Informasi Umum
Setelah melakukan aktivasi integrasi GoFood, selanjutnya Anda perlu melakukan pemetaan produk. Proses ini penting untuk memastikan database produk di akun GoFood merchant dan database produk di akun majoo Anda selaras. Hal ini karena kerap terjadi kasus di mana ada dua produk yang sebenarnya sama, namun memiliki penamaan berbeda. Contoh: Ayam Crispy di akun GoFood dan Ayam Krispi di akun majoo. Pada artikel ini, Anda akan menemukan semua panduan dan informasi terkait pengaturan produk GoFood melalui sistem majoo.
Melakukan Pemetaan Produk GoFood
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pemetaan produk GoFood melalui dashboard majoo:
1. Pastikan akun GoFood Anda sudah terintegrasi ke dashboard majoo, lalu login ke dashboard ajoo dan pilih opsi Toko Online > Food Order > GoFood
2. Setelah masuk halaman Integrasi GoFood, klik ikon menu (tiga titik) di outlet yang ingin ditambahkan produknya lalu pilih opsi Atur

3. Fokus ke bagian Produk Setting dan klik opsi Produk

4. Setelah masuk halaman Pengaturan Tambah Produk GoFood, klik Tambah Produk di sudut kanan atas layar

5. Begitu muncul jendela baru, klik Pilih Produk majoo untuk memilih produk majoo yang akan dipetakan ke GoFood

6. Pilih salah satu produk, lalu klik Pilih. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait daftar produk yang bisa dipilih:
- Sistem akan menampilkan daftar produk secara lengkap. Ini meliputi produk varian, produk dengan resep, produk paket, maupun produk/varian tanpa resep, namun memiliki ekstra dengan resep
- Produk-produk tersebut akan tetap tampil di daftar dan bisa dipilih, baik ketika opsi Auto Stock diaktifkan atau tidak
- Namun jika opsi Auto Stock diaktifkan, sistem akan menentukan jumlah stok produk dengan resep berdasarkan jumlah stok bahan baku dengan nilai terkecil. Misalnya: Ayam Goreng Madu memiliki resep yang terdiri dari Kecap Manis (stok 11 pcs) dan Madu (9 pcs), maka sistem akan otomatis mencatat stok Ayam Goreng Madu sebanyak 9 pcs (mengikuti jumlah stok bahan baku terendah)
- Stok produk, varian, maupun ekstra yang tidak mengaktifkan opsi Monitoring Persediaan akan dicatat 0 (nol) oleh sistem
- Stok produk ekstra tanpa resep juga akan dicatat 0 (nol) oleh sistem

7. Klik ikon di bagian Upload Gambar untuk menambahkan foto produk ke dalam platform GoFood. Pastikan Anda menggunakan foto dengan resolusi minimal 300x300px. Namun untuk hasil maksimal, gunakan foto dengan resolusi 600x600px. Selain itu, Anda juga tidak direkomendasikan untuk menggunakan foto yang mengandung watermark kompetitor (Contoh: GrabMart dan GrabFood) karena berpotensi membuat proses upload produk ditolak.

8. Fokus ke bagian Informasi Produk dan lakukan penyesuaian Nama Produk dan Urutan (urutan produk tampil di daftar produk GoFood) sesuai kebutuhan

9. Klik di tab Produk Ekstra untuk mulai melakukan pengaturan produk ekstra

10. Klik Tambah Ekstra

11. Klik Pilih Ekstra. Jika produk yang dipetakan memiliki pengaturan produk ekstra, opsi tersebut akan tampil di bagian ini

12. Lakukan pengaturan Urutan, Min Qty Pembelian, dan Max Qty Penjualan sesuai dengan kebutuhan

13. Selanjutnya Anda juga bisa mengatur Urutan dan Atur Harga (harga jual) untuk masing-masing produk ekstra. Sebagai tambahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait pengaturan produk ekstra:
- Sistem akan otomatis menampilkan stok untuk masing-masing produk ekstra
- Jika Anda mengaktifkan opsi Auto Stock dan memiliki produk ekstra dengan resep, sistem akan menampilkan stok produk sesuai dengan jumlah bahan baku terendah. Misalnya: Produk ekstra Daging Chili Oil memiliki resep yang terdiri dari Daging (stok 11 pcs) dan Chili Oil (9 pcs). Sistem akan menampilkan stok Daging Chili Oil sebanyak 9 pcs (mengikuti jumlah bahan baku terkecil)
- Stok produk, varian, maupun ekstra yang tidak mengaktifkan opsi Monitoring Persediaan akan dicatat 0 (nol) oleh sistem
- Stok produk ekstra tanpa resep juga akan dicatat 0 (nol) oleh sistem

14. Begitu selesai melakukan pengaturan produk ekstra, klik di tab Jam Operasional untuk melakukan pengaturan ketersediaan produk

15. Pada bagian ini Anda bisa menentukan kapan produk bisa dibeli pelanggan. Anda bisa mengaturnya secara spesifik pada jam maupun hari tertentu sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah, klik di tab Info Produk

16. Gulirkan layar hingga Anda melihat bagian Harga Produk, lalu lakukan pengaturan dengan memilih salah satu opsi yang tersedia:
- Markup harga: Lakukan pengaturan harga di sini jika Anda ingin harga jual produk di GoFood lebih tinggi daripada harga jual offline. Anda bisa menaikkan harga berdasarkan nominal maupun persentase.
- Markdown harga: Lakukan pengaturan harga di sini jika Anda ingin harga jual produk di GoFood lebih murah dibandingkan harga jual offline. Anda bisa menurunkan harga berdasarkan nomimal maupun persentase.
- Tentukan manual: Lakukan pengaturan harga di sini jika Anda ingin langsung menentukan harga jual produk di GrabFood. Anda bisa langsung meng-input harga produk di form yang tersedia

17. Aktifkan toggle Status Ketersediaan Menu jika Anda ingin produk tersebut tersedia untuk dipesan melalui GoFood

18. Tambahkan Deskripsi Produk sesuai kebutuhan

19. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu klik Simpan

20. Klik Sinkronisasi untuk memastikan produk yang baru saja ditambahkan tersimpan ke dalam database GoFood

21. Tambah produk GoFood selesai
22. Sebagai informasi tambahan Anda bisa klik Pelajari Selengkapnya pada banner di bagian atas layar.

23. Layar akan otomatis menampilkan hal-hal yang tidak direkomendasikan untuk dilakukan, berkaitan dengan integrasi GoFood. Beberapa di antaranya:
- Melakukan edit produk secara langsung di aplikasi GoFood karena berpotensi membuat pesanan tidak masuk ke aplikasi majoo
- Melakukan tambah produk secara langsung di aplikasi GoFood karena berpotensi membuat pesanan tidak masuk ke aplikasi majoo
- Mengubah jumlah stok secara langsung di aplikasi GoFood karena berpotensi membuat pesanan tidak masuk ke aplikasi majoo
Menambah atau Mengubah Produk GoFood
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menambah atau mengubah produk GoFood melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Toko Online - Food Order - GoFood

2. Setelah masuk halaman Pengaturan GoFood, klik ikon titik tiga di outlet yang ingin diatur produknya lalu pilih Atur

3. Fokus ke bagian Produk Setting dan klik Produk

4. Untuk menambah produk baru, klik Tambah Produk di sudut kanan atas layar
5. Setelah muncul jendela baru, klik Pilih Produk majoo dan pilih produk majoo yang sesuai
6. Lanjutkan dengan mengisi semua keterangan yang dibutuhkan, termasuk di antaranya informasi, harga, dan deskripsi produk. Selesaikan dengan klik Simpan
7. Ulang langkah 4-6 hingga semua produk baru berhasil dimasukkan
8. Untuk mengubah data produk yang sudah ada, klik nama produk terkait
9. Lakukan perubahan data sesuai kebutuhan, lalu klik Simpan