Bisnis yang Sedang Trend dan Menjanjikan untuk Diikuti

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Jenis-jenis Bisnis yang Sedang Trend di Tahun 2023

Pada era digital ini, ada banyak bisnis yang sedang trend yang muncul dengan potensi keuntungan yang sangat menjanjikan. Dengan berkembangnya teknologi dan internet, peluang bisnis pun semakin beragam. Ada banyak jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan modal yang relatif minim, namun memiliki potensi keuntungan yang sangat besar.

Jenis-jenis Bisnis yang Sedang Trend di Tahun 2023

Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis yang sedang trend di tahun 2023:

Bisnis E-commerce

Di era digital ini, e-commerce atau perdagangan elektronik menjadi salah satu bisnis yang sangat trend. Keuntungan dari bisnis ini adalah kamu bisa menjalankannya dari mana saja dan kapan saja. Selain itu, bisnis ini juga menawarkan potensi pasar yang sangat luas, yaitu seluruh dunia.

Bisnis Startup Teknologi

Startup teknologi adalah bisnis yang juga sedang trend saat ini. Startup adalah perusahaan baru yang bergerak dalam bidang teknologi dan memiliki prospek yang cerah. Bisnis ini menawarkan peluang keuntungan yang sangat besar jika produk atau jasa yang ditawarkan bisa diterima oleh pasar.

Bisnis Aplikasi Digital

Bisnis aplikasi digital adalah bisnis yang sedang trend dan menjanjikan keuntungan yang besar. Aplikasi digital seperti aplikasi pembayaran online, aplikasi pesan antar makanan, dan lainnya menjadi bisnis yang sangat prospektif di era digital ini.

Ide-Ide Bisnis yang Sedang Trend

Di era digital ini, terdapat beberapa ide bisnis yang sedang trend dan menjanjikan

Dunia bisnis adalah dunia yang dinamis dan selalu berubah seiring dengan perkembangan teknologi, budaya, dan gaya hidup masyarakat. Di era digital ini, terdapat beberapa ide bisnis yang sedang trend dan menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Bisnis Online

Ada berbagai jenis bisnis online yang bisa kamu coba, seperti:

E-commerce

Bisnis jual beli online atau e-commerce adalah salah satu bisnis yang sedang trend saat ini. Kamu bisa menjual berbagai produk, mulai dari fashion, makanan, hingga elektronik.

Bisnis Dropship

Bisnis dropship adalah bisnis di mana kamu menjual produk orang lain dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga. Keuntungan dari bisnis ini adalah kamu tidak perlu memiliki stok produk dan bisa memulainya dengan modal yang minim.

Bisnis Affiliate Marketing

Dalam bisnis affiliate marketing, kamu mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan melalui link afiliasi kamu. Bisnis ini bisa sangat menguntungkan jika kamu memiliki website atau media sosial dengan traffic yang tinggi.

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner selalu memiliki tempat di hati masyarakat. Meskipun persaingannya ketat, namun dengan ide yang kreatif dan inovatif, kamu bisa menciptakan bisnis kuliner yang sukses. Berikut beberapa ide bisnis kuliner yang sedang trend:

Food Truck

Food truck adalah konsep bisnis kuliner dengan menggunakan mobil atau truk yang dimodifikasi. Dengan konsep ini, kamu bisa membuka usaha di lokasi yang berbeda-beda dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Makanan Sehat

Kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat. Ini tentu saja membuka peluang bisnis makanan sehat. Kamu bisa menyediakan berbagai jenis makanan sehat, seperti salad, smoothie, makanan organik, dan lainnya.

Bisnis Jasa

Selain bisnis produk, bisnis jasa juga memiliki prospek yang menjanjikan. Berikut ini beberapa ide bisnis jasa yang sedang trend:

Jasa Desain Grafis

Dengan semakin banyaknya bisnis yang berbasis online, jasa desain grafis menjadi semakin dibutuhkan. Kamu bisa menawarkan jasa ini kepada para pemilik bisnis yang membutuhkan desain untuk website, media sosial, logo, dan lainnya.

Jasa Konsultasi Online

Jika kamu memiliki keahlian di bidang tertentu, kamu bisa menawarkan jasa konsultasi online. Kamu bisa memberikan konsultasi di berbagai bidang, seperti bisnis, karir, kesehatan, dan lainnya.

Peluang Bisnis Terkait Bisnis yang Sedang Trend

Menjadi content creator juga bisa menjadi pilihan bisnis yang sedang trend

Selain bisnis-bisnis di atas, ada juga peluang bisnis terkait yang bisa kamu coba. Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis terkait bisnis yang sedang trend:

Bisnis Digital Marketing

Bisnis digital marketing adalah bisnis yang bergerak dalam bidang pemasaran digital. Bisnis ini berpotensi besar karena banyak bisnis yang membutuhkan jasa pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan mereka.

Bisnis Content Creator

Menjadi content creator juga bisa menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan. Dengan munculnya berbagai platform media sosial dan aplikasi, kebutuhan akan konten yang menarik dan berkualitas semakin meningkat.

Bisnis Konsultasi Online

Bisnis konsultasi online juga menjadi bisnis yang sedang trend dan memiliki potensi yang besar. Kamu bisa membuka jasa konsultasi dalam berbagai bidang, seperti kesehatan, pendidikan, bisnis, dan lainnya.


Itulah beberapa jenis bisnis yang sedang trend dan peluang bisnis terkait di era digital ini. Jika kamu tertarik untuk berbisnis, kamu bisa mencoba salah satu bisnis di atas. Tetapi, ingatlah bahwa dalam berbisnis, selain melihat tren, kamu juga harus melihat minat dan kemampuan kamu. Selain itu, kamu juga harus siap dengan risiko yang mungkin akan dihadapi.

Bagaimana Memulai Bisnis yang Sedang Trend?

Setelah memahami berbagai jenis bisnis yang sedang trend, kamu mungkin bertanya-tanya, "Bagaimana cara memulainya?"

Menentukan Jenis Bisnis

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah memilih model bisnis yang ingin kamu terapkan. Pastikan untuk memilih jenis bisnis yang sesuai dengan kecintaan dan keterampilan kamu. Jangan lupa untuk melakukan riset pasar untuk memastikan bahwa bisnis yang kamu pilih memiliki prospek yang cerah.

Membuat Rencana Bisnis

Setelah menentukan jenis bisnis, buatlah rencana bisnis atau business plan untuk menjadi panduan kamu dalam menjalankan bisnis. Dalam rencana bisnis, tuliskan visi dan misi bisnis, target pasar, strategi pemasaran, analisis keuangan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis kamu.

Mencari Modal

Salah satu hal yang paling penting sebelum memulai bisnis adalah menyiapkan modal. Kamu bisa mencari modal dari tabungan pribadi, pinjaman dari bank, atau mencari investor. Pastikan untuk menggunakan modal dengan bijak.

Memulai Bisnis

Kamu bisa mulai menjalankan bisnismu setelah semua persiapan selesai. Ingatlah bahwa sukses dalam berbisnis tidak didapatkan dalam sekejap. Butuh waktu, kerja keras, dan konsistensi.

Tips Sukses dalam Menjalankan Bisnis yang Sedang Trend

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam menjalankan bisnis yang sedang trend:

Selalu Update dengan Trend Terbaru

Dalam menjalankan bisnis, sangat penting untuk selalu update dengan tren terbaru. Hal ini penting agar bisnis kamu selalu relevan dan dapat bersaing dengan bisnis lain.

Fokus pada Kualitas Produk atau Jasa

Kualitas produk atau jasa adalah kunci sukses bisnis. Pastikan untuk selalu menawarkan produk atau jasa yang berkualitas kepada pelanggan.

Menerapkan Strategi Pemasaran yang Tepat

Strategi pemasaran yang tepat sangat penting untuk menarik lebih banyak pelanggan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial, website, atau platform lainnya untuk melakukan pemasaran.

Jual produkmu dengan mudah melalui aplikasi toko online dari Majoo! Tingkatkan eksposur dan cakupan bisnismu, serta peroleh peningkatan penjualan. Buat pengalaman berbelanja pelanggan menjadi lebih praktis dan menyenangkan dengan bantuan Majoo.

Menerima Masukan dan Kritik

Masukan dan kritik dari pelanggan sangat penting untuk perkembangan bisnis. Jangan ragu untuk menerima masukan dan kritik dan selalu berusaha untuk terus memperbaiki bisnis kamu.


Membahas bisnis yang sedang trend dan peluang bisnis terkait, kita bisa melihat berbagai peluang yang menarik di era digital ini. Dengan pemahaman yang tepat dan persiapan yang matang, kita dapat memanfaatkan peluang ini menjadi sebuah kesuksesan bisnis.

Menghadapi Tantangan dalam Bisnis yang Sedang Trend

Meskipun menjanjikan, menjalankan bisnis yang sedang trend tentu tidak selalu mulus. Ada berbagai tantangan yang mungkin akan dihadapi. Untuk itu, penting bagi kamu untuk mempersiapkan diri dan bisnis kamu dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Berikut ini beberapa tantangan umum dan cara mengatasinya:

Persaingan yang Ketat

Di era digital ini, persaingan dalam berbisnis semakin ketat. Oleh karena itu, penting bagi bisnis kamu untuk memiliki keunggulan kompetitif atau competitive advantage. Keunggulan ini bisa berupa kualitas produk yang superior, harga yang kompetitif, atau layanan pelanggan yang unggul.

Perubahan Tren yang Cepat

Tren bisnis bisa berubah dengan sangat cepat. Bisnis yang sedang trend saat ini bisa jadi sudah tidak populer lagi dalam hitungan bulan. Oleh karena itu, penting bagi bisnis kamu untuk tetap fleksibel dan selalu siap beradaptasi dengan perubahan tren.

Kesulitan dalam Mencari Modal

Modal menjadi tantangan tersendiri dalam berbisnis. Namun, jangan biarkan hal ini menghentikan langkah kamu. Cobalah mencari alternatif pendanaan lainnya, seperti crowdfunding, pinjaman tanpa agunan, atau mencari investor.

Manajemen yang Belum Teruji

Bagi sebagian orang, ini mungkin adalah kali pertama mereka menjalankan bisnis. Oleh karena itu, masalah manajemen seringkali menjadi tantangan. Untuk mengatasinya, jangan ragu untuk belajar dari para ahli dan meminta bantuan jika diperlukan.

Meningkatkan Keberlanjutan Bisnis yang Sedang Trend

Setelah berhasil memulai bisnis yang sedang trend, tantangan berikutnya adalah bagaimana menjaga keberlanjutan bisnis. Menjalankan bisnis yang berkelanjutan bukan hanya tentang mempertahankan keuntungan, tetapi juga beradaptasi dengan perubahan dan mempersiapkan masa depan. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa diterapkan:

Selalu Melakukan Inovasi

Inovasi adalah kunci dalam menjaga bisnis agar tetap relevan dan kompetitif. Cobalah untuk selalu mencari cara baru dalam memasarkan produk atau jasa, meningkatkan efisiensi operasional, atau bahkan menciptakan produk atau jasa baru.

Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pelanggan adalah aset terpenting dalam bisnis. Oleh karena itu, selalu usahakan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Pastikan bahwa kamu selalu memberikan layanan terbaik dan mendengarkan masukan dari pelanggan.

Melakukan Diversifikasi Bisnis

Diversifikasi bisa menjadi strategi yang baik dalam menjaga keberlanjutan bisnis. Dengan diversifikasi, kamu bisa meminimalisir risiko dan memanfaatkan berbagai peluang yang ada.

Membangun Jaringan dan Kemitraan

Membangun jaringan dan kemitraan bisa membantu bisnis kamu dalam menghadapi berbagai tantangan dan memanfaatkan peluang. Jaringan dan kemitraan bisa membantu dalam hal pengadaan bahan baku, distribusi, hingga pemasaran.

Memanfaatkan Peluang dari Bisnis yang Sedang Trend

Bisnis yang sedang trend tidak hanya memberikan peluang untuk menghasilkan keuntungan, tetapi juga membuka banyak peluang lainnya. Peluang-peluang tersebut bisa berupa pengembangan skill, membangun jaringan, hingga memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Pengembangan Skill dan Karier

Dengan menjalankan bisnis, kamu bisa mengembangkan berbagai skill, seperti manajemen, pemasaran, negosiasi, dan lainnya. Skill-skill ini tidak hanya bermanfaat untuk bisnis, tetapi juga untuk pengembangan karier kamu.

Membangun Jaringan

Berbisnis juga membantu kamu dalam membangun jaringan. Jaringan ini nantinya bisa bermanfaat untuk mendukung bisnis kamu atau bahkan membuka peluang bisnis baru.

Kontribusi bagi Masyarakat

Melalui bisnis, kamu juga bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Kontribusi tersebut bisa berupa penciptaan lapangan kerja, produk atau jasa yang bermanfaat, hingga partisipasi dalam program CSR (Corporate Social Responsibility).


Memang, menjalankan bisnis yang sedang trend memiliki berbagai tantangan. Namun, dengan ketekunan, pengetahuan, dan strategi yang tepat, kamu bisa menjalankan bisnis tersebut dengan sukses. Ingat, setiap tantangan adalah peluang untuk belajar dan tumbuh. Jadi, jangan takut untuk mencoba dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik. Selamat berbisnis!


Sumber Data:

  • https://mitra.bukalapak.com/artikel/usaha-rumahan-yang-lagi-trend-116695
  • https://www.gramedia.com/best-seller/usaha-rumahan-yang-lagi-trend/
  • https://kumparan.com/berita-bisnis/5-usaha-rumahan-yang-lagi-trend-2023-bisa-untuk-tambah-penghasilan-20KCLKI6Hup
  • https://unsplash.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo