Mau Mudik Lebaran? Inilah Tips Pantau Usaha Kecil dari Jauh!

Penulis Nisa Destiana
03 April 2023

article thumbnail

Dengan strategi yang tepat, kamu bisa mengelola bisnis dari jauh.

Mudik atau pulang ke kampung halaman merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia sebelum Idulfitri tiba. Namun, tak jarang para pemilik bisnis tak bisa mudik karena ingin usahanya tetap buka dan kesulitan kelola usaha kecil dari jauh.

Apakah kamu juga mengalaminya? Kalau iya, kamu perlu membaca artikel ini sampai selesai. Di artikel ini, kami akan berbagi tips mengelola usaha dari jauh untuk pemilik usaha kecil.

Yuk, simak hal-hal basic yang perlu kamu lakukan supaya bisnis berjalan lancar dan tim dalam bisnismu tetap produktif!

Upayakan Komunikasi yang Konsisten

Saat berada di kantor atau gerai bisnis, kamu bisa segera menemui tim untuk menanyakan update tentang suatu persoalan atau proyek. Namun, update tersebut mungkin tak bisa kamu peroleh dengan mudah saat tim atau rekan bisnis tak dapat ditemui secara langsung.

Padahal, komunikasi yang konsisten sangat krusial dalam pengelolaan bisnis jarak jauh. Nah, komunikasi banyak dipengaruhi oleh rasa percaya. Jadi, sebelum menuntut tim mudah dihubungi, kamu perlu memastikan tim bisa menghubungimu dengan mudah.

Baca juga: Pentingnya Remote Work Bagi Pemilik Bisnis

Memang tak mudah hadir untuk pekerjaan selama mudik sebab sebagian besar waktu akan kamu gunakan untuk berkumpul dengan keluarga. Akan tetapi, kamu perlu membuat standar yang jelas terkait waktu kehadiran.

\Mudah dihubungi oleh tim tak hanya juga membangun rasa percaya tim bahwa kamu hadir saat mereka membutuhkanmu. Tentu saja hal ini tidak berlaku saat kamu mengambil cuti.

Terorganisasi: Optimalkan Cloud

Tak hanya urusan mudik, bila kamu ingin bisa memantau dan mengelola bisnis dari mana saja, paling tidak kamu perlu mulai memanfaatkan cloud. Tentu sulit sekali mengelola bisnis dari jarak jauh jika semua urusan bisnis dikerjakan secara manual.

Karena itu, kamu perlu merapikan berbagai dokumentasi bisnis di dokumen digital dan menyimpannya di penyimpanan cloud-based. Dengan begitu, kamu bisa mengakses dokumen dan bekerja sama dengan tim bisnis dari mana saja. 

 Bila kamu mau memantau dan mengelola bisnis dari mana saja, manfaatkan tools yang tepat.

Hindari Micromanagement

Saat kamu tidak berada di business site atau kantor, kamu mungkin tergoda untuk terjebak memantau secara detail setiap tugas yang dikerjakan oleh tim. Jika ide ini sedang kamu pikirkan, hapus sekarang juga dari kepalamu.

Terdapat studi yang menyebutkan bahwa 69% peserta survei mempertimbangkan berganti pekerjaan karena micromanagement, sedangkan 36% di antaranya benar-benar berganti pekerjaan karena hal itu.

Sebagai pemilik usaha, kekhawatiran bisnis tidak berjalan baik mungkin meningkat ketika kamu tidak bisa memantau bisnis secara langsung. Akan tetapi, micromanagement bukanlah solusi.

Selain membuat karyawan merasa tidak dipercaya, pengawasan terhadap setiap pilihan kecil yang dibuat oleh karyawan bisa menyebabkan mereka tidak bersemangat untuk berupaya lebih. 

Akhirnya, karyawan hanya akan bekerja sangat minimal setiap harinya karena merasa serba salah. Jadi, alih-alih ikut memutuskan sampai berbagai hal detail, pemilik bisnis sebaiknya melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Luangkan waktu untuk membahas berbagai strategi dengan karyawan dalam rangka membangun kepercayaan di tempat kerja.
  • Fokus pada peningkatan keterampilan karyawan.
  • Cobalah untuk menetapkan ekspektasi yang jelas sebelum memberikan tugas kepada karyawan.

Gunakan Alat Bantu yang Tepat

Pengelolaan bisnis memang jadi lebih sederhana bila dilakukan secara langsung. Komunikasi antara pemilik bisnis dan karyawan atau komunikasi antar karyawan lebih leluasa sehingga pemecahan masalah bisnis pun cenderung lebih mudah.

Sementara itu, pengelolaan bisnis jarak jauh relatif kurang kondusif bila dibandingkan dengan pengelolaan usaha secara langsung. Maka dari itu, kamu perlu mempertimbangkan solusi digital sebagai bagian dari manajemen bisnis.

Kabar baiknya, kamu tidak perlu bingung lagi sebab kini sudah ada aplikasi majoo yang dilengkapi fitur Aplikasi Owner.

majoo adalah aplikasi wirausaha lengkap untuk mengelola bisnis jadi lebih maju. Aplikasi ini hadir dengan berbagai fitur yang mempermudah pemilik bisnis dalam mengelola usahanya, seperti kasir online, inventori, CRM, dan lain-lain.

Salah satu fitur majoo tersebut ialah Aplikasi Owner. Dengan fitur ini, pemilik bisnis bisa memantau semua aktivitas bisnis, mulai dari penjualan, kas kasir, hingga absensi karyawan dari smartphone

Berhubung aplikasi ini cloud based, perubahan data bisa kamu lihat secara real time. Lebih dari itu, kamu juga bisa mengirimkan pengumuman atau pesan kepada karyawan di outlet dengan mudah.

Jadi, kamu tetap bisa memantau dan mengelola bisnis meskipun sedang mudik lebaran. Buat kamu yang berencana mudik dan mau bisnis tetap beroperasi, yuk pakai aplikasi majoo!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo