Cara Membuat Kode Referral untuk Meningkatkan Penjualan

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Kode referral adalah sistem dimana pelanggan dapat memperkenalkan bisnismu kepada orang lain menggunakan kode unik mereka

Sebelum kita masuk ke how-to, mari kita pahami apa itu kode referral dan bagaimana hal itu bisa berdampak pada bisnis online kamu. Kode referral adalah sistem dimana pelanggan dapat memperkenalkan bisnismu kepada orang lain menggunakan kode unik mereka. Pelanggan yang menggunakan kode referral akan mendapatkan insentif, seperti diskon atau hadiah.


Bisnis online dapat memanfaatkan kode referral sebagai strategi pemasaran efektif. Dengan kode referral, bisnismu bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial yang diperkenalkan oleh pelanggan setia kamu. Inilah salah satu cara bagus untuk membangun loyalitas pelanggan sekaligus meningkatkan penjualan.

Langkah-langkah Membuat Kode Referral

Identifikasi Tujuan bisnismu

Sebelum membuat kode referral, kamu harus mengidentifikasi tujuan utama dari program ini. Apakah kamu ingin menambah jumlah pelanggan? Atau mungkin ingin meningkatkan jumlah penjualan produk tertentu? Tujuan ini akan membantu kamu merancang program referral yang paling sesuai.

Tentukan Insentif yang Menarik

Insentif adalah bagian terpenting dari program referral. Kamu harus menentukan insentif yang cukup menarik untuk mendorong pelanggan membagikan kode referral mereka. Ini bisa berupa diskon, cashback, atau bahkan produk gratis.

Buat Kode Referral yang Unik

Setelah menentukan insentif, langkah selanjutnya adalah membuat kode referral. Setiap pelanggan harus memiliki kode unik mereka sendiri. Ini memungkinkan kamu untuk melacak siapa yang berhasil membawa pelanggan baru.

Manfaat Kode Referral dalam Bisnis