Arisan Sebagai Alternatif Pengelolaan Keuangan

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Arisan adalah salah satu bentuk gathering atau pertemuan sosial yang umum di Indonesia


Arisan adalah salah satu bentuk gathering atau pertemuan sosial yang umum di Indonesia. Dalam arisan, para peserta berkumpul secara berkala dan menyisihkan sejumlah uang yang akan dikumpulkan. Kemudian, uang tersebut akan diberikan kepada salah satu anggota secara bergiliran.

Arisan telah ada sejak lama di masyarakat Indonesia. Tradisi ini dipercaya berasal dari budaya gotong royong yang kuat di Indonesia, yang mencerminkan keinginan untuk saling membantu dan bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

Cara Kerja Arisan

Mekanisme Dasar Arisan

Arisan bekerja dengan cara yang cukup sederhana. Para anggota akan menyisihkan sejumlah uang yang disepakati pada setiap pertemuan. Biasanya, pertemuan diadakan setiap bulan atau setiap beberapa minggu. Jumlah uang yang dikumpulkan akan diberikan kepada salah satu anggota secara bergiliran.

Pengundian Pemenang

Pemenang arisan biasanya ditentukan melalui proses pengundian. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk memenangkan arisan.

Tipe Arisan

Ada beberapa tipe arisan yang umum dijumpai, seperti arisan uang, arisan barang, dan arisan online. Masing-masing tipe arisan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.


Baca Juga: Cara Menabung yang Benar: Tips & Strategi

Keuntungan dan Risiko Arisan