fitur dan layanannya yang bisa dioptimalkan sebagai nilai tambah baru bagi bisnis. Yuk, tunggu apa lagi? Gunakan aplikasi majoo sekarang juga!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo