Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Memulai Bisnis dari Hobi yang Menguntungkan Ternyata Seru!

    Ada banyak contoh hobi yang menguntungkan.

    Kamu mungkin sudah sering mendengar kisah sukses orang-orang yang memulai bisnis dari hobi atau kegemaran masing-masing. Dari kisah-kisah tersebut, bisa disimpulkan bahwa ternyata ada cukup banyak hobi yang menguntungkan di dunia ini. Jadi, kalau masih ada yang bilang bahwa punya hobi itu wasting money, coba diajak baca ini dulu. 

    Kenapa memulai bisnis dari sebuah hobi bisa disebut sebagai hal yang seru dan menyenangkan? Karena dengan memulai bisnis dari hobi, proses perjalanan dari bisnis itu sendiri akan berjalan lebih mudah, sebab kamu melakukannya berdasarkan hal yang disukai dan dipahami dengan baik. 

    Berbisnis dengan hobi yang kamu minati, secara otomatis akan membuatmu menjalankannya dengan kecintaan dan excitement yang tinggi, sehingga lebih mudah untuk bisa bertahan bahkan bisa berkembang menjadi lebih besar.

    So, hobi yang menguntungkan untuk bisa digunakan sebagai langkah awal dalam memulai bisnis itu apa saja sih

    Baca Juga: 4 Rekomendasi Buku untuk Mencapai Kebebasan Berwirausaha

    Rekomendasi Hobi yang Menguntungkan untuk Memulai Bisnis

    Meskipun ada banyak orang yang sukses memulai bisnis dari hobinya, nyatanya tidak semua hobi atau kegemaran bisa menjadi sebuah awal kesuksesan, ya. 

    Ini nih, beberapa hobi yang menguntungkan dan bisa jadi ide bisnis. 

    Hobi Menulis

    Menulis di media massa, media online, dan menerbitkan buku bisa dilakukan bagi yang terbiasa dengan hobi menulis. Jika dimuat di media massa, tentu akan memperoleh fee. Sedangkan, jika menulis buku yang diterbitkan oleh penerbit, kamu akan memperoleh royalti. Sampai di situ saja? Tidak, dong.

    Profesi copywriter, content writer, pun bisa berawal dari hobi menulis. Kamu pasti tahu kan kalau profesi-profesi seperti itu sedang sangat dibutuhkan oleh media atau bisnis online? Bahkan, untuk membuat caption di media sosial pun banyak orang yang membutuhkan jasa penulis. Menarik, kan?

    Hobi Memasak

    Sudah lama hobi yang satu ini disebut sebagai sebuah hobi yang menguntungkan. Kalau kamu suka memasak, kamu bisa mengembangkannya menjadi sebuah bisnis kuliner, seperti katering atau restoran. 

    Hobi Blogging

    Kamu punya hobi ngeblog? Bersyukurlah! Blogging ternyata memiliki peluang besar untuk bisa mengumpulkan cuan dan memulai bisnis. Apalagi jika kamu dan beberapa teman yang memiliki hobi serupa bisa membuka sebuah agency bersama untuk memberikan layanan jasa blog pada audiens.

    Bercocok tanam juga termasuk hobi yang menguntungkan. 

    Hobi Bercocok Tanam

    Pernah melihat nursery? Taman anggrek? Taman bunga? Kebun buah? atau florist dengan berbagai bunga yang cantik? Bisnis-bisnis tersebut umumnya dimulai dari hobi bercocok tanam. Ada juga bisnis budidaya tanaman tanpa media tanah yang lebih beken disebut hidroponik. Tanaman hidroponik ini bisa laku keras bila dijual di pasaran. 

    Baca Juga: Pahami Strategi Bisnis Sayuran Online Sebelum Memulai, Yuk!

    Hobi Desain Grafis

    Bisnis desain grafis makin berkembang luas akhir-akhir ini. Bisa dibilang memiliki hobi yang berkaitan dengan desain ini bisa mendapatkan peluang usaha yang tidak ada habisnya. Kamu bisa memulai bisnis dari usaha jasa cetak undangan, spanduk, backdrop, sampai dengan cetak kaos dan goodie bag, semuanya membutuhkan jasa orang-orang yang suka dengan desain grafis. 

    Hobi Fotografi

    Hobi fotografi semakin digemari karena dianggap sebagai salah satu hobi yang menguntungkan. Bahkan, untuk menjalankan usaha dari hobi ini, kamu tidak harus menggunakan kamera DSLR yang harganya mahal. Kamu bisa memanfaatkan smartphone dengan kamera yang beresolusi tinggi untuk menghasilkan berbagai foto. 

    Jasa bisnis fotografi dibutuhkan untuk keperluan foto pre-wedding, acara keluarga, kegiatan perusahaan, organisasi kemanusiaan, pembuatan buku kenangan, sampai dengan maternity dan dokumentasi kelahiran bayi. 

    Hobi Membuat Kerajinan Tangan

    Hobi membuat kerajinan tangan tentu membutuhkan keahlian yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Hobi kerajinan tangan ini bisa dijadikan sebagai langkah awal dalam memulai bisnis. Hasil kerajinan tangan bukan hanya bisa kamu pasarkan di pasar lokal, melainkan di pasar internasional. Buktinya, sudah banyak pengrajin asal Indonesia yang berhasil menjual produknya ke luar negeri. 

    Baca Juga: 8 Kerajinan Dari Botol Bekas: Cara Membuat dan Contohnya

    Hobi Programming

    Mengiringi berkembangnya teknologi, hobi programming pun makin diminati. Jika kamu memiliki hobi coding dengan berbagai macam bahasa pemrograman komputer di bidang IT, hobi ini bisa kamu jadikan sebuah peluang bisnis untuk mendapatkan keuntungan.

    Salah satu bahasa pemrograman yang sedang booming untuk smartphone Android. Tidak sedikit programmer yang sukses karena hobinya yang menjadikan banyak pesanan datang dari perusahaan atau individu untuk membuatkan software baik berbasis desktop edition atau web based. Kamu juga bisa memulai bisnis ini dengan menciptakan produk secara mandiri. 

    Berbagai jenis hobi yang menguntungkan tadi bisa menjadi alternatif yang menarik bagi kamu yang ingin mencoba memulai bisnis dari hobi. Jika sudah berhasil memulai, jangan lupa untuk menambahkan layanan aplikasi bisnis yang disediakan oleh aplikasi majoo ke dalam bisnismu, sehingga operasional bisa berjalan dengan lebih lancar. Bisnis yang dimulai dari hobi yang seru tentunya harus dibarengi dengan aplikasi yang seru juga kan? So, tunggu apa lagi? Mulai dari sekarang! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Migrasi Bisnis Menjadi Usaha Online saat Ramadan? Why not?!
    Migrasi bisnis menjadi usaha online tergolong praktik baru yang mulai dilirik. Apa alasan untuk melakukannya, terlebih di bulan Ramadan seperti sekarang?
    Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Menarik untuk Dicoba!
    Ada banyak ide hampers lebaran yang unik dan menarik untuk dicoba guna meningkatkan pendapatan bisnis. Tertarik memanfaatkan salah satu ide berikut?
    Melirik Pasar Digital, Tren Bisnis bagi Pelaku UMKM
    Dengan situasi pandemi yang saat ini tengah dihadapi, menarget pasar digital menjadi salah satu tren bisnis baru yang sebaiknya tak dilewatkan oleh UMKM.
    Tren Bisnis yang Diprediksi Akan Mendominasi Pada 2022
    Perubahan dan tantangan global akan membentuk tren bisnis baru pada 2022. Jika kamu ingin usaha sukses, tentunya bisnis milikmu perlu beradaptasi.