Pahami 3 Alur Transaksi Penjualan Ini, Bisnis Pasti Lancar!

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Alur transaksi penjualan bisa bervariasi tergantung dari jenis bisnis dan metode penjualan yang digunakan. 

Sebagai pemilik suatu bisnis, penting sekali kamu memahami alur transaksi penjualan. Ketika kamu melakukan penjualan, tidak semua konsumen yang membeli produkmu melakukan pembayaran secara tunai, tapi bisa dilakukan secara kredit. Itu semua tergantung dari jenis bisnis yang kamu jalani dan kebijakan yang kamu terapkan pada bisnismu.

Agar kamu lebih memahami alur transaksi penjualan ini, yuk, baca artikel ini sampai selesai, ya! 

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Penjualan yang Akurat untuk Bisnismu

Definisi Transaksi Penjualan

Transaksi penjualan adalah proses pertukaran barang atau jasa antara penjual dan pembeli. Di sini penjual menawarkan produk atau jasa kepada pembeli dan pembeli melakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati. Transaksi penjualan ini melibatkan produk atau jasa yang ditawarkan, harga yang harus dibayarkan, penawaran dan penerimaan, pembayaran, serta dokumen-dokumen yang mencatat transaksi tersebut. 

Apa Itu Alur Transaksi Penjualan?

Alur transaksi penjualan adalah rangkaian langkah atau proses yang dilakukan dalam menjual produk atau jasa kepada pelanggan. Proses ini mencakup berbagai tahapan, mulai dari pelanggan berminat untuk membeli, penyerahan produk atau penyediaan jasa kepada pelanggan, hingga penerimaan pembayaran. Alur transaksi penjualan dapat bervariasi tergantung pada jenis bisnis dan metode penjualan yang digunakan. Tujuan dari alur transaksi penjualan adalah untuk memastikan efisiensi, akurasi, dan kepuasan pelanggan dalam proses pembelian produk atau jasa.                  

Manfaat Memahami Alur Transaksi Penjualan

Memahami alur transaksi penjualan memiliki beberapa manfaat penting, antara lain: 

1.    Efisiensi Operasional

Memahami alur transaksi penjualan membantu meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Dengan memiliki pemahaman yang jelas tentang langkah-langkah yang harus diikuti, proses penjualan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan teratur. Tentu saja alur transaksi penjualan akan mengurangi risiko kesalahan atau kehilangan informasi yang dapat menghambat kelancaran proses penjualan. 

2.    Peningkatan Layanan Pelanggan

Memahami alur transaksi penjualan memungkinkan bisnis untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Dengan memiliki proses penjualan yang terstruktur, transparan, dan efisien, bisnis dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. 

3.    Akurasi Data

Memahami alur transaksi penjualan untuk akurasi data terkait dengan penjualan. Hal ini penting untuk keperluan akuntansi, pengelolaan inventaris, dan analisis penjualan. Data yang akurat juga memungkinkan bisnis untuk membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang tersedia. 

4.    Pengendalian Keuangan

Dengan memiliki prosedur yang jelas untuk penerimaan pembayaran, pencatatan penjualan, dan pengelolaan piutang, bisnis dapat mengoptimalkan arus kas, mengurangi risiko pembayaran yang tertunda, dan memantau kinerja keuangan secara efektif. 

5.    Pelaporan dan Analisis

Dengan data penjualan yang tercatat dengan baik, kamu bisa melihat performa penjualan bisnismu, untuk identifikasi tren pasar dan keuntungan, serta menentukan strategi pemasaran. 

6.    Kepatuhan Hukum

Dalam beberapa kasus, alur transaksi penjualan dapat melibatkan persyaratan hukum tertentu, misalnya penggunaan surat perjanjian atau kontrak. Dengan memahami alur transaksi penjualan, bisnis dapat memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku dan melindungi penjual dan pembeli dalam suatu transaksi. 

Baca Juga: Bukti Transaksi adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Tujuan

Jenis-Jenis Alur Transaksi Penjualan

Di dalam alur transaksi penjualan terdapat tiga jenis alur yang perlu kamu ketahui. Apa saja alur transaksi penjualan tersebut? Berikut ini jenis-jenisnya. 

Alur Transaksi Penjualan Kredit

Pada transaksi kredit, pembeli harus berkomitmen untuk melunasi pembayaran sampai menerima jasa atau produk yang diinginkan. Di sisi lain, kamu sebagai penjual berkomitmen untuk menyelesaikan layanan sesuai kesepakatan tanpa menambahkan biaya tambahan yang tidak disepakati.

Berikut adalah alur transaksi penjualan kredit yang perlu diikuti, yakni:

  • Identifikasi Pelanggan

Kenali pelanggan yang berminat untuk membeli produk atau menggunakan jasa dengan menggunakan sistem kredit. Pastikan mereka memenuhi syarat dan memiliki kelayakan untuk mendapatkan kredit.

  • Penawaran Produk atau Jasa

Sediakan informasi lengkap mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada pelanggan, termasuk harga, fitur, manfaat, dan persyaratan kredit yang berlaku.

  • Penilaian Kredit

Lakukan penilaian kredit terhadap pelanggan dengan memeriksa riwayat kredit, laporan keuangan, atau dokumen lain yang relevan. Evaluasi risiko kredit dan tentukan batasan kredit yang dapat diberikan kepada pelanggan.

  • Penawaran Kredit

Berikan penawaran kredit kepada pelanggan yang memenuhi syarat. Sampaikan detail mengenai persyaratan pembayaran, bunga, tenor kredit, atau biaya lain yang terkait dengan transaksi kredit.

  • Negosiasi dan Kesepakatan

Diskusikan persyaratan kredit dengan pelanggan dan negosiasikan jika diperlukan. Jika tercapai kesepakatan, buatlah surat perjanjian atau kontrak yang mencantumkan detail kesepakatan kredit.

  • Penyerahan Barang atau Jasa

Setelah kesepakatan kredit dibuat, lakukan penyerahan barang atau penyediaan jasa kepada pelanggan sesuai dengan kesepakatan. Pastikan produk atau jasa yang diserahkan sesuai dengan yang dijanjikan.

  • Tagihan dan Pembayaran

Kirimkan tagihan kepada pelanggan secara berkala sesuai dengan jadwal pembayaran yang telah disepakati. Berikan instruksi pembayaran dan informasi akun yang dapat digunakan untuk melunasi kredit.

  • Pemantauan Pembayaran

Pantau pembayaran yang masuk dari pelanggan dan catat secara akurat. Lakukan tindakan pengingat atau penagihan jika terdapat pembayaran yang tertunda atau gagal.

  • Pelaporan dan Analisis

Lakukan pelaporan terkait transaksi penjualan kredit, termasuk jumlah penjualan, saldo piutang, dan performa kredit. Analisis data ini untuk memantau arus kas, kinerja penjualan, dan risiko kredit yang terkait.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat menjalankan alur transaksi penjualan kredit dengan lebih terstruktur dan memastikan kelancaran dalam proses pembayaran dari pelanggan. 


Alur Transaksi Penjualan Tunai

Alur transaksi penjualan tunai ditandai dengan pembayaran yang dilakukan secara langsung oleh pelanggan, caranya dengan menggunakan uang cash. Transaksi ini seringkali tidak diperlukan pemeriksaan kredit, pembuatan faktur, atau penundaan dalam pemrosesan pembayaran yang umumnya terkait dengan bentuk transaksi lainnya.

Berikut adalah langkah-langkah dalam alur transaksi penjualan tunai yang perlu diikuti:

  • Persiapan

Pastikan memiliki sistem atau prosedur penjualan yang terorganisir, seperti menggunakan mesin kasir atau sistem pencatatan yang tepat. Jika tidak menggunakan mesin kasir, sediakan kuitansi atau formulir bukti penerimaan yang akan digunakan.

  • Identifikasi Barang

Ketika pelanggan memilih barang yang akan dibeli, pastikan untuk mengidentifikasi barang dengan jelas. Gunakan kode atau nomor referensi yang unik jika diperlukan.

  • Harga dan Total

Berikan informasi harga barang kepada pelanggan, termasuk diskon atau penawaran khusus jika ada. Jumlahkan total harga barang yang dibeli oleh pelanggan.

  • Pembayaran

Terima pembayaran tunai dari pelanggan. Pastikan untuk memberikan tanda bukti pembayaran yang jelas, seperti kuitansi atau struk penjualan yang mencantumkan rincian transaksi.

  • Penyerahan Barang

Setelah pembayaran diterima, serahkan barang yang dibeli kepada pelanggan. Pastikan barang yang diserahkan sesuai dengan pesanan dan dalam kondisi yang baik.

  • Rekapitulasi

Setelah selesai melakukan transaksi penjualan, catat rincian transaksi tersebut. Jumlahkan total penjualan harian dan catat di buku kas atau sistem pencatatan yang digunakan.

  • Pelaporan dan Pelacakan

Lakukan pelaporan transaksi penjualan secara teratur, baik itu harian, mingguan, atau bulanan. Hal ini akan membantu dalam mengawasi perkembangan penjualan dan melakukan analisis keuangan.

  • Penyimpanan dan Arsip

Simpan bukti-bukti transaksi penjualan, seperti kuitansi atau struk penjualan, dengan rapi. Buat sistem arsip yang teratur dan aman untuk memudahkan penelusuran jika diperlukan.

  • Analisis dan Evaluasi

Secara berkala, lakukan analisis terhadap data penjualan tunai yang terkumpul. Evaluasi kinerja penjualan, identifikasi tren penjualan, dan identifikasi peluang untuk perbaikan atau pengembangan bisnis. 

Baca Juga: Laporan Penjualan: Fungsi, Cara Membuat, dan Contoh

Alur Transaksi Penjualan Online

Alur transaksi penjualan online mengacu pada rangkaian tahapan yang terjadi saat sebuah bisnis menjual produk atau layanan melalui online platform. Transaksi ini melibatkan pelanggan yang melakukan pembelian melalui internet dan pembayaran dilakukan secara elektronik. Berikut adalah penjelasan alur transaksi penjualan online secara sederhana:

  • Pembuatan Toko Online

Buatlah toko online yang mudah diakses oleh pelanggan. Pilih platform e-commerce atau website yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

  • Penyediaan Informasi Produk

Sediakan informasi lengkap dan jelas mengenai produk yang dijual, termasuk deskripsi, spesifikasi, gambar, dan harga. Pastikan juga ketersediaan stok produk yang terkini.

  • Pemesanan Produk

Pelanggan dapat memilih produk yang ingin dibeli dan menempatkannya ke dalam keranjang belanja. Pastikan tersedia opsi untuk memilih jumlah, warna, atau varian lainnya jika relevan.

  • Checkout

Setelah memilih produk, pelanggan akan melanjutkan ke proses checkout. Mintalah mereka untuk mengisi informasi pengiriman seperti alamat lengkap, nomor kontak, dan metode pengiriman yang diinginkan.

  • Pembayaran

Berikan opsi pembayaran yang nyaman dan aman, seperti transfer bank, kartu kredit, atau dompet digital. Pastikan proses pembayaran mudah diikuti dan tersedia konfirmasi pembayaran.

  • Konfirmasi Pesanan

Setelah pembayaran berhasil, kirimkan email atau pesan konfirmasi kepada pelanggan mengenai detail pesanan, jumlah pembayaran, dan estimasi pengiriman.

  • Pengemasan dan Pengiriman

Siapkan produk yang dipesan, kemas dengan baik, dan lakukan pengiriman sesuai metode yang dipilih oleh pelanggan. Pastikan untuk mengikuti prosedur pengiriman yang aman dan memberikan nomor resi agar pelangganmu bisa tracking pesanannya.

  • Layanan Pelanggan

Kamu perlu merespon pertanyaan, mengatasi keluhan, atau memberikan bantuan lainnya melalui berbagai kanal komunikasi, misalnya email, online chat, atau media sosial.

  • Pelaporan dan Analisis

Lakukan pelaporan secara teratur mengenai transaksi penjualan online, meliputi jumlah penjualan, produk yang paling diminati, dan performa toko online. Analisis data tersebut untuk memahami tren penjualan dan membuat keputusan yang lebih baik untuk bisnismu, ya. 

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai alur transaksi penjualan. Alur transaksi penjualan yang efisien dan terstruktur sangat penting bagi keberhasilan sebuah bisnis. Proses penjualan yang baik melibatkan langkah-langkah seperti penerimaan pesanan, pengolahan pembayaran, pengiriman barang, dan pelacakan inventaris.

Dengan adanya alur transaksi penjualan yang baik, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, mengoptimalkan efisiensi operasional, dan meningkatkan pendapatan. Penting untuk memastikan bahwa alur transaksi penjualan diimplementasikan dengan baik dan dikelola secara efektif guna mencapai kesuksesan bisnis jangka panjang.

Jangan lupa selalu mencatat transaksi bisnismu menggunakan aplikasi wirausaha online berbasis cloud storage seperti aplikasi majoo, ya. Dengan menggunakan aplikasi majoo semua kegiatan operasional bisnis dapat dikelola secara efektif dan efisien melalui satu aplikasi karena di dalamnya terdapat banyak fitur yang bisa kamu gunakan.

Yuk, langsung saja berlangganan layanan aplikasi majoo!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo