Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • 5 Tips Sukses Menjual Makanan Sahur Laris Manis di Pasaran

    5 Tips Sukses Menjual Makanan Sahur Laris Manis di Pasaran

    Usaha makanan sahur memiliki peluang untuk meraih keuntungan besar

    Selama ini, usaha musiman yang sering diekspos selama bulan Ramadan mungkin hanyalah makanan atau takjil berbuka puasa atau kue untuk lebaran, padahal ada juga usaha kuliner yang menyediakan makanan sahur.

    Dibutuhkan keberanian dan niat yang kuat untuk membuka usaha menjual berbagai jenis makanan sahur selama bulan Ramadan. Pola makan dari masyarakat yang mengalami pergeseran waktu tentunya menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha ini. Selain itu, persiapan atau food preparation yang dilakukan pun mayoritas ada di malam hari, tidak bisa dimungkiri bahwa tidak semua pebisnis mampu melakukannya.

    Bulan Ramadan merupakan momen seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Di bulan Ramadan, masyarakat sebagai konsumen cenderung menyukai dan memilih jenis makanan sahur yang praktis untuk dimakan. Bisa berupa paket berisi karbohidrat dan protein, atau makanan cepat saji seperti ayam goreng dan burger. Pebisnis sebaiknya memilih dengan seksama menu-menu favorit yang disukai konsumen untuk ditawarkan selama Ramadan. Sebab, makanan yang dijual biasanya tidak terlalu bervariasi. 

    Meskipun termasuk bisnis musiman, usaha makanan sahur bisa menghasilkan omset dalam jumlah besar. Apalagi bila usaha yang kamu buka berlokasi dekat dengan lingkungan perumahan maupun kos-kosan. Dengan berjualan makanan sahur artinya kamu memberikan kemudahan bagi konsumen. Mereka tidak perlu lagi harus memasak makanan di dini hari demi menyiapkan santap sahur.  

    Baca Juga: Strategi Jitu Bisnis Food and Beverages di Momen Ramadan

    Tips Sukses Usaha Makanan Sahur 

    Meskipun terkesan simpel dan memang tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, namun membuka usaha berjualan makanan sahur memerlukan tips sukses agar bisa mendatangkan keuntungan yang diinginkan.

    Beberapa tips sukses berikut ini bisa kamu coba terapkan saat menjalankan usaha penjualan makanan sahur.

    Punya Minat dan Paham Kuliner 

    Hal pertama yang harus kamu miliki bila ingin membuka bisnis makanan sahur tentu saja adalah minat dan pengetahuan soal kuliner. Kamu tidak harus pandai memasak, karena pada pelaksanaannya nanti bisa merekrut juru masak. Namun, kamu sebaiknya memahami soal kuliner termasuk racikan dan rasanya. Dengan begitu, kamu bisa mengembangkan menu-menunya karena bisa mencicipi masakan dari tempat lain dan paham rasanya.

     Kamu harus memahami dunia kuliner untuk memulai usaha makanan sahur

    Sediakan Berbagai Menu Pilihan Sehat

    Menu makanan sahur tentunya harus memenuhi gizi yang seimbang agar tubuh tetap kuat dan segar dalam menjalani ibadah puasa. Pilihan paling tepat dalam hal ini adalah karbohidrat, protein dan serat. Kamu bisa menawarkan jenis makanan berisi karbohidrat dan protein. Jangan lupa juga untuk menyertakan pilihan menu serat dari tumisan sederhana atau buah. Selain sehat, rasa dan kelezatan juga menjadi faktor utama. 

    Tentukan Harga Jual yang Tepat

    Bisnis makanan sahur memang mampu menghasilkan keuntungan yang berkali lipat. Lantaran itulah, kamu perlu mengatur dan menghitung harga jual dengan tepat. Sebaiknya sesuaikan harga jual dengan harga bahan baku juga harga saing. 

    Sistem Pembayaran yang Praktis

    Di masa sekarang, sudah banyak masyarakat sebagai konsumen yang menggunakan pilihan sistem pembayaran non tunai. Ada baiknya kamu juga menyediakan opsi ini dalam usaha yang kamu jalankan untuk mempermudah proses pembayaran konsumen. Semakin banyak pilihan sistem pembayaran, tentunya semakin baik. 

    Baca Juga: QR Code: Metode Cashless yang Layak Dikenal oleh Pebisnis

    Gunakan Kemasan yang Baik

    Selain faktor kelezatan dan harga, salah satu tips sukses untuk mendapatkan keuntungan dari berjualan makanan sahur adalah pengemasan atau packagingnya. Cara pengemasan bisa menjadi nilai tambah untuk bisnis makanan sahur yang kamu jalankan. 

    Kamu dapat menggunakan kotak makanan yang bisa digunakan kembali sebagai wadah, karena itu dapat membuat praktis dan juga lebih higienis. Selain itu, tatalah makanan di kotak katering dengan menarik supaya menjadi nilai tambah untuk para konsumen. 

    Baca Juga: Ini Keuntungan Menerapkan Sistem Order Online

    Sediakan Jasa Order Online dan Antar Makanan 

    Di dunia yang serba praktis sekarang ini, bukan hanya sistem pembayaran dan kemasan yang harus praktis, cara mendapatkan atau memesan makanan sahur pun sebisa mungkin dibuat praktis. 

    Sebaiknya kamu juga harus menyediakan jasa order online dan antar makanan. Kamu bisa mendaftarkan usahamu pada beberapa layanan pesan makanan online. Selain itu, kamu juga bisa membuat layanan order sendiri tanpa bantuan pihak lain. 

    Pilihlah jasa kurir yang terpercaya misalnya dari orang-orang terdekat atau mengandalkan jasa driver online. Bukan hanya jadwal pengiriman yang harus diperhatikan, tapi juga tarif pengiriman alias ongkos kirim harus diperhitungkan. Ongkos kirim dapat disesuaikan dengan jarak yang ditempuh. 

    Tips sukses berikutnya adalah kamu juga bisa berlangganan aplikasi POS seperti majoo yang memiliki fitur layanan aplikasi toko online. Aplikasi untuk berjualan online ini dilengkapi dengan toko online yang terintegrasi dengan website yang dilengkapi dengan berbagai pilihan pembayaran online dan kurir pengiriman, serta tampilan yang responsif terhadap layar handphone dan komputer. Pastikan kamu sudah berlangganan majoo, ya!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    5 Taktik Jitu Memulai Bisnis Kuliner Online
    Apakah kamu tertarik memulai bisnis kuliner online? Kami siapkan lima taktik jitu untuk kamu simak!
    4 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Dalam Bisnis UMKM
    Produktivitas‌ ‌adalah‌ ‌hal‌ ‌vital‌ ‌untuk‌ ‌bisnis‌ ‌besar‌ ‌maupun‌ ‌kecil,‌ ‌seperti‌ ‌ UMKM‌.‌ ‌Simak‌ ‌‌cara‌ ‌meningkatkan‌ ‌produktivitas‌ ‌karyawan‌ ‌agar‌ ‌keuntungan‌ ‌juga‌ ‌ meningkat.‌
    Tips n Trick Foto Produk yang Menggugah Selera Pelanggan
    Foto produk yang menarik tentu akan meningkatkan potensi pelanggan dalam melakukan pembelian. Apa saja tips n trick untuk menghasilkannya?
    Tips Bisnis yang Efektif untuk Membuka Cabang Bisnis Baru
    Saat ingin melakukan ekspansi bisnis dengan membuka cabang baru, mungkin kamu akan membutuhkan tips bisnis untuk membantumu menyusun strategi yang tepat agar operasional cabang berjalan lancar dan stabil.