Ciri-Ciri Departement Store yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Department Store, atau sering disebut sebagai pusat perbelanjaan, adalah jenis toko ritel yang menawarkan berbagai jenis barang

Ketika kamu berjalan-jalan di pusat kota besar, pasti tidak asing dengan yang namanya Department Store. Tempat yang menjadi tujuan belanja bagi banyak orang ini memiliki berbagai ciri khas dan fungsi yang menarik untuk dibahas. Mari kita mulai pembahasan ini dengan pengenalan umum tentang Department Store.


Sebelum kamu memahami lebih jauh, penting untuk mengetahui apa itu Department Store. Department Store, atau sering disebut sebagai pusat perbelanjaan, adalah jenis toko ritel yang menawarkan berbagai jenis barang dalam satu atap. Mereka menyediakan berbagai macam produk, mulai dari pakaian, perabotan rumah tangga, kosmetik, hingga peralatan elektronik.

Sejarah Singkat Department Store

Awal Munculnya Department Store

Sejarah Department Store tidak bisa dilepaskan dari perubahan struktur ekonomi dan sosial di masyarakat. Konsep department store modern pertama kali muncul di Paris, Prancis, pada pertengahan abad ke-19. Bon Marché, yang didirikan oleh Aristide Boucicaut pada tahun 1852, dianggap sebagai toko serba ada modern pertama di dunia. Boucicaut mengubah toko tekstil tradisional menjadi pusat penjualan barang-barang ritel yang menyediakan berbagai jenis produk, dari tekstil, mode, kosmetik, hingga peralatan rumah tangga, dalam satu atap.

Ekspansi Department Store ke Dunia

Pada akhir abad ke-19, konsep department store mulai menyebar ke berbagai belahan dunia. Di Amerika Serikat, department store modern pertama adalah Macy's yang dibuka di New York pada tahun 1858. Di Inggris, Harrods di London menjadi department store modern pertama yang dibuka pada tahun 1853. Model bisnis ini kemudian menyebar ke berbagai negara lainnya, termasuk Jepang, Australia, dan negara-negara di Asia lainnya.

Department Store di Era Digital

Masuknya era digital pada akhir abad ke-20 membawa perubahan besar pada dunia ritel, termasuk department store. Dengan kemunculan e-commerce, department store tradisional mulai bertransformasi menjadi department store digital yang menggabungkan pengalaman belanja offline dan online. Konsumen kini bisa memilih berbelanja secara langsung di toko fisik atau melalui situs web dan aplikasi mobile milik department store tersebut.

Ciri-ciri Department Store