Arti Buy 1 Get 1 dan Strategi Efektif Meningkatkan Penjualan

article thumbnail


Promosi Buy 1 Get 1 atau yang sering disebut BOGO, adalah strategi pemasaran yang melibatkan penawaran produk atau layanan gratis atau setengah harga saat konsumen membeli item dengan harga penuh. Meskipun tampaknya merugikan di permukaan, strategi ini dapat memberikan berbagai manfaat yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah.

Bagaimana Cara Kerja Buy 1 Get 1?

Strategi pemasaran Buy 1 Get 1 atau biasa disingkat sebagai BOGO, berjalan pada prinsip memberikan lebih kepada pelanggan untuk meningkatkan penjualan. Prinsip ini bisa berarti membeli dua produk dengan harga satu, atau mendapatkan diskon untuk pembelian kedua. Konsep ini berjalan pada gagasan memberi nilai lebih pada konsumen, dengan harapan akan mendorong mereka untuk membeli lebih banyak.


Misalkan, jika kamu memiliki toko pakaian dan memutuskan untuk menjalankan promosi BOGO. Kamu menetapkan bahwa jika pelanggan membeli satu kaos, mereka dapat mendapatkan kaos kedua secara gratis. Jadi, ketika pelanggan datang dan melihat penawaran ini, mereka merasa mendapatkan kesepakatan yang baik dan cenderung membeli lebih banyak daripada yang sebenarnya mereka butuhkan atau rencanakan.


Konsep ini tidak hanya berlaku untuk produk fisik. Banyak layanan atau bisnis digital juga menggunakan strategi ini. Misalnya, suatu perusahaan SaaS (Software as a Service) mungkin menawarkan dua bulan langganan dengan harga satu bulan, atau restoran mungkin menawarkan dua piring makanan untuk harga satu.


Strategi Buy 1 Get 1 efektif karena menawarkan insentif yang kuat bagi pelanggan untuk membeli lebih banyak produk atau layanan. Ini berarti lebih banyak penjualan untuk bisnis, dan pelanggan merasa puas karena mereka merasa mendapatkan lebih banyak nilai dari uang mereka.

Contoh Promosi Buy 1 Get 1

TOMS Shoes

Salah satu contoh paling terkenal dari promosi Buy 1 Get 1 mungkin adalah strategi yang diterapkan oleh perusahaan sepatu Amerika, TOMS Shoes. Mereka memiliki program "One for One" yang berarti setiap pembelian sepatu TOMS akan disertai dengan sumbangan sepatu baru kepada seorang anak yang membutuhkan di negara berkembang. Konsep ini telah membantu TOMS membangun brand image yang kuat dan membantu mereka menjual jutaan sepatu setiap tahun.

Starbucks

Contoh lainnya bisa ditemukan dalam industri makanan dan minuman. Perusahaan kopi ternama seperti Starbucks sering kali menawarkan promosi "Buy 1 Get 1 Free" pada produk tertentu selama jam-jam tertentu atau pada hari-hari khusus. Ini tidak hanya mendorong penjualan, tetapi juga membantu menarik pelanggan pada waktu-waktu di mana bisnis biasanya lambat.

E-Commerce

Selanjutnya, banyak bisnis online juga mengadopsi strategi ini. Misalnya, situs e-commerce seperti Lazada atau Shopee seringkali menawarkan promosi Buy 1 Get 1 pada berbagai produk selama periode sale atau flash sale. Ini membantu mereka meningkatkan penjualan, menghabiskan stok, dan menarik lebih banyak pelanggan.


Akhirnya, supermarket dan toko sering kali menawarkan promosi Buy 1 Get 1 pada produk-produk tertentu untuk mendorong pelanggan membeli lebih banyak. Misalnya, supermarket bisa menawarkan "Beli 1 susu, dapatkan 1 gratis", yang menghasilkan peningkatan penjualan susu secara signifikan.


Dalam semua contoh di atas, promosi Buy 1 Get 1 telah membantu bisnis menarik lebih banyak pelanggan, meningkatkan penjualan, dan pada akhirnya, menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Mengapa Buy 1 Get 1 Efektif?

Buy 1 Get 1 efektif dalam meningkatkan volume penjualan

Membangun Nilai yang Tinggi dalam Pikiran Konsumen

Strategi Buy 1 Get 1 sering kali membuat pelanggan merasa bahwa mereka mendapatkan nilai yang baik atas uang mereka. Konsumen mendapatkan lebih banyak barang atau layanan dengan harga yang sama, dan ini membangun persepsi positif tentang nilai produk. Jadi, meskipun kamu mungkin menjual lebih banyak barang dengan harga yang lebih rendah per unit, keseluruhan transaksi biasanya menghasilkan penjualan yang lebih tinggi.

Meningkatkan Volume Penjualan

Buy 1 Get 1 efektif dalam meningkatkan volume penjualan. Pelanggan yang awalnya mungkin hanya berencana membeli satu item mungkin akan tergoda untuk membeli lebih banyak untuk mendapatkan manfaat dari penawaran tersebut. Strategi ini memungkinkan bisnis untuk menjual lebih banyak unit dalam satu transaksi.

Membersihkan Inventaris

Strategi Buy 1 Get 1 bisa sangat membantu dalam membersihkan inventaris. Jika kamu memiliki produk yang tidak laku atau produk musiman yang perlu dijual cepat, strategi Buy 1 Get 1 bisa menjadi alat yang efektif untuk mendorong penjualan dan mengurangi persediaan.

Memperkuat Loyalitas Pelanggan

Promosi Buy 1 Get 1 dapat memperkuat loyalitas pelanggan. Saat pelanggan merasa bahwa mereka mendapatkan penawaran yang baik dan nilai tambah, mereka cenderung kembali dan membeli lagi di masa mendatang. Ini membantu bisnis membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan memperkuat reputasi positif mereka.

Meningkatkan Kesadaran Merek dan Jangkauan Pasar

Promosi semacam ini juga dapat meningkatkan kesadaran merek dan jangkauan pasar. Penawaran ini sering kali dibagikan secara berantai oleh konsumen, baik melalui mulut ke mulut atau melalui media sosial, yang membantu menyebarluaskan nama merek kamu ke audiens yang lebih luas.


Dengan demikian, efektivitas strategi Buy 1 Get 1 terletak pada kemampuannya untuk menarik pelanggan, meningkatkan volume penjualan, membersihkan inventaris, memperkuat loyalitas pelanggan, dan meningkatkan kesadaran merek dan jangkauan pasar.

Keuntungan Menggunakan Promosi Buy 1 Get 1 pada Bisnis

Menyediakan Diferensiasi Pasar

Promosi Buy 1 Get 1 dapat menjadi cara yang efektif untuk membedakan bisnismu dari kompetisi. Banyak bisnis menawarkan diskon harga langsung, tetapi dengan penawaran Buy 1 Get 1, kamu dapat membuat proposisi penawaran yang unik dan menarik yang membedakan bisnismu dari yang lain.

Memacu Pembelian Impulsif

Promosi Buy 1 Get 1 seringkali mendorong pembelian impulsif. Pelanggan yang mungkin tidak berencana untuk membeli suatu produk, mungkin tergoda untuk melakukannya ketika mereka melihat penawaran menarik ini. Ini berarti peningkatan penjualan dan keuntungan bagi bisnismu.

Meningkatkan Nilai Pembelian Rata-rata

Dengan menawarkan dua produk seharga satu, kamu juga mendorong peningkatan nilai pembelian rata-rata. Pelanggan yang mungkin hanya berencana untuk membeli satu item sekarang mungkin akan membeli dua, atau bahkan lebih, yang pada akhirnya meningkatkan nilai total penjualan.


Ingin mendapatkan wawasan mendalam tentang performa bisnismu? Gunakan aplikasi analisa bisnis dari Majoo! Dapatkan aplikasi yang efektif untuk menganalisis data bisnis, mengidentifikasi tren, dan mengambil keputusan strategis yang cerdas. Segera tingkatkan keunggulan kompetitif bisnismu dengan aplikasi analisa bisnis Majoo.

Mendapatkan Keuntungan dari Pemasaran Berantai

Ketika pelanggan mengetahui tentang penawaran Buy 1 Get 1, mereka seringkali berbagi informasi ini dengan teman dan keluarga mereka. Ini berarti bahwa kamu mendapatkan pemasaran gratis dan efektif dari pelanggan kamu sendiri.

Mengurangi Risiko Bagi Pelanggan

Dengan menawarkan item gratis sebagai bagian dari promosi Buy 1 Get 1, kamu membantu mengurangi risiko percobaan bagi pelanggan. Ini bisa sangat efektif jika kamu mencoba memasarkan produk baru yang mungkin pelanggan belum familiar.


Secara keseluruhan, manfaat dari promosi Buy 1 Get 1 mencakup diferensiasi pasar, pemacuan pembelian impulsif, peningkatan nilai pembelian rata-rata, pemasaran berantai, dan pengurangan risiko bagi pelanggan. Semua faktor ini berkontribusi untuk membantu bisnismu tumbuh dan berkembang.

Keuntungan Promosi Buy 1 Get 1 untuk Pelanggan

Mendapatkan Nilai Lebih untuk Uang

Promosi Buy 1 Get 1 memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan lebih banyak produk atau layanan untuk uang yang sama. Pelanggan mendapatkan dua produk atau layanan dengan harga satu, dan ini dapat menciptakan persepsi nilai yang baik dalam pikiran pelanggan.

Kesempatan untuk Mencoba Produk atau Layanan Baru

Promosi Buy 1 Get 1 dapat memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mencoba produk atau layanan baru tanpa risiko finansial yang signifikan. Misalnya, jika pelanggan ingin mencoba produk baru tetapi ragu-ragu tentang kualitasnya, penawaran Buy 1 Get 1 dapat memberikan insentif yang diperlukan untuk mencoba produk tersebut.

Memaksimalkan Pengeluaran

Promosi Buy 1 Get 1 memberi pelanggan kesempatan untuk memaksimalkan pengeluaran mereka. Daripada membeli satu produk dengan harga penuh, mereka bisa mendapatkan dua produk dengan harga yang sama, membuat uang mereka bekerja lebih keras untuk mereka.

Membuat Pengalaman Belanja yang Lebih Menyenangkan

Promosi Buy 1 Get 1 juga bisa membuat pengalaman belanja menjadi lebih menyenangkan dan memuaskan. Mendapatkan produk gratis atau setengah harga dapat membuat pelanggan merasa senang dan bersemangat, dan ini bisa membantu menciptakan hubungan positif antara pelanggan dan merek.

Membantu Menghemat Uang

Jelas, promosi Buy 1 Get 1 dapat membantu pelanggan menghemat uang. Dengan mendapatkan dua produk dengan harga satu, pelanggan dapat menghemat uang yang mungkin telah mereka habiskan untuk membeli produk kedua dengan harga penuh.


Secara keseluruhan, pelanggan dapat memperoleh banyak manfaat dari promosi Buy 1 Get 1, termasuk mendapatkan nilai lebih untuk uang mereka, kesempatan untuk mencoba produk atau layanan baru, memaksimalkan pengeluaran mereka, membuat pengalaman belanja yang lebih menyenangkan, dan membantu menghemat uang.

Tantangan Promosi Buy 1 Get 1 dalam Bisnismu

Mengatur Margin Keuntungan

Salah satu tantangan terbesar dari promosi Buy 1 Get 1 adalah mengatur margin keuntungan. Kamu harus memastikan bahwa meskipun kamu memberikan produk gratis, kamu masih bisa mempertahankan keuntungan. Ini mungkin memerlukan keseimbangan yang tepat antara harga dan biaya produksi.

Menghindari Pelanggan yang Hanya Cari Diskon

Strategi Buy 1 Get 1 bisa menjadi magnet bagi pelanggan yang hanya mencari diskon dan mungkin tidak akan kembali setelah promosi berakhir. Ini bisa menjadi tantangan untuk menjaga loyalitas pelanggan dan mengubah pelanggan diskon menjadi pelanggan tetap.

Menyimpan Stok yang Cukup

Promosi Buy 1 Get 1 bisa mempengaruhi persediaan produk kamu. Kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki stok yang cukup untuk memenuhi permintaan yang mungkin meningkat akibat promosi.

Mengukur Dampak

Mengukur dampak langsung dari promosi Buy 1 Get 1 bisa menjadi tantangan. Kamu perlu melacak penjualan dan menentukan apakah peningkatan penjualan merupakan hasil dari promosi atau faktor lain.

Menyimpan Informasi Pelanggan

Mendapatkan informasi pelanggan untuk strategi pemasaran masa depan juga bisa menjadi tantangan. Banyak pelanggan yang datang karena penawaran mungkin tidak bersedia memberikan informasi kontak mereka, yang dapat mempersulit upaya pemasaran di masa mendatang.


Secara keseluruhan, promosi Buy 1 Get 1 memiliki beberapa tantangan yang perlu dipertimbangkan, termasuk mengatur margin keuntungan, menghindari pelanggan yang hanya mencari diskon, menyimpan stok yang cukup, mengukur dampak, dan menyimpan informasi pelanggan. Namun, jika ditangani dengan benar, manfaat dari promosi ini bisa jauh melebihi tantangannya.


Sumber Data:

  • https://accurate.id/marketing-manajemen/strategi-buy-one-get-one/
  • https://ginee.com/id/insights/buy-1-get-1-artinya/
  • https://jubelio.com/strategi-buy-1-get-1-artinya-buat-bisnis-untung-atau-rugi/
  • https://unsplash.com/photos/WIpNUhklTQg

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo