Sistem Pembayaran dengan Kode QR, Inilah Keuntungannya!


 

Saat ini, kita semua cukup familier dengan kotak hitam putih yang sangat ikonik, dikenal dengan sebutan kode QR. Bertambahnya jumlah pengguna smartphone serta peningkatan kecepatan internet telah membuat QR codes diadopsi secara masif.

 

Wajar saja bila kita melihatnya di banyak tempat, mulai dari pusat perbelanjaan, bioskop, bahkan pada konten iklan. Lembaga survei menyatakan, terdapat peningkatan pemakaian QR codes hingga 3 juta kali pemindaian pada 2020 dibandingkan jumlah penggunaan QR codes pada 2018.

 

Sekilas tentang kode QR

Sebelum membahas lebih lanjut terkait keuntungan pembayaran dengan QR codes, ada baiknya kita membicarakan tentang apa itu QR codes terlebih dahulu.

 

Jadi, QR merupakan singkatan dari Quick Response yang tidak lain adalah kode dua dimensi. Kode ini memiliki pola yang terlihat sebagai persegi berwarna hitam di atas latar putih.

 

Sepintas menyerupai barcode, tetapi QR codes mampu menyimpan data yang lebih besar. Menariknya lagi, perangkat pencitraan seperti kamera smartphone bisa  dijadikan sebagai QR codes scanner.

 

Jadi, pengguna cukup membuka kamera yang tersedia di smartphone, lalu mengarahkannya ke QR codes. Begitu kode teridentifikasi, akan langsung muncul notifikasi yang hanya perlu direspons dengan mengklik, transaksi pun selesai.

 

Kamu bisa menggunakan QR codes statis ataupun dinamis. QR codes statis disediakan untuk memfasilitasi proses pembayaran yang cepat dan sederhana. Umumnya, kode tersebut berisi informasi tertentu yang tidak dapat diedit seperti nomor rekening akun bank.

 

Berbeda dengan jenis statis, QR codes dinamis dapat kamu edit. Kode ini dibekali dengan manajemen akses, password, analisis pemindaian, hingga adanya pengalihan berbasis perangkat.

 

Selain transaksi, melalui QR codes dinamis kamu bisa mengetahui data jumlah pengguna yang memindai kode tersebut, perangkat yang digunakan untuk memindainya, serta lokasi QR codes scanner.

 

Menurut para ahli, penggunaan QR codes tidak melejit seperti yang diharapkan pada awal kemunculannya. Meskipun begitu, di beberapa negara, sekarang QR codes menjadi metode yang sangat populer karena memungkinkan bisnis menerima pembayaran secara digital, tanpa memerlukan investasi perangkat khusus.



Keuntungan menggunakan kode QR

Bagi bisnis, kode QR hadir dengan menawarkan berbagai keuntungan. Secara umum, bisnis dapat menjangkau konsumen yang potensial secara optimal. Supaya lebih jelas, mari kita tilik ragam keuntungan tersebut.


Pengelolaan sederhana dan tidak butuh perangkat mahal

Sebagai pemilik usaha, kamu mungkin pernah berinvestasi untuk menerapkan berbagai sistem pembayaran. Kamu mungkin pernah mengeluarkan investasi perangkat keras yang relatif mahal, membayar biaya kontrak bulanan, ataupun menyimpan deposit minimum.

 

Dengan QR codes, pengaturan sistem pembayaran jauh lebih ekonomis dan cepat. Mungkin kamu hanya perlu mengunduh aplikasi, tanpa harus memasang perangkat keras yang relatif mahal ataupun harus membayar biaya administrasi bulanan.

 

Jika kamu sudah memiliki smartphone, kamu bisa segera menerima pembayaran. Pengelolaan transaksi pun lebih mudah bagi kamu yang memiliki banyak cabang.

 

Setiap cabang cukup mengunduh aplikasi atau mencetak QR codes, kemudian dapat menerima pembayaran. Namun, dana yang dibayarkan masuk ke dalam satu akun rekening yang telah kamu tentukan. Pengelolaan transaksi penjualan jadi makin mudah, bukan?  

 

Pembayaran instan serta praktis

Salah satu keuntungan utama yang ditawarkan QR codes adalah memungkinkan proses pembayaran instan. Bertransaksi dengan QR codes terhitung sangat cepat dibandingkan dengan metode pembayaran lain.

 

Bagaimana tidak, pengguna hanya perlu membuka aplikasi QR code scanner, mulai memindai kode tersebut, dan sekali klik untuk mengonfirmasi pembayaran. Dalam hitungan detik, transaksi pun selesai.

 

Lebih dari itu, QR codes juga menjadikan transaksi digital lebih praktis. Mengapa begitu?

 

Kamu tentu sudah mengetahui, kamu perlu menyediakan berbagai mesin EDC supaya bisa melayani transaksi dengan berbagai kartu debit atau kredit. Jika kamu hanya menyediakan mesin EDC tertentu, konsumen kadang keberatan bertransaksi  karena beban biaya administrasi.  

 

Hal tersebut tidak akan terjadi lagi bila kamu menggunakan QR codes. Satu QR codes bisa memfasilitasi pembayaran dari berbagai vendor sistem pembayaran, berbagai bank, aneka e-Wallet, hingga Visa atau Mastercard.

 

Keamanan tinggi

Setiap sistem pembayaran memiliki aturan dan kebijakan masing-masing. Kadang, tidak mudah untuk memastikan keamanan dari metode pembayaran yang dipilih.

 

Nah, transaksi dengan QR codes sepenuhnya berbeda. Bukan hanya karena memakai sistem terpusat, melainkan juga menawarkan level keamanan yang lebih baik.

 

Pasalnya, kode tersebut benar-benar digunakan hanya sebagai sarana untuk pertukaran informasi. Selain itu, seluruh data yang dikirim melalui QR codes sudah dienkripsi sehingga proses transaksi makin aman.

 

Di samping itu, di tengah situasi pandemi yang mengharuskan kita semua jaga jarak, QR codes memenuhi kebutuhan tersebut. Gerai cukup mencetak QR codes dan meletakkannya di posisi tertentu, lalu konsumen dan memindainya dari jarak tertentu. Tidak ada interaksi fisik antara konsumen dan staf gerai sehingga kedua pihak lebih aman.


Apakah bisnis milikmu sudah menggunakan QR codes? Pastikan kamu  menerapkannya dalam bisnis agar dapat bersaing dan beradaptasi dengan ekosistem bisnis yang serba cepat saat ini.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Kenali Strategi Digital Marketing yang Bisa Diterapkan UMKM

Digital Marketing merupakan strategi pemasaran yang efektif. Dengan modal yang tidak terlalu besar, UMKM dapat menerapkannya untuk mempromosikan produk.

Fleksibel Saat Krisis, Ini Langkah dalam Manajemen Inventori

Di tengah situasi krisis seperti saat ini, manajemen inventori perlu menjadi prioritas para pemilik bisnis.

Aplikasi POS, Investasi UKM untuk Mengembangkan Bisnis

Aplikasi Point of Sales dapat dimanfaatkan sebagai investasi UKM terbaik untuk mengembangkan bisnis.

New Normal Harus Dihadapi Dengan Pola Pikir Baru

Situasi new normal tidak dapat dihadapi dengan cara-cara atau pola pikir lama, dibutuhkan penyesuaian agar berhasil keluar dari masa sulit ini.
Whatsapp