3 Elemen Penting Dalam Melayani Pelanggan Bagi Pebisnis

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Mengenali pelanggan sangat diperlukan untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan

Dalam menjalankan bisnis, mendapatkan pelanggan adalah hal yang bisa menjadi tantangan utama. Tapi apakah setelah berhasil mendapatkan pelanggan maka tantangan itu sudah berhenti? Tidak. Lebih tepatnya, tantangan baru muncul yaitu bagaimana cara mempertahankan pelanggan agar tetap loyal pada bisnis yang kamu jalankan.

 

Cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan pelanggan tetap setia pada bisnis kamu adalah dengan memenuhi kepuasan pelanggan. Dan untuk memenuhinya, ada tiga elemen penting yang bisa kita terapkan sebagai pelaku bisnis.

 

1. Mengenali Pelanggan

Yang dimaksud mengenali pelanggan di sini adalah mencoba mencari tahu lebih banyak tentang pelanggan tersebut. Perkenalan secara personal pun dibutuhkan, karena itu bisa menjadi sumber pengetahuan para pelaku bisnis tentang pelanggannya.

 

Dalam bisnis skala besar maupun kecil, mengenali pelanggan ini sangat dibutuhkan agar kamu tahu dan paham benar apa yang dibutuhkan oleh mereka. Informasi apa pun yang berasal dari pelanggan bisa membantu mengungkapkan preferensi pelanggan kamu dan metode terbaik untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan pada mereka.

 

 2. Melakukan Pendekatan

 

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dari poin ini. Salah satunya dengan membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Untuk selalu mengetahui apa yang pelanggan rasakan atas pelayanan bisnismu, maka bertanyalah. Jangan sungkan untuk menemui pelanggan, menyapa, dan menanyakan apa yang mereka rasa, apa keluhan mereka, atau mungkin saran dan masukan dari mereka.

 

Dengarkan pelanggan, secara otomatis ini akan mengikat rasa emosional antara kamu dan mereka. Pelanggan pasti menginginkan agar pelaku bisnis lebih memperhatikan mereka. Mereka butuh untuk dimengerti apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana produk atau jasa yang ditawarkan bisa memenuhi kebutuhan mereka.

 

Hal ini bertujuan untuk membentuk kedekatan dengan pelanggan dan membuat mereka merasa nyaman saat berinteraksi. Hasilnya adalah kepuasan pelanggan bisa tercapai.

 

 3. Menjaga Kepercayaan

 

Mampu menjaga kepercayaan dari para pelanggan adalah hal penting setelah mengenali dan aktif berinteraksi dengan mereka

Pandai mengenali apa saja kebutuhan pelanggan dan menjaga lancarnya interaksi dengan mereka akan percuma bila para pelaku bisnis tidak mampu menjaga kepercayaan yang sudah diberikan oleh pelanggan.

 

Salah satu hal yang bisa dilakukan dalam menjaga kepercayaan pelanggan adalah dengan menjaga kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan membeli dan memakai produk yang kamu tawarkan itu berarti pelanggan telah menaruh kepercayaan bahwa kebutuhan mereka bisa terpenuhi.

 

Sudah umum diketahui bahwa kebutuhan pelanggan selalu bertumbuh dan berubah tetapi mereka selalu menginginkan kualitas terbaik dari setiap produk. Pelanggan hanya ingin mendapatkan produk yang berkualitas baik, maka sebagai pelaku bisnis harusnya tetap berusaha untuk mempertahankan kualitas produk karena jika kualitas produk tidak berubah maka dapat dipastikan pelanggan yang puas dengan kualitas produk kamu akan kembali dan menjadi pelanggan setiamu.

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo