Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Arti Referral Sebagai Bagian dari Kegiatan Pemasaran

    Arti referral secara harfiah adalah rujukan.

    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti referral adalah rujukan. Tidak jauh berbeda dengan arti referral dalam dunia bisnis yang dikaitkan dengan strategi pemasaran dengan memanfaatkan rujukan. 

    Konsep sederhananya adalah ada seorang referrer (perujuk) yang memberikan sebuah tautan atau contoh kode referral ke beberapa orang lain, dan akhirnya mereka membuka tautan atau kode tersebut. 

    Dari tautan atau kode yang dibuka itulah, pihak referrer akan mendapatkan keuntungan, berupa insentif atau komisi dalam bentuk poin atau bonus karena dianggap sudah mampu mengajak orang lain untuk bergabung menjadi anggota atau membeli sebuah produk. 

    Arti Referral dalam Dunia Marketing Bisnis

    Seperti sudah dijelaskan tadi, arti referral dalam dunia bisnis adalah strategi pemasaran yang dapat mendorong pelanggan untuk mengajak pelanggan baru lainnya. Ajakan tersebut bisa berupa pembuatan akun, membagikan konten hingga ajakan untuk membeli produk.

    Istilah referral sering digunakan dalam bisnis online dengan jenis Paid To Click atau biasa disebut sebagai PTC. Umumnya, PTC digunakan untuk melakukan promosi dalam sebuah website dalam bentuk teks tautan, banner maupun berbentuk kode script.

    Ada penelitian yang menyatakan bahwa 92 persen konsumen akan lebih percaya terhadap suatu produk maupun jasa, apabila direkomendasikan oleh orang-orang yang telah mereka kenal. Penelitian ini dapat dibuktikan melalui maraknya tren mempromosikan suatu produk dengan kode referral.

    Referral dianggap mampu menjadi solusi ampuh bagi sebuah perusahaan untuk memperoleh hasil marketing dari pelanggan yang ingin merekomendasikan produknya.

    Salah satu contohnya adalah saat ini sangat marak content creator yang khusus membuat konten untuk merekomendasikan suatu barang maupun jasa di akun media sosialnya. Biasanya, setelah merekomendasikan dan memberikan review atau ulasan produk tersebut, content creator akan memberikan link maupun akun untuk membeli produk tersebut.

    Baca Juga: 9 Media Promosi Online Paling Efektif, Kamu Pilih yang Mana?

    Arti referral marketing merupakan sebuah proses pemasaran yang dilakukan oleh konsumen atau konsumen merekomendasikan sebuah produk. Terdapat banyak faktor yang memengaruhi konsumen hingga akhirnya konsumen bersedia menjadi promotor untuk suatu produk maupun layanan tertentu. Salah satunya adalah karena kepuasan konsumen terhadap produk maupun layanan tersebut, sehingga konsumen dengan sukarela merekomendasikan produk tersebut kepada orang yang mereka kenal.

    Selain itu, konsumen bisa termotivasi karena perusahaan memberikan reward atau insentif apabila konsumen melakukan referral marketing. Contohnya adalah salah satu e-commerce yang memberikan reward kepada konsumen yang melakukan referral, hingga akhirnya para konsumen pun beramai-ramai mempromosikan produk pada e-commerce tersebut hingga viral dan dikenal oleh banyak orang.

    Baca Juga: Rekomendasi Pemberian Customer Reward untuk Loyalty Program

    Ada beberapa jenis referral yang bisa digunakan sebagai media pemasaran.

    Jenis-jenis Referral

    Terdapat berbagai macam referral yang biasa digunakan sebagai media promosi atau pemasaran suatu brand, antara lain:

    Direct Referral

    Direct referral merupakan proses untuk mendaftar pada website tertentu menggunakan tautan referral yang telah diberikan kepada orang lain. Contohnya,  ada seorang temanmu yang mempromosikan sebuah tautan referral ke media sosial, apabila kamu tertarik pada tautan referral tersebut, maka kamu akan menjadi referral, dan temanmu akan menjadi upline atau sponsor.

    Ada beberapa keuntungan yang didapatkan apabila menggunakan referall ini, yang pertama adalah pengguna referral dapat menghapus tautan referralnya apabila tautan tersebut sudah tidak lagi memberikan pemasukan atau insentif.

    Kedua, pemilik referral tidak perlu repot, karena sistem otomatis yang dimiliki oleh direct referral. Sehingga walaupun referral didiamkan, tetap bisa mendapatkan insentif dari link tersebut. Jenis direct referral ini pun tidak memerlukan biaya dalam hal pengelolaannya, karena sistem dapat bekerja secara otomatis. 

    Rented Referral

    Sesuai dengan namanya, jenis rented referral merupakan referral yang diperuntukan untuk orang yang ingin menjadi anggota, dengan mendaftarkan dirinya di situs tertentu tanpa harus menjadi referral orang lain. 

    Singkatnya, pemilik situs menyewakan referral tersebut kepada member yang ingin menyewa dengan bayaran tertentu. 

    Namun, penggunaan rented referall ini sebaiknya dikelola dengan berhati-hati, sebab referral ini berbayar. Rented referral dapat diibaratkan seperti karyawan yang dibayar untuk menghasilkan uang untuk member referral

    Kode Referral

    Kode referral artinya sebuah kode yang digunakan untuk memberikan rujukan pada orang lain sebagai bentuk promosi atau pemasaran. Kode referral merupakan salah satu instrumen promosi atau strategi marketing seperti referral marketing.

    Kode referral merupakan kode rujukan yang biasanya terdiri dari kombinasi unik angka maupun huruf atau keduanya yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi member referral dalam program referral marketing.

    Kode referal umum digunakan oleh perusahaan untuk mengiklankan produk atau jasanya. Seperti melalui media sosial, perusahaan akan mengiklankan bahwa pelanggan akan mendapatkan potongan harga, apabila masuk melalui website resmi serta memasukan kode referral.

    Selain itu, kode referral juga digunakan untuk mengajak konsumen agar tertarik untuk merekomendasikan produk perusahaan agar dapat memunculkan pelanggan baru.

    Contohnya, suatu brand yang memberikan hadiah, apabila konsumen dapat mengajak sebanyak mungkin temannya untuk membeli brand tersebut. Dengan adanya iming-iming hadiah tersebut, maka pelanggan pun akan berlomba-lomba untuk mengajak kenalannya membeli produk dari brand tersebut.

    Sederhananya, kode referral artinya adalah teknik marketing yang memberikan keuntungan pada pelanggan apabila pelanggan telah berhasil memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut. Caranya adalah dengan meminta orang lain untuk memasukan kode referral ketika orang tersebut menjadi pelanggan baru.

    Baca Juga: Kode Referral, Cara Menarik Memperkenalkan Program Loyalitas

    Cara Buat Kode Referral

    Cara buat kode referral sebenarnya tidaklah susah, karena biasanya sudah didapatkan secara otomatis dari situs atau website sebuah brand. Misalnya, kamu ingin menjadi seorang referrer di aplikasi Shopee, maka yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mendaftar sebagai pengguna Shopee.

    Kode referral Shopee adalah sebuah kode yang bisa digunakan menjadi voucher dari program undang teman di Shopee. Jika ada orang yang memasukkan kode referral milikmu di akun pribadi mereka, orang tersebut akan mendapatkan cashback sesuai dengan promo yang sedang berlangsung. 

    Bukan hanya orang yang memasukkan kode referral yang akan mendapatkan keuntungan, kamu sebagai pihak referrer pun akan mendapatkan hadiah dalam bentuk cashback, poin, atau voucher potongan harga. 

    Caranya adalah, kamu hanya perlu melakukan pendaftaran seperti biasa dengan memasukkan semua data dan identitas diri yang diperlukan. Pastikan kamu sudah memasukkan semua data yang valid dengan benar sesuai dengan kolom yang sudah disediakan.

    Berikut langkah-langkah cara buat kode referral berikutnya.

    • Pada aplikasi, pilih “Menu Saya”
    • Pilih tab “Undang Teman”
    • Pilih “Undang temanmu”
    • Secara otomatis kode referral milikmu akan muncul
    • Salin kode referral tersebut dan mulailah membagikannya

    Baca Juga: Menjalankan Affiliate Marketing: Perhatikan Hal Ini!

    Contoh Kode Referral

    Kode referral adalah salah satu metode rujukan yang saat ini paling banyak digunakan sebagai media promosi atau pemasaran. Berikut adalah beberapa contoh kode referral yang mungkin akan sering kamu temukan dalam berbagai media. 

    Contoh kode referral Grab:

     

    Contoh Kode Referral Shopee:

     

    Keuntungan Menggunakan Referral Marketing Bagi Perusahaan

    Menentukan Target Pasar dengan Tepat

    Arti referral dalam dunia pemasaran atau marketing mempunyai makna yang tidaklah kecil. Referral dapat memberikan target pasar yang jelas untuk penjualan produk perusahaan. Dalam beberapa aspek lain, konsep referral ini terlihat sama seperti influencer marketing.

    Misalnya, saat perusahaan memilih seorang influencer yang memiliki target market atau audiens yang sama seperti yang diharapkan oleh perusahaan tersebut. Sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan kepada audiens akan lebih mudah diterima melalui influencer dengan audiens satu tipe.

    Hal yang sama terjadi dalam referral marketing, perusahaan akan berharap agar pelanggan dapat merekomendasikan produk maupun jasa usai mencoba produk tersebut. Karena umumnya, pelanggan akan memiliki kenalan yang berkarakteristik sama dengan seleranya.

    Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

    Konsumen atau pelanggan akan lebih percaya pada suatu produk apabila produk tersebut telah direkomendasikan oleh orang yang mereka kenal. Sehingga, referral marketing ini akan memberikan dampak pada kepercayaan konsumen.

    Mendapatkan Reach yang Tinggi

    Referral bisa mendapatkan reach yang tinggi berkat adanya website, media sosial maupun e-commerce. Setiap orang dapat memberikan rekomendasi produk maupun jasa yang mereka senangi kepada ratusan bahkan ribuan orang sekalipun apabila memiliki jumlah followers maupun pembaca yang banyak.

    Bisa dibilang bahwa referral marketing ini bekerja seperti virus, jadi bila satu brand dapat menarik satu pelanggan, maka pelanggan lain akan menarik calon konsumen lain untuk membeli brand tersebut. Proses tarik-menarik ini akan terus berlangsung. Sehingga brand pun dapat lebih dikenal oleh banyak orang hanya berdasarkan pada rekomendasi satu pelanggan.

    Keuntungan Menjadi Referral bagi Konsumen

    Arti referral bukan hanya penting bagi perusahaan brand tertentu, melainkan juga bagi konsumennya sendiri. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh pihak konsumen dari adanya referral marketing ini antara lain adalah:

    Mendapatkan Komisi Pembelian

    Bila ada referral yang melakukan pembelian pada website PTC, secara otomatis akan memberikan komisi pada member yang mengikuti website PTC tersebut dengan disesuaikan pada jenis keanggotaan yang dimiliki oleh member tersebut. Nilai komisi yang diterima cukup bervariasi, tergantung pada situs PTC tersebut mulai dari 1 persen hingga 10 persen.

    Mendapatkan Komisi Click Melalui Referral

    Komisi lain yang didapatkan oleh member referral adalah komisi click yang berasal dari referral. Komisi click ini merupakan jenis komisi yang memang sangat disukai oleh konsumen yang terdaftar sebagai member salah satu website PTC, karena jumlah komisinya berbeda dengan jenis komisi lain. 

    Komisi click ini didapatkan setiap kali ada orang yang mengklik iklan pada referal. Komisi ini berjalan setiap hari, walaupun terlihat menggiurkan setiap PTC akan memiliki peraturan yang berbeda, namun sama-sama mengharuskan member referral untuk mendapatkan click sebanyak empat kali sehari agar dapat menerima komisi per click.. Apabila jumlah click kurang dari batas minimal, maka member referral tidak dapat menerima komisi click tersebut.

    Penutup 

    Arti referral merupakan strategi marketing yang dianggap ampuh untuk menghasilkan keuntungan besar dan cepat memperkenalkan brand kepada pasar yang lebih luas. Namun, terkadang perusahaan akan kesulitan untuk dapat melihat atau melakukan cek apakah konsumen memang membeli produk tersebut berdasarkan referral seseorang atau tidak.

    Penggunaan referral marketing ini pun cukup mudah. Member referral dapat menyebarkan tautan maupun kode referral melalui media sosial. Penyebaran link maupun kode ini bekerja seperti influencer marketing. 

    Selain itu, member yang memiliki banyak followers di media sosialnya dapat secara langsung menggaet calon pembeli bahkan click dari link referral yang disebarkan hanya dalam satu kali unggah saja.

    Dari semua penjelasan lengkap mengenai arti referral dalam dunia pemasaran bisnis yang sudah dibahas tadi, bisa kamu ketahui bahwa saat ini memang ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan atau menjual produk kepada masyarakat. 

    Lantas, bagaimana bila ternyata strategi pemasaran dan penjualan yang kamu lakukan selama ini belum menunjukkan hasil yang signifikan dan belum mendatangkan keuntungan seperti yang kamu harapkan? 

    Tenang, majoo bisa membantu kamu dalam hal ini. Dengan aplikasi CRM yang disediakan oleh majoo, kamu bisa mendapatkan rekomendasi berbagai jenis kombinasi promo yang dianggap sesuai untuk menaikkan angka pendapatan bisnismu. 

    Promo tersebut dapat berupa potongan harga atau pemberian bonus produk, dengan pengaturan syarat berdasarkan hari dan jam tertentu, minimum pembelian, dan lainnya. Bagaimana? Tertarik untuk berlangganan majoo sekarang?

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.