Cara Daftar NPWP Online Orang Pribadi dengan Mudah

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Beberapa waktu terakhir, istilah NPWP online menjadi cukup populer. Apa yang dimaksud NPWP online? Apakah berbeda dengan NPWP pada umumnya? Kita akan bahasa lengkap di sini.

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP adalah identifikasi resmi yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada individu atau entitas yang wajib membayar pajak di Indonesia. Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) atau entitas bisnis yang memenuhi kriteria tertentu diwajibkan memiliki NPWP.

NPWP digunakan untuk mempermudah proses administrasi perpajakan, termasuk pelaporan pendapatan, pembayaran pajak, dan transaksi bisnis lainnya. Nomor ini juga digunakan untuk keperluan identifikasi pajak dan memastikan kepatuhan terhadap kewajiban perpajakan.

Setiap NPWP terdiri dari 15 digit angka yang unik dan berlaku seumur hidup, kecuali dalam beberapa kasus tertentu seperti perubahan status pernikahan atau bisnis. Pendaftaran NPWP biasanya dilakukan melalui Direktorat Jenderal Pajak atau melalui proses online yang disediakan oleh otoritas pajak setempat.

Kenapa Daftar NPWP dengan Cara Manual Dianggap Tidak Praktis?

Proses pendaftaran NPWP dulunya dilakukan secara manual. Namun, ada beberapa kendala yang akhirnya menyebabkan proses ini dianggap tidak praktis. Beberapa kendala tersebut, antara lain:

Waktu dan Usaha yang Dibutuhkan

Proses pendaftaran NPWP manual pastinya membutuhkan kunjungan langsung ke kantor pajak. Ini dapat memakan waktu dan mengharuskan individu atau entitas bisnis mengalokasikan sumber daya tambahan untuk mengurus proses pendaftaran.

Kesulitan dalam Mengisi Formulir

Formulir pendaftaran NPWP manual mungkin memiliki banyak kolom yang perlu diisi dengan informasi yang detail dan spesifik. Ini bisa menjadi rumit dan memerlukan pemahaman yang baik tentang persyaratan pajak.

Pengiriman Dokumen Fisik

Dalam pendaftaran manual, seringkali diperlukan pengiriman dokumen fisik seperti salinan identitas ke kantor pajak. Selain makan waktu, ini dapat menyebabkan risiko kehilangan atau kerusakan dokumen selama proses pengiriman.

Keterbatasan Komunikasi

Komunikasi dengan otoritas pajak dalam pendaftaran manual umumnya melibatkan pertukaran surat atau kunjungan langsung. Ini dapat memperlambat respons dan menyulitkan komunikasi yang efisien antara individu atau entitas bisnis dengan pihak pajak.

Potensi Human Error

Dalam proses manual, terdapat risiko human error atau kesalahan manusia yang dapat terjadi saat mengisi formulir atau memproses dokumen. Kesalahan tersebut dapat memperlambat atau bahkan mengganggu proses pendaftaran NPWP.

Mengingat kendala-kendala ini, banyak orang kemudian beralih ke pendaftaran NPWP online yang dianggap lebih praktis dan efisien.

Apa Itu NPWP Online?

NPWP online adalah proses pendaftaran dan pengelolaan NPWP yang dilakukan secara elektronik melalui sistem online. Melalui layanan NPWP online, orang pribadi atau entitas bisnis dapat mendaftar dan mengurus NPWP tanpa harus secara fisik datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Proses daftar NPWP online meliputi pengisian formulir pendaftaran secara elektronik, pengunggahan dokumen yang diperlukan, dan verifikasi identitas secara online. Setelah pendaftaran berhasil, NPWP akan diterbitkan secara elektronik dan dapat diunduh oleh pemiliknya.

Dengan adanya NPWP online, proses pendaftaran dan pengelolaan NPWP menjadi lebih efisien dan mudah diakses. Orang pribadi sebagai wajib pajak dapat mengajukan pendaftaran, memperbarui data, atau mengurus perubahan lainnya melalui platform online yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Penerapan NPWP online merupakan langkah menuju digitalisasi dalam administrasi perpajakan di Indonesia. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan keterjangkauan, efisiensi, dan transparansi dalam proses perpajakan, serta memudahkan wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya secara online.


Syarat Daftar NPWP Online

Inilah beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk melakukan daftar NPWP online, khususnya untuk wajib pajak orang pribadi.

Wajib Pajak yang Tidak Memiliki Usaha/Pekerjaan Bebas

  • WNI: Kartu identitas (KTP).

  • WNA: Paspor dan KITAS/KITAP 

Wajib Pajak yang Memiliki Usaha/Pekerjaan Bebas 

  • WNI: Kartu identitas (KTP)

  • WNA: Paspor dan KITAS/KITAP

  • Surat izin kegiatan usaha

  • Surat keterangan tempat kegiatan usaha  

Wajib Pajak yang Statusnya Wanita Kawin dan Dikenai Pajak Terpisah dari Suami

  • WNI: Kartu identitas (KTP)

  • WNA: Paspor dan KITAS/KITAP

  • Kartu NPWP suami

  • Kartu keluarga.

  • Surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta 

  • Surat pernyataan menghendaki adanya pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari suami.

Baca Juga: NPWP adalah: Jenis, Fungsi, dan Cara Daftar

Cara Daftar NPWP Online

Lantas, bagaimana cara daftar NPWP online? Apakah benar-benar praktis dan mudah seperti banyaknya anggapan yang beredar? Untuk dapat melakukan daftar NPWP online untuk wajib pajak orang pribadi, langkah-langkah berikut dapat diikuti:

  • Kunjungi situs web resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di https://www.pajak.go.id atau e-Filing DJP di https://efiling.pajak.go.id.

  • Pilih opsi "Pendaftaran NPWP" atau "Registrasi NPWP" yang tersedia di situs web DJP.

  • Isi formulir pendaftaran NPWP dengan informasi yang diminta, seperti nama lengkap, alamat, nomor identitas, dan informasi lain yang relevan.

  • Unggah salinan dokumen identitas diri, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor, sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh DJP.

  • Jika pihak kantor pajak telah menerima dan memproses pengajuan pembuatan NPWP kamu, akan muncul status pendaftaran NPWP di  halaman utama situs ereg.pajak.go.id

  • Kamu harus memilih kirim token lalu mengisi captcha 

  • Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan, klik tombol "Submit" atau "Kirim" untuk mengirimkan permohonan pendaftaran NPWP.

  • Konfirmasi dan pengiriman token akan dilakukan melalui email

  • Salin token yang sudah kamu terima dari email

  • Buka menu token di halaman situs, tempel token yang sudah kamu salin.

  • Kamu akan mendapatkan kode unik untuk melanjutkan proses pengajuan NPWP

  • Tunggu konfirmasi atau balasan dari DJP mengenai status pendaftaran kamu. DJP biasanya akan mengirimkan surat atau email yang berisi nomor NPWP dan informasi terkait setelah pendaftaran kamu disetujui.

Pastikan kamu sudah mengikuti semua petunjuk yang disediakan oleh DJP atau otoritas pajak setempat untuk mendapatkan informasi yang paling akurat dan terbaru mengenai cara daftar NPWP online.

Kenapa Cara Daftar NPWP Online Dianggap Lebih Mudah dan Praktis?

Dari urutan cara daftar NPWP online yang sudah dijelaskan tadi, kamu bisa lihat bahwa prosesnya memang mudah. Apalagi bila dibandingkan dengan proses pembuatan NPWP manual. 

Secara lebih detail, inilah beberapa keunggulan dari cara daftar NPWP online sehingga dianggap lebih memudahkan. 

Aksesibilitas

Dengan pendaftaran NPWP online, baik wajib pajak orang pribadi atau entitas bisnis dapat mengajukan permohonan NPWP kapan dan di mana saja selama mereka memiliki akses internet. Ini menghilangkan adanya keperluan untuk mengunjungi kantor pajak secara langsung, menghemat waktu dan usaha.

Proses yang Lebih Cepat

Cara daftar NPWP online dapat mempercepat keseluruhan proses pendaftarannya. Biasanya, setelah permohonan diajukan secara online, waktu yang diperlukan untuk meninjau dan memproses permohonan pun dapat lebih singkat daripada proses manual.

Pengisian Data yang Akurat

Proses pendaftaran NPWP online seringkali memiliki formulir yang terstruktur dan meminta informasi yang spesifik. Ini akan membantu memastikan pengisian data yang akurat dan mengurangi risiko adanya human error atau kesalahan manusia yang mungkin terjadi dalam proses manual.

Dokumentasi Elektronik

Jika kamu melakukan pendaftaran secara online, secara otomatis dokumen-dokumen seperti salinan identitas dapat diunggah secara elektronik. Ini mengurangi kebutuhan untuk mengirim dokumen fisik dan memudahkan penyimpanan dan pengelolaan dokumen secara digital.

Komunikasi yang Lebih Efisien

Dalam proses pendaftaran online, komunikasi dengan pihak Direktorat Jenderal Pajak atau otoritas pajak dapat dilakukan melalui email atau pesan elektronik lainnya. Ini memungkinkan pertukaran informasi yang lebih cepat dan efisien daripada komunikasi konvensional melalui surat.

Baca Juga: Cara Menghitung PPN dan PPh yang Perlu Diketahui oleh Bisnis

Apakah NPWP Online Bisa Dilakukan untuk Kehilangan NPWP?

Pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah apakah cara daftar NPWP online ini bisa digunakan untuk mengurus NPWP yang hilang? Jawabannya adalah bisa. Kehilangan NPWP memang merupakan suatu bentuk kelalaian, namun bisa saja terjadi pada siapa pun. 

Biasanya, orang akan malas untuk mengurus ulang karena mengira prosesnya ribet dan harus datang langsung ke kantor pajak terdekat. Padahal, mengurus NPWP yang hilang bisa dilakukan dengan proses NPWP online

Inilah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk proses pengurusannya.

  • Pastikan kamu sudah mengetahui nomor NPWP yang hilang tersebut.

  • Jika ternyata kamu lupa, kamu bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi DJP atau situs ereg.pajak.go.id

  • Masuk ke akun yang kamu buat saat permohonan pembuatan NPWP dulu.

  • Pilih halaman utama. Biasanya, nomor NPWP dan identitas wajib pajak akan muncul secara otomatis di halaman tersebut.

Setelah tahu nomor NPWP yang hilang, langkah-langkah berikutnya adalah seperti ini.

  • Masuk atau login ke akun DJP melalui situs ereg.pajak.go.id

  • Setelah berhasil masuk, pilih halaman utama situs tersebut. 

  • Pilih menu informasi. 

  • Akan muncul NPWP elektronik dengan identitas wajib pajak. 

  • Klik menu Kirim Email agar pihak DJP dapat mengirimkan e-NPWP melalui email yang terdaftar. 

  • Setelah itu, periksa apakah ada pesan masuk dari DJP yang berisi lampiran e-NPWP. 

  • Jika ada, kamu bisa segera mencetak e-NPWP tersebut secara fisik.

Kesimpulannya, NPWP online adalah metode yang diterapkan oleh pemerintah untuk mempermudah proses pendaftaran NPWP bagi para wajib pajak. Baik untuk wajib pajak atau entitas bisnis. 

Kepemilikan NPWP sangatlah penting, apalagi bila kamu adalah wajib pajak orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas tertentu. Dengan NPWP yang resmi dan terdaftar, menjalankan bisnis pun akan lebih mudah. Semua transaksi bisnis juga akan lebih mudah dilakukan, dengan perhitungan pajak yang jelas. 

Jika kamu sudah memiliki NPWP dan perhitungan pajak yang tepat, selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membekali bisnismu dengan aplikasi majoo, yang juga bisa membantu kamu dalam perhitungan setiap transaksi bisnis. Tidak ada lagi peluang untuk human error. Pastikan bisnismu sudah pakai majoo, ya!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo