Cara Mendapatkan Kode Referral dan Manfaatnya untuk Bisnismu

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

meningkatkan peluang keuntungan dalam bisnis online dengan memanfaatkan kode referral


Bisnis online telah menjadi tren yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Membangun bisnis online yang sukses membutuhkan usaha, keterampilan, dan strategi yang tepat. Salah satu strategi yang dapat meningkatkan peluang keuntungan dalam bisnis online adalah dengan memanfaatkan kode referral.


Sebelum membahas lebih lanjut tentang strategi untuk mendapatkan kode referral, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu kode referral. Kode referral adalah kode unik yang diberikan kepada anggota atau pelanggan yang dapat mereka bagikan kepada orang lain. Ketika seseorang mendaftar atau melakukan pembelian menggunakan kode referral tersebut, pemilik kode akan mendapatkan insentif atau manfaat tertentu.

Manfaat Kode Referral

Meningkatkan Jangkauan dan Kesadaran

Kode referral memungkinkan kamu untuk memperluas jangkauan bisnismu dengan memanfaatkan jaringan kontak dan pengikut loyal yang dimiliki oleh pelanggan atau anggota bisnismu. Ketika pelanggan menggunakan kode referralmu dan membagikannya kepada orang lain, ini akan membantu meningkatkan kesadaran tentang bisnismu di kalangan baru.

Peningkatan Konversi

Kode referral dapat membantu meningkatkan konversi atau jumlah penjualan dalam bisnismu. Ketika seseorang menerima kode referral dari teman atau keluarga, mereka cenderung lebih percaya dan termotivasi untuk mencoba produk atau layanan yang direkomendasikan. Ini dapat menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional.

Mengurangi Biaya Pemasaran

Kode referral dapat menjadi salah satu cara yang lebih hemat biaya dalam memasarkan bisnismu. Dibandingkan dengan iklan berbayar atau strategi pemasaran lainnya, kode referral memanfaatkan hubungan personal dan rekomendasi dari orang-orang terdekat. Hal ini dapat membantu mengurangi biaya pemasaran yang harus dikeluarkan oleh bisnismu.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ketika pelanggan aktif mengajak orang lain menggunakan kode referralmu, ini menunjukkan bahwa mereka puas dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Kode referral dapat membantu memperkuat hubungan dengan pelanggan yang ada dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnismu.

Fungsi Kode Referral

Kode referral juga berfungsi sebagai insentif bagi pelanggan atau anggota bisnismu untuk mengajak orang lain

Mengidentifikasi dan Mengikat Referral

Fungsi utama dari kode referral adalah untuk mengidentifikasi dan mengikat referral yang datang melalui pelanggan atau anggota bisnismu. Kode ini unik untuk setiap individu dan digunakan untuk melacak aktivitas referral.

Memberikan Insentif

Kode referral juga berfungsi sebagai insentif bagi pelanggan atau anggota bisnismu untuk mengajak orang lain. Dengan menggunakan kode referral, mereka dapat mendapatkan manfaat tambahan seperti diskon, hadiah, atau komisi dari setiap transaksi yang dilakukan oleh referral mereka.

Pelacakan dan Analisis

Kode referral memudahkan bisnismu melacak dan menganalisis efektivitas kampanye referral mereka. Dengan memantau penggunaan dan konversi kode referral, bisnismu dapat mengevaluasi strategi pemasaran mereka dan membuat perbaikan yang diperlukan.

Tujuan Kode Referral untuk Bisnismu

Tujuan utama kode referral dalam bisnismu adalah untuk meningkatkan penjualan, memperluas jaringan pelanggan, dan memperkuat loyalitas pelanggan. Dengan memberikan insentif kepada pelanggan atau anggota bisnismu untuk mengajak orang lain menggunakan kode referralmu, bisnismu dapat mencapai tujuan ini. Selain itu, kode referral juga dapat membantu membangun citra positif dan reputasi yang baik bagi bisnismu.


Dengan memahami manfaat, fungsi, dan tujuan kode referral, kamu dapat mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif untuk bisnismu. Dengan memanfaatkan potensi jaringan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan mereka, kamu dapat meningkatkan peluang keuntungan dan kesuksesan dalam bisnis onlinemu.

Cara Memperoleh Kode Referral

Setelah memahami tentang definisi dan manfaat kode referral, serta bagaimana cara kerjanya, lalu bagaimana langkah-langkah untuk mendapatkan kode referral tersebut? Secara umum, cara memperoleh kode referral dapat bervariasi antara aplikasi yang berbeda.

Namun, secara umum, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi yang bersangkutan.

  2. Akses profil akunmu.

  3. Cari opsi menu Kode Referral.

  4. Setelah kode referral muncul, kamu dapat mengkustomisasi sesuai preferensimu.

  5. Salin kode referral tersebut.

  6. Bagikan kode referral atau tautan referral ke media sosialmu.

Pada beberapa aplikasi, kamu dapat langsung membagikan referral melalui tautan. Caranya sama, cukup pergi ke bagian profil akun, lalu cari opsi "ajak teman untuk bergabung". Setelah itu, kamu dapat langsung membagikannya kepada teman-temanmu.


Demikianlah langkah-langkah umum untuk memperoleh kode referral. Penting untuk dicatat bahwa setiap aplikasi mungkin memiliki prosedur yang sedikit berbeda, jadi pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

Cara Mendapatkan Kode Referral:Platform Media Sosial untuk 

Salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan kode referral adalah dengan memanfaatkan kekuatan media sosial. Gunakan platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn untuk mempromosikan kode referralmu kepada pengikutmu. Buat postingan yang menarik, jelaskan manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan kode referral, dan ajak mereka untuk membagikan kode tersebut kepada teman-teman mereka.


Dengan jumlah pengguna yang sangat besar, kamu dapat memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan kode referralmu. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan jangkauan kode referralmu di Facebook.

Buat Postingan Menarik dengan Konten yang Relevan

Saat kamu mempromosikan kode referral di Facebook, pastikan untuk membuat postingan yang menarik dan relevan. Berikan informasi yang jelas tentang manfaat apa yang bisa didapatkan oleh orang-orang yang menggunakan kode referralmu. Jelaskan keuntungan-keuntungan yang mereka dapatkan dan berikan contoh-contoh nyata.

Wujudkan kesuksesan toko online dengan aplikasi toko online dari Majoo! Nikmati kemudahan dalam membangun dan mengelola toko onlinemu sendiri. Semua yang dibutuhkan, mulai dari pengaturan produk, pengelolaan inventaris, hingga pemrosesan pesanan, telah tersedia dalam satu platform yang mudah digunakan.

Gunakan Gambar atau Video yang Menarik

Selain konten tulisan, gunakan juga gambar atau video yang menarik untuk memperkuat pesanmu. Visual yang menarik dapat membuat postinganmu lebih menonjol di tengah feed pengguna Facebook. Gunakan gambar atau video yang relevan dengan bisnis onlinemu dan tampilkan kode referral dengan jelas.

Ajak Teman-temanmu untuk Membagikan Kode Referralmu

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan jangkauan kode referralmu di Facebook adalah dengan meminta bantuan dari teman-temanmu. Ajak mereka untuk membagikan kode referralmu di profil mereka atau dalam grup yang relevan. Berikan insentif tambahan kepada mereka yang berhasil mengajak banyak orang menggunakan kode referralmu.

Kolaborasi dengan Influencer dan Blogger Terkait

Influencer dan blogger memiliki pengaruh yang besar dalam dunia online. Mereka memiliki basis pengikut yang loyal dan dapat memberikan rekomendasi yang kuat kepada audiens mereka. Kolaborasi dengan influencer dan blogger terkait dengan bisnis onlinemu dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang kode referralmu.

Cara Memperluas Jangkauan Kode Referral: Influencer Instagram

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang sangat populer dan memiliki banyak influencer yang memiliki basis pengikut yang besar. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk bekerja sama dengan influencer Instagram dan memperluas jangkauan kode referralmu:

Cari Influencer yang Relevan dengan Bisnismu

Lakukan riset untuk mencari influencer Instagram yang memiliki audiens yang relevan dengan bisnis onlinemu. Pilihlah influencer yang memiliki pengikut aktif dan terlibat, serta memiliki minat yang sesuai dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Hubungi Influencer dan Tawarkan Kerja Sama

Setelah menemukan influencer yang tepat, hubungi mereka melalui pesan pribadi atau email. Jelaskan tentang bisnis onlinemu dan tawarkan kerja sama untuk mempromosikan kode referralmu. Berikan informasi tentang manfaat yang bisa mereka dapatkan dari kerja sama ini, seperti komisi atau diskon khusus.

Buat Konten Bersama dengan Influencer

Kerja sama dengan influencer tidak hanya sebatas meminta mereka untuk mempromosikan kode referralmu. Ajak mereka untuk membuat konten bersama yang relevan dengan bisnis onlinemu. Misalnya, mereka dapat merekomendasikan produk atau layananmu dalam bentuk unboxing video, tutorial, atau review.

Tawarkan Insentif Menarik

Salah satu cara yang ampuh untuk mendorong orang menggunakan kode referralmu adalah dengan menawarkan insentif yang menarik. Berikan insentif kepada pengguna yang berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan kode referralmu, seperti diskon tambahan, hadiah, atau komisi dari setiap transaksi yang dilakukan oleh referral mereka.

Kode Referral: Meningkatkan Tingkat Konversi

Insentif yang menarik dapat menjadi pendorong bagi pengguna untuk menggunakan kode referralmu. Berikut adalah beberapa ide insentif yang dapat kamu tawarkan:

Diskon Tambahan atau Voucher Belanja

Tawarkan diskon tambahan atau voucher belanja kepada pengguna yang menggunakan kode referralmu. Diskon ini bisa menjadi dorongan bagi mereka untuk melakukan pembelian atau bergabung dengan bisnis onlinemu.

Hadiah Gratis atau Produk Gratis

Berikan hadiah gratis atau produk gratis kepada pengguna yang berhasil mengajak orang lain menggunakan kode referralmu. Misalnya, berikan produk gratis setelah mereka berhasil mengajak 5 orang atau hadiah khusus setelah mencapai target tertentu.

Komisi dari Setiap Transaksi yang Dilakukan oleh Referral

Tawarkan komisi kepada pengguna yang berhasil mengajak orang lain dan menghasilkan transaksi. Komisi ini dapat memberikan motivasi tambahan bagi mereka untuk terus mempromosikan kode referralmu.

Manfaatkan Blog atau Situs Webmu

Jika kamu memiliki blog atau situs web untuk bisnis onlinemu, manfaatkan platform ini untuk mempromosikan kode referralmu. Buat artikel yang informatif dan menarik tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan, dan tambahkan informasi tentang kode referralmu di artikel tersebut.

Penggunaan Blog untuk Mengiklankan Kode Referral

Blog atau situs webmu dapat menjadi sumber informasi yang berharga bagi audiensmu. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan penggunaan blog dalam mempromosikan kode referralmu:

Buat Konten yang Relevan dan Menarik

Buat artikel yang relevan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Jelaskan manfaat menggunakan kode referralmu dan berikan contoh-contoh nyata. Gunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis onlinemu untuk meningkatkan peringkat artikelmu di mesin pencari.

Tautkan Kode Referral di Artikelmu

Jangan lupa untuk menautkan kode referralmu di artikelmu. Pastikan tautan tersebut dapat diklik dan mudah diakses oleh pembaca. Gunakan frase seperti "Daftar menggunakan kode referralku untuk mendapatkan diskon khusus" atau "Klik di sini untuk bergabung dengan bisnis onlinemu dengan menggunakan kode referralku".

Bagikan Artikelmu di Media Sosial dan Email Marketing

Setelah artikelmu selesai, bagikan artikel tersebut di media sosialmu dan dalam kampanye email marketing. Berikan cuplikan menarik dari artikel dan ajak pembaca untuk membaca lebih lanjut di blog atau situs webmu. Pastikan untuk menyertakan tautan yang mengarah langsung ke artikel tersebut.


Memanfaatkan kode referral adalah salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan peluang keuntungan dalam bisnis onlinemu. Gunakan platform media sosial, kolaborasi dengan influencer, tawarkan insentif menarik, dan manfaatkan blog atau situs webmu untuk mempromosikan kode referralmu. Dengan strategi yang tepat dan usaha yang konsisten, kamu dapat meningkatkan jangkauan kode referralmu dan memperoleh lebih banyak peluang mendapatkan keuntungan dalam bisnis onlinemu.


Sumber Data: 

  • https://info.populix.co/articles/kode-referral-adalah/
  • https://www.niagahoster.co.id/blog/kode-referral-adalah/
  • https://kumparan.com/tips-dan-trik/cara-mendapatkan-kode-referral-dan-manfaatnya-20VDHPc1kLZ
  • https://unsplash.com/s/photos/social-media

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo