Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Menerapkan Omnichannel yang Sukses Bagi Bisnis Restoran

    Menerapkan Omnichannel yang Sukses Bagi Bisnis Restoran

    Strategi omnichannel restoran berbicara tentang layanan konsisten baik dine-in maupun take away.

    Omnichannel adalah konsep yang beberapa tahun lalu diterapkan hampir secara eksklusif untuk bisnis ritel. Namun, sekarang strategi ini menjadi model operasional yang sukses di berbagai industri, termasuk sektor F&B seperti bisnis restoran.

    Apa sebenarnya yang dimaksud dengan restoran omnichannel dan mengapa bisnismu perlu menerapkan strategi ini? Mari kita lihat keuntungan dan cara membangun strategi multi-saluran untuk bisnis kuliner milikmu pada pembahasan di bawah ini!

    Baca juga: 5 Taktik Jitu Memulai Bisnis Kuliner Online

    Peran Strategi Omnichannel untuk Bisnis Restoran

    Industri restoran sedang mengalami transformasi. Konsumen masa kini ingin memesan makanan dengan cepat, di mana pun mereka berada dan kapan saja mereka mau. 

    Karena itu, adanya pengalaman pelanggan yang mulus dan terhubung harus dimiliki oleh setiap restoran. Kebutuhan serta ekspektasi konsumen tersebut mendorong munculnya tren omnichannel atau kanal yang serba lengkap serta terintegrasi.

    Untuk restoran, menghadirkan kanal yang lengkap berarti menyediakan berbagai cara bagi pelanggan untuk memesan, membayar, dan mendapatkan makanan yang mereka inginkan.

    Perlu diingat, konsumen restoran mengharapkan pengalaman yang konsisten di berbagai saluran, baik pelanggan memesan secara langsung, melalui telepon, maupun melalui layanan pemesanan makanan online.

    Sehubungan dengan pemenuhan ekspektasi tersebut, kamu perlu memiliki strategi yang solid untuk menghadirkan kenyamanan, personalisasi, kecepatan, dan konsistensi dalam customer experience.

    Jadi, mengapa bisnis restoran perlu menerapkan strategi omnichannel? Jawabannya mudah saja, yaitu untuk menjangkau pelanggan baru, membangun loyalitas pelanggan lama, dan menciptakan aliran pendapatan tambahan.

    Lebih dari itu, strategi ini juga membantu restoran milikmu lebih unggul dalam persaingan. Perlu diingat, adanya opsi-opsi pemesanan yang nyaman, baik online maupun offline, adalah hal yang secara spesifik dicari oleh pelanggan saat ini. Kamu tidak bisa membiarkan kebutuhan tersebut dipenuhi oleh pesaing.

     Kamu perlu mengenali platform yang digunakan konsumen jika ingin berhasil menerapkan strategi omnichannel di restoran.

    Membangun Operasional Omnichannel yang Sukses di Restoran

    Setidaknya, ada dua aspek penting yang perlu kamu perhatikan saat membangun operasional bisnis restoran dengan pendekatan omnichannel. Pertama, strategi pemasaran yang kamu terapkan harus tepat. 

    Selanjutnya, kamu juga perlu memperhatikan pemanfaatan teknologi yang optimal. Supaya lebih jelas, mari simak pembahasan berikut ini!

    Pendekatan Marketing yang Tepat

    Agar berhasil menjalankan strategi omnichannel dan mengoptimalkan pengalaman pelanggan, kamu perlu memahami semua kanal pemasaran yang terlibat. 

    Kamu perlu mengetahui platform yang digunakan pelanggan untuk memesan makanan serta waktu pemesanannya. Lalu, tanyakan pertanyaan penting ini: Bagaimana restoranmu bisa menguasai pemasaran untuk menjangkau audiens tersebut?

    Sebagai contoh, rata-rata pengunjung mempertimbangkan lebih dari empat restoran sebelum memutuskan tempat makan. Pastinya, konsumen tidak berjalan berkeliling di sekitar lokasi restoran ketika mempertimbangkannya.

    Maka dari itu, strategi pemasaran yang terintegrasi di berbagai kanal perlu kamu terapkan. Kamu dapat menggunakan media sosial untuk membangun hubungan dengan pelanggan, mengidentifikasi brand advocate, berbagi foto dan cerita, dan menginspirasi orang untuk mencoba restoranmu.

    Baca juga: Mengenal Advocacy Marketing, Strategi Pemasaran yang Efektif

    Sementara itu, email marketing merupakan cara efektif lain untuk menjangkau pelanggan, misalnya untuk menginformasikan promosi, memberikan penawaran yang dipersonalisasi, dan membagikan kabar terbaru terkait bisnismu. 

    Terlepas dari ragam strategi pemasaran yang kamu lakukan, marketing approach harus konsisten di semua saluran. Terakhir, pastikan semua pendekatan pemasaran tetap terhubung ke gerai offline

    Jadi, pelanggan bisa beralih antara platform online dan offline tanpa ragu karena percaya mereka akan memperoleh pelayanan terbaik di kanal mana pun. 

    Pemanfaatan Teknologi

    Bukan rahasia lagi, kamu perlu memanfaatkan teknologi jika ingin menghadirkan saluran pemasaran yang terintegrasi.

    Dengan memanfaatkan teknologi, konsumen bisa memesan meja secara online, memberikan feedback terkait pengalaman mereka, dan follow bisnismu di berbagai platform digital.

    Selain itu, teknologi memungkinkan pelanggan memesan makanan secara online di aplikasi pengiriman makanan pihak ketiga atau aplikasi milik restoranmu sendiri.

    Baca juga: Bagaimana Menetapkan Harga Menu pada Food Order Delivery?

    Pembayaran yang aman, menjelajahi menu secara online, serta kemudahan melacak pesanan merupakan beberapa nilai plus dalam operasional restoran yang tidak mungkin dilakukan tanpa pemanfaatan teknologi.

    Lebih dari itu, restoran harus dapat memproses semua jenis transaksi yang berbeda secara konsisten dan efisien. Jika kamu tidak bisa menangani pesanan dengan mulus di berbagai platform, kehadiran bisnismu di berbagai kanal hanya akan menjadi bumerang.

    Itulah alasan pentingnya mengintegrasikan sebanyak mungkin kanal ke dalam satu sistem point of sale (POS) restoran. Jadi, pilihlah aplikasi POS untuk bisnis restoran yang sudah dilengkapi dengan fitur omnichannel.

    Selain mempermudah pengelolaan berbagai kanal pemasaran, aplikasi POS yang lengkap juga memberikan fitur manajemen inventory, pelaporan keuangan, dan lain-lain yang pasti sangat bermanfaat bagi operasional bisnis. Yuk, temukan aplikasi POS yang bisa kamu andalkan sekarang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!