7 Cara agar Karyawan Betah Bekerja, Pebisnis Perlu Tahu!

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Satu hal penting yang kadang terlewatkan oleh para pemilik bisnis adalah cara agar karyawan betah bekerja. Padahal dampak dari hal tersebut bisa sangat luas. Karyawan yang merasa betah cenderung lebih produktif. Mereka akan lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka dengan baik. 

Selain itu, ketika karyawan merasa nyaman dan bahagia di tempat kerja, mereka akan cenderung tinggal lebih lama di perusahaan. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi biaya perekrutan dan pelatihan karyawan baru.

Jika pemilik bisnis tahu berbagai tips dan cara agar karyawan betah bekerja, kelancaran operasional bisnis bisa diraih dengan optimal. Alasannya karena karyawan yang betah bekerja biasanya cenderung lebih kreatif dan inovatif. Mereka merasa lebih bebas untuk berbagi ide-ide mereka dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan bisnis atau perusahaan. 

Cara mempertahankan karyawan agar betah akan berdampak pada munculnya budaya bisnis atau perusahaan yang positif. Budaya kerja yang baik akan menarik bakat-bakat terbaik dan membuat perusahaan menjadi tempat yang diinginkan untuk bekerja. 

Jadi, menerapkan cara agar karyawan betah bekerja bukan hanya menguntungkan individu sebagai pekerja. Melainkan juga sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang perjalanan suatu bisnis atau perusahaan.

Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Tugas Karyawan

Berbagai Alasan Karyawan Tidak Betah Bekerja 

Ada beberapa alasan mengapa karyawan mungkin tidak merasa betah atau tidak puas dengan pekerjaan mereka. Alasan-alasan tersebut sangat bervariasi tergantung kepribadian, kebutuhan, dan preferensi pribadi masing-masing karyawan.

Secara umum, beberapa alasan karyawan tidak betah bekerja yang biasa ditemui adalah:

Gaji yang Tidak Memadai

Alasan karyawan tidak betah bekerja yang paling utama adalah karena nominal gaji yang diterima. Gaji yang tidak sebanding dengan tanggung jawab atau tingkat kualifikasi karyawan bisa membuat mereka merasa tidak puas.

Kurangnya Kesempatan Pengembangan

Karyawan yang tidak memiliki peluang untuk berkembang dalam karier mereka mungkin merasa terjebak atau tidak betah. Akhirnya sebagian dari mereka memilih untuk mundur atau resign dari pekerjaan.

Manajemen yang Buruk

Manajemen yang tidak mendukung, tidak adil, atau tidak transparan dapat menjadi alasan yang membuat para karyawan tidak betah di tempat kerja.

Lingkungan Kerja yang Tidak Sehat

Konflik antar karyawan, pelecehan, atau budaya perusahaan yang tidak sehat dapat membuat karyawan merasa tidak nyaman dan akhirnya tidak betah.

Beban Kerja yang Berlebihan

Alasan berikutnya adalah yang berkaitan dengan beban atau jumlah pekerjaan. Terlalu banyak pekerjaan, tekanan berlebihan, atau jadwal yang tidak seimbang bisa menjadi pemicunya.

Kurangnya Pengakuan dan Apresiasi

Karyawan yang tidak merasa dihargai atau tidak mendapatkan pengakuan atas kerja keras mereka mungkin kehilangan motivasi.

Kurangnya Dukungan untuk Work-Life-Balanced

Karyawan mungkin merasa tidak betah jika mereka tidak memiliki fleksibilitas dalam menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Sebaiknya, pemilik bisnis atau perusahaan menjadikan hal tersebut sebagai prioritas bagi karyawannya.

Kurangnya Kesempatan untuk Berkontribusi atau Berpartisipasi

Alasan karyawan tidak betah bekerja yang terakhir adalah merasa mereka tidak memiliki kesempatan untuk berkontribusi atau berpartisipasi dalam pengambilan keputusan perusahaan. 

Dengan memahami alasan-alasan ini dapat membantu kamu dan pemilik bisnis lainnya untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul dalam pekerjaan. Sehingga dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kepuasan dan kesejahteraan karyawan.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Memberikan Apresiasi untuk Karyawan

Bagaimana cara agar karyawan betah bekerja?

Apa yang Akan Terjadi Bila Karyawan Tidak Betah Bekerja?

Ketidakpuasan karyawan akan banyak hal terkait pekerjaannya dapat menimbulkan banyak dampak negatif pada perusahaan. Akhir yang biasanya terjadi adalah meningkatnya angka pengunduran diri (resign) karyawan.

Selain itu, beberapa hal lain yang dapat terjadi jika karyawan tidak betah bekerja adalah:

Penurunan Produktivitas

Karyawan yang tidak merasa betah cenderung kurang produktif. Mereka mungkin tidak bersemangat untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka atau bahkan mungkin menyelesaikannya dengan kualitas yang rendah.

Peningkatan Tingkat Absensi

Karyawan yang merasa kurang puas akan pekerjaannya, biasanya akan sering absen atau terlambat. Mereka mungkin mencari alasan untuk tidak datang ke tempat kerja atau memanfaatkan izin sakit secara berlebihan.

Peningkatan Turnover

Karyawan yang tidak betah cenderung mencari pekerjaan baru. Hal tersebut tentunya dapat mengakibatkan tingkat pergantian karyawan yang tinggi, yang bisa sangat mahal bagi perusahaan dalam hal biaya perekrutan, pelatihan, dan penggantian.

Kualitas Pelayanan Menurun

Jika karyawan tidak betah bekerja, pastinya akan  dapat memengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan atau mitra bisnis. Pelayanan yang buruk cepat atau lambat dapat merusak reputasi perusahaan.

Konflik dan Ketegangan di Tempat Kerja

Karyawan yang tidak puas cenderung memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Ini akan dapat mengarah pada konflik antar-karyawan dan ketegangan di tempat kerja, yang dapat mengganggu kerjasama tim dan produktivitas.

Image Perusahaan yang Buruk

Tingkat ketidakpuasan yang tinggi di antara karyawan dapat menciptakan citra buruk perusahaan. Semakin sering ada keluhan atau resignation karyawan, semakin susah pula perusahaan untuk menarik bakat baru dan menjalin hubungan bisnis yang baik.

Untuk menghindari dampak-dampak negatif ini, penting bagi pemilik bisnis atau perusahaan untuk secara proaktif menciptakan lingkungan kerja yang baik dan nyaman. Ini termasuk dalam salah satu cara mempertahankan karyawan agar betah bekerja. 

Bagaimana Cara agar Karyawan Betah Bekerja?

Menerapkan berbagai cara membuat karyawan betah bekerja tentunya tidak bisa dilakukan secara serta merta atau instan. Semuanya perlu dilakukan secara bertahap dan tentunya konsisten. Dengan begitu, tingkat kenyamanan karyawan saat bekerja dapat dicapai dengan mudah. 

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai cara agar karyawan betah bekerja antara lain adalah:

1. Komunikasi yang Terbuka dan Jujur

Menjaga saluran komunikasi yang terbuka adalah kunci utama dalam cara membuat karyawan betah bekerja.. Dengan berbicara secara jujur dan langsung dengan karyawan, kamu dapat menciptakan lingkungan di mana mereka merasa didengarkan dan dihargai.

2. Pengakuan dan Apresiasi

Memberikan pengakuan atas kerja keras karyawan merupakan hal yang sangat penting. Pengakuan dan apresiasi bisa berupa pujian pribadi, penghargaan formal, atau bonus atas kinerja mereka. Pengakuan memperlihatkan bahwa pekerjaan mereka dihargai dan dapat meningkatkan motivasi.

3. Kesempatan untuk Pengembangan Diri dan Karier

Karyawan yang merasa mereka dapat tumbuh dan berkembang di perusahaan akan lebih betah. Berikan pelatihan, kursus, atau promosi berdasarkan kinerja yang baik untuk memberikan mereka tujuan yang jelas dalam karier.

4. Fleksibilitas dalam Jadwal Kerja 

Cara agar karyawan betah bekerja berikutnya adalah dengan memberikan fleksibilitas dalam jadwal. Misalnya membuka peluang untuk kerja jarak jauh atau jam kerja yang dapat disesuaikan. Kebijakan ini dapat membantu karyawan untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka.

5. Budaya Kerja yang Positif

Ciptakan budaya kerja yang positif dengan menekankan nilai-nilai seperti kerjasama, integritas, dan keadilan. Pastikan aturan dan norma budaya yang kamu tetapkan dalam bisnis atau perusahaan dapat mendukung kesejahteraan dan kepuasan karyawan.

6. Manajemen yang Mendukung

Pihak manajemen bisnis atau perusahaan yang mendukung, mengakomodasi, dan memahami kebutuhan individu karyawan adalah aset yang berharga. Mereka harus memastikan karyawan merasa didukung dalam menjalani pekerjaan mereka.

7. Partisipasi dalam Pengambilan Keputusan

Kemudian, cara agar karyawan betah bekerja lainnya adalah dengan membuka peluang bagi mereka untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di perusahaan. Dengan begitu, mereka dapat merasakan rasa memiliki dan keterlibatan dalam perjalanan bisnis. 

Baca Juga: 7 Metode Efektif untuk Memantau Kinerja Karyawan

Aplikasi Karyawan majoo

Kesimpulan 

Mengetahui dan memahami dengan baik cara agar karyawan betah bekerja dapat berpengaruh pada kelancaran jalannya bisnismu. Karyawan adalah bagian penting dari bisnis atau perusahaan yang kenyamanan dan kesejahteraannya seharusnya terjamin dengan baik. 

Sebagai pebisnis, kamu juga perlu tahu berbagai alasan karyawan tidak betah bekerja. Dengan begitu, kamu bisa menetapkan langkah antisipasi dan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Jangan sampai karyawan banyak yang tidak betah yang akhirnya akan merugikan bisnismu.

Menerapkan tips cara agar karyawan betah bekerja seperti yang disebutkan tadi, dapat membantu kamu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, memotivasi, dan membuat karyawan merasa betah. Karyawan yang merasa dihargai, didukung, dan memiliki peluang untuk tumbuh cenderung lebih bahagia dan produktif. 

Cara lain yang juga bisa kamu terapkan adalah dengan memanfaatkan aplikasi karyawan majoo. Fitur menarik dari majoo ini dapat membantu kamu memantau kinerja karyawan. Termasuk mengelola absensi karyawan dan pembagian bonus atas kinerja mereka. 

Dengan sistem yang terkomputerisasi, hasil pantauan yang kamu dapatkan juga bisa lebih akurat. Karyawan pun bisa mendapatkan kepuasan tersendiri. So, kalau ingin membuat karyawanmu betah bekerja, pastikan majoo sudah terpasang di bisnismu, ya!


Sumber Data: 

https://jadikaryawan.com/tips-agar-karyawan-betah-dan-nyaman-bekerja

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo