Solusi Tepat untuk Mempermudah Tugas Kasir Restoran

Sebagai pemilik usaha, kamu dituntut untuk memperhatikan setiap aspek dalam usahamu, mulai dari persediaan bahan baku, sampai ke layanan pasca penjualan. Kamu tidak hanya harus memastikan kualitasnya, tetapi juga memastikan efisiensi dan efektivitasnya.

Dalam bisnis restoran, salah satu aspek yang rumit adalah kasir. Dalam menjalankan tugasnya, kasir restoran harus memperhatikan banyak hal: meja mana yang membayar, membayar dengan metode pembayaran apa, apakah pesanannya sudah terantarkan semua, apakah membayarnya sendiri-sendiri atau dijadikan satu?

Belum lagi tanggung jawab lainnya: memastikan uang yang digunakan untuk membayar bukan uang palsu, menghitung kembalian, memastikan tidak ada orang lain yang punya akses ke laci penyimpanan uang, sesudah restoran tutup masih harus menotal penjualan dan membuat laporan, dan seterusnya.

Memang, kasir restoran di restoran konvensional masih melakukan semuanya secara manual, dan terbukti masih bisa dilakukan. Namun, dengan tuntutan perkembangan zaman dan perubahan perilaku pelanggan, yang semakin tidak sabar dan ingin segalanya serba instan, kamu harus mempertimbangkan untuk mempermudah kerja kasir di restoranmu. Bagaimana caranya?

Menggunakan Aplikasi Kasir

Salah satu cara terbaik, termudah, dan termurah untuk mempermudah kerja kasir di restoranmu adalah dengan menggunakan aplikasi untuk kasir. Dengan aplikasi kasir, kasirmu tidak lagi perlu mencari nota pesanan per meja setiap kali ada pelanggan yang membayar. Kasir dapat dengan mudah memilih nomor meja yang ada di layar tablet kasir, dan semua pesanan akan muncul di sana.

Kasir pun akan selalu dapat menginformasikan pelanggan, promo apa yang berlaku pada hari itu. Misalnya kalau pelanggan membayar dengan kartu kredit keluaran bank tertentu pada hari tertentu, pelanggan bisa mendapatkan diskon. Informasi ini tidak perlu dihapal oleh kasir, karena bisa muncul di dalam aplikasi untuk kasir.

Selain itu, kasir juga bisa dengan mudah memenuhi permintaan pelanggan yang ingin membayar secara terpisah. Semua pesanan satu nomor meja bisa dibuatkan bill secara terpisah. Ini akan sangat memudahkan kasir ketika pelanggan datang berkelompok, dan masing-masingnya ingin membayar sendiri.

Setelah restoran tutup, atau pada saat pergantian shift, kasir hanya perlu menekan beberapa tombol untuk merangkum laporan penjualan selama shiftnya, dan laporan itu akan terekam di dalam aplikasi. Kasir tidak perlu lagi membawa semua nota, merunutnya satu per satu dan menyalinnya secara manual. Selain menghindarkan kasir dari keharusan lembur, kamu pun akan diuntungkan karena proses pergantian shift dapat berjalan dengan cepat.

Kalau kamu menggunakan aplikasi untuk kasir yang sepaket dengan perangkat kerasnya, kamu pun akan mendapat jaminan keamanan ganda. Laci penyimpanan uang hanya akan terbuka kalau metode pembayaran yang dipilih adalah pembayaran secara tunai. Kasir tidak lagi perlu khawatir ada orang lain yang tidak berhak yang bisa mengakses laci penyimpanan uang, karena yang memiliki akses hanya kasir itu sendiri dan supervisornya.

Keuntungan Tambahan Penggunaan Aplikasi Kasir

Penggunaan aplikasi untuk kasir ini juga akan menguntungkan kamu sebagai pemilik restoran. Pertama, kamu dapat memantau transaksi secara realtime dari tempat lain. Kedua, kamu bisa langsung mengetahui volume penjualan harian, tanpa harus mendatangi restoranmu. Ketiga, aplikasi untuk kasir ini dapat terintegrasi dengan aplikasi persediaan bahan baku, yang secara otomatis akan mengurangi jumlah persediaan bahan baku berdasarkan menu yang dijual.

Dengan kecepatan dan ketepatan yang dijanjikan oleh aplikasi ini, kamu dapat lebih mengefisienkan kasirmu, dan mengoptimalkan kinerjanya. Dan tentu saja, membuat pelanggan restoranmu lebih puas lagi karena mereka tidak perlu menunggu terlalu lama hanya untuk membayar.

Mungkin kamu pun bertanya-tanya, apakah masuk akal menginvestasikan sejumlah rupiah untuk membeli aplikasi untuk kasir beserta perangkat kerasnya? Jumlahnya mungkin membuatmu berpikir apakah sebaiknya dialokasikan untuk hal lainnya. Perlukah menggunakan teknologi yang cukup mahal sementara cara konvensional yang lebih murah terbukti masih bisa dilakukan? Ini pertanyaan yang wajar, apalagi kalau kamu baru mau mulai membuka usaha restoran.

Dengan aplikasi untuk kasir yang terintegrasi ke dalam sistem seperti ini, kamu akan mendapatkan jauh lebih banyak keuntungan dari biaya yang harus kamu bayarkan. Kamu akan dengan mudah memangkas waktu, tenaga, dan biaya yang harus dikeluarkan kalau tidak menggunakan aplikasi ini. Belum lagi risiko seperti ketidakpuasan atau kegusaran pelanggan, karena kasir membutuhkan waktu lebih lama menemukan nota pesanan meja mereka.

Konsekuensi dan risiko di atas hanya sebagian dari yang mungkin terjadi, dan memang secara langsung tidak bisa dinilai dengan rupiah. Segusar-gusarnya pelanggan, mereka tetap akan membayar, kan? Permasalahannya, akankah mereka kembali? Akankah mereka merekomendasikan restoranmu ke kerabat dan teman-temannya? Bagaimana kalau mereka menulis review yang menjatuhkan restoranmu, hanya karena kejadian yang bisa kamu hindarkan dengan menggunakan aplikasi untuk kasir?

Meskipun terlihat seperti investasi yang besar di awal, aplikasi untuk kasir ini justru jauh lebih murah daripada menggunakan cara konvensional yang terlihat lebih murah. Penyebabnya, cara konvensional ini mengakibatkan biaya berulang, seperti penyediaan nota pesanan, buku kas, uang lembur, dan seterusnya. Belum lagi risiko yang tidak bisa dinilai dengan uang.

Tentunya, kamu harus mempertimbangkannya dengan masak. Kalau kamu tipe wirausahawan yang enggan mengeluarkan biaya meski ada risiko yang bisa dihindarkan, mungkin kamu ingin mencoba cara konvensional terlebih dahulu. Tetapi kalau kamu tipe wirausahawan yang mengutamakan efisiensi dan kinerja optimal, aplikasi untuk kasir ini harus kamu miliki.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.