Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Benarkah Competitive Advantage adalah Faktor Sukses Bisnis?

    Benarkah Competitive Advantage adalah Faktor Sukses Bisnis?

    Competitive advantage adalah salah satu kunci suksesnya bisnis.

    Pernah mendengar bahwa competitive advantage adalah salah satu hal yang bisa mendatangkan kesuksesan bagi bisnis? Hmmm, benarkah? Tapi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan competitive advantage itu? 

    Michael Porter, salah seorang ahli di bidang manajemen, menyatakan bahwa keunggulan bersaing atau competitive advantage adalah kemampuan yang diperoleh melalui karakteristik dan sumber daya suatu perusahaan untuk memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama. 

    Competitive advantage berasal dari kemampuan perusahaan untuk memanfaatkan kekuatan internalnya untuk merespon peluang lingkungan eksternal sambil menghindari ancaman eksternal dan kelemahan internal.

    Apa yang Dimaksud dengan Competitive Advantage?

    Pengertian competitive advantage adalah suatu keadaan ketika perusahaan memiliki penawaran yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Hal ini tentu diperlukan ketika ternyata perusahaan terlibat di dalam pasar dengan banyak bisnis lain yang sejenis.

    Keunggulan bersaing atau competitive advantage adalah suatu proses dinamis, yang tidak bisa sekadar dilihat sebagai hasil akhir. Hal ini dikarenakan keunggulan bersaing berasal dari banyaknya aktivitas berlainan yang dilakukan oleh perusahaan dalam mendesain, memproduksi, memasarkan, menyerahkan dan mendukung produknya. 

    Bisa disimpulkan bahwa arti competitive advantage sangat penting bagi bisnis karena termasuk salah satu faktor yang berpengaruh dalam kesuksesan bisnis jangka panjang. 

    Alasannya, saat sebuah bisnis mampu mengungguli kompetitor, tentunya tidak hanya ada potensi kenaikan pendapatan, tetapi pertumbuhan bisnis juga bisa meningkat. Dengan mengetahui keunggulan kompetitif, maka perusahaan akan lebih berpeluang untuk mendapatkan perhatian dari konsumen. 

    Beberapa contoh competitive advantage adalah harga yang lebih murah, free gift atau bonus yang tidak diberikan di tempat lain atau bisa juga dalam bentuk produk atau jasa yang tidak dapat disediakan pesaing.

    Meskipun begitu, competitive advantage tidak hanya meliputi produk akhir atau output yang diproduksi, melainkan juga tenaga kerja yang mumpuni sehingga berpengaruh terhadap produk akhir.

    Baca Juga: Inilah Competitive Advantage yang Sebetulnya Dimiliki UMKM

    Cara Membangun Competitive Advantage

    Lalu bagaimana cara membangun competitive advantage yang tepat sasaran? Beberapa aspek penting yang perlu kamu perhatikan dalam membangun competitive advantage adalah:

    Analisis Pasar (Market Research)

    Market research atau analisis pasar merupakan sebuah kegiatan penting. Tujuannya adalah untuk melihat kebutuhan pasar saat ini dan kesanggupan pihak perusahaan demi mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. 

    Dengan melakukan analisis pasar, para produsen bisnis dapat terhindar dari inefisiensi karena sudah memiliki gambaran akan apa yang telah terjadi di pasar. 

    Tiga hal utama yang bisa dilakukan ketika menganalisis pasar untuk kebutuhan competitive advantage adalah:

    • Menentukan target pasar atau demografi
    • Menentukan manfaat besar yang ditawarkan produk pada konsumen
    • Menganalisis pesaing (cari tahu kekuatan dan kelemahannya).

    Mengenali Kekuatan Inti

    Setelah mengenali kebutuhan pasar, produsen atau pihak perusahaan dapat melihat kekuatan yang mereka miliki untuk bisa mengisi kekosongan dalam pasar. Dalam hal ini, mereka  juga dituntut untuk tetap konsisten dengan apa yang diusungnya.

    Salah satu contoh competitive advantage adalah perusahaan penyedia transportasi online. Karena jumlah perusahaan masih sangat sedikit, maka produsen ini dapat dikatakan memiliki keunggulan komparatif.

    Kekuatan intinya berada pada jasa layanan transportasi online. Apabila perusahaan tersebut memutuskan untuk melebarkan sayapnya ke dalam penjualan pakaian bayi, maka konsumen tentu saja akan meragukannya. 

    Menentukan Strategi

    Hal lain yang perlu dipersiapkan dalam membangun competitive advantage yaitu menentukan strategi yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan/bisnis. 

    Contohnya,  membuat diferensiasi produk, membuat produk lebih unggul dibanding pesaing. Beberapa strategi yang dapat dilakukan bisnis demi mencapai competitive advantage antara lain:

    • Strategi diferensiasi
    • Strategi kepemimpinan biaya
    • Pendekatan terfokus
    • Strategi pencitraan merek
    • Keuntungan jaringan
    • Keuntungan sumber daya

    Baca Juga: Pahami Strategi Bisnis Sayuran Online Sebelum Memulai, Yuk!

    Evaluasi Proses Produksi

    Hal yang tidak kalah penting adalah melakukan evaluasi proses produksi. Meskipun variasi konsumen ada banyak, tetapi satu hal yang pasti adalah konsumen menyukai sesuatu dengan harga terjangkau.

    Meskipun sensitivitas terhadap harga bisa berbeda-beda, tetapi alangkah baiknya bila produsen mengakomodasi keinginan konsumen ini dengan menilai kembali proses produksi. 

    Dari hasil evaluasi tersebut, dapat dirumuskan sebuah rencana penghematan sumber daya yang selanjutnya juga berdampak pada biaya produksi dan harga produk yang lebih rendah.

     Ada beberapa jenis competitive advantage.

    Jenis-jenis Competitive Advantage

    Keuntungan Cost Leading

    Dapat dikatakan bahwa pihak pemilik bisnis atau perusahaan memiliki keunggulan komparatif dalam hal cost leading ketika mereka mampu menjual produk dengan harga lebih murah. 

    Mengapa produsen bisa menjual harga yang murah?

    Salah satu penyebabnya adalah karena adanya skala produksi yang terpenuhi pada suatu perusahaan. Bayangkan bila kamu membeli barang yang hanya sedikit, maka tidak akan diperoleh bonus atau potongan harga, tetapi bila membeli cukup banyak barang maka kita akan mendapatkan ekstra produk atau harga lebih murah.

    Keuntungan Cost Leadership

    Cost leadership artinya perusahaan memberikan nilai yang standar dengan harga yang lebih rendah. Perusahaan melakukannya dengan terus meningkatkan efisiensi operasional, misalnya dengan membayar upah/gaji karyawan yang lebih rendah. 

    Beberapa perusahaan bahkan mengkompensasi upah yang lebih dengan menawarkan fasilitas tidak berwujud seperti opsi saham, tunjangan, atau peluang promosi. Ada juga yang mengambil keuntungan dari surplus tenaga kerja tidak terampil. 

    Keuntungan Diferensiasi

    Diferensiasi berarti perusahaan memberikan manfaat yang lebih baik. Sebuah perusahaan dapat mencapai diferensiasi dengan menyediakan produk yang unik atau berkualitas tinggi. 

    Perusahaan dengan strategi diferensiasi dapat menyasar harga premium dengan margin yang jauh lebih tinggi. Perusahaan biasanya mencapai diferensiasi dengan inovasi, kualitas, atau layanan pelanggan.

    Keuntungan yang Fokus pada Pasar

    Produsen juga dapat memperoleh competitive advantage adalah saat bisa  memfokuskan target pada hal spesifik. Penyempitan sasaran pasar akan membuat konsumen percaya bahwa suatu brand memiliki kualifikasi pada aspek yang ditonjolkan.

    Pendekatan yang berfokus pada pasar dapat menggunakan strategi yang memberikan informasi kepada bisnis tentang target demografisnya, dan bisnis tersebut kemudian menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan produk atau layanannya dengan lebih baik guna memenuhi kebutuhan pasarnya.

    Hal ini sangat menguntungkan karena perusahaan dapat menggunakan pendekatan ini untuk membangun hubungan dengan pelanggan mereka dengan mempersonalisasi pengalaman pembelian pasar.

    Keuntungan Sumber Daya

    Penguasaan sumber daya juga dapat menyebabkan suatu perusahaan memiliki dominasi yang diperhitungkan dalam pasar. Sumber daya ini dapat berupa apa saja, bisa jadi akses terhadap produk impor atau dapat pula bahan baku produksi dengan penggunaan terbatas.

    Salah satu contoh competitive advantage dalam hal ini adalah PT. Perusahaan Listrik Negara. Berdasarkan undang-undang, sumber daya esensial di Indonesia hanya dapat dikelola oleh negara. Bayangkan bila listrik umum dikelola oleh swasta dan mereka mematok harga tinggi karena permintaannya banyak.

    Keunggulan PT. PLN dapat dikatakan termasuk sustainable competitive advantage karena dari tahun ke tahun belum ada perusahaan lain yang masuk ke dalam pasar disebabkan adanya larangan tersebut. Sustainable competitive advantage adalah keunggulan kompetitif yang sifatnya awet karena didukung oleh aturan tertentu semisal undang-undang pada PT. PLN.

    Keunggulan Merek

    Keunggulan merek juga dapat dilihat sebagai loyalitas merek yang berasal dari memiliki merek yang unik atau unggul.

    Citra merek, positioning dan strategi pemasaran dapat menginspirasi pelanggan untuk setia pada suatu merek dan seringkali membayar lebih untuk memiliki produk merek atau menggunakan layanan merek.

    Selain itu, keunggulan merek dapat melibatkan pembaruan terus-menerus fitur unik untuk produk atau layanan merek agar tetap terkini dalam memberikan manfaat unik kepada pelanggan.

    Baca Juga: Apa Itu Co-Branding? Ketahui Seluk-Beluknya di Sini!

    Dari ulasan di atas dapat disimpulkan jika competitive advantage adalah hal yang memiliki peran penting dalam bisnis karena bisa berpengaruh pada kesuksesan yang diraih.

    Membuat competitive advantage tidak bisa secara instan, semuanya membutuhkan proses, strategi, dan juga pengembangan. Namun, sebuah perusahaan yang berhasil mendapatkannya, dapat memperoleh margin yang lebih tinggi dan kelangsungan bisnis berjalan dalam jangka panjang.

    Bagaimana dengan kamu dan bisnismu? Sudahkah menemukan competitive advantage yang menjadikan usahamu berbeda dengan kompetitor? Jika sudah, selamat. Jika belum, jangan putus asa! Lakukan secara cermat dan teliti dan manfaatkan fitur-fitur penting dari majoo sebagai aplikasi point of sales yang akan membantu kamu mengelola bisnis. Tidak perlu ragu berlangganan majoo, ya!

    Pertanyaan Terkait

    • Jenis-jenis Competitive Advantage antara lain: (1) Keuntungan Cost Leading, (2) Keuntungan Cost Leadership, (3) Keuntungan Diferensiasi, (4) Keuntungan yang Fokus pada Pasar, (5) Keuntungan Sumber Daya, (6) Keunggulan Merek
    • Competitive advantage sangat penting bagi bisnis karena termasuk salah satu faktor yang berpengaruh dalam kesuksesan bisnis jangka panjang. Alasannya, saat sebuah bisnis mampu mengungguli kompetitor, tentunya tidak hanya ada potensi kenaikan pendapatan, tetapi pertumbuhan bisnis juga bisa meningkat. Dengan mengetahui keunggulan kompetitif, maka perusahaan akan lebih berpeluang untuk mendapatkan perhatian dari konsumen.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Metode Penyusutan Aktiva Tetap!
    Seiring waktu, aset tetap akan mengalami depresiasi. Untuk mengetahui biaya penggunaan aset, perlu metode penyusutan aktiva tetap. Ketahui caranya di sini!
    Negosiasi adalah: Pengertian, Contoh, Jenis, Ciri-Ciri
    Negosiasi adalah proses interaksi antara pihak-pihak yang berusaha menemukan titik temu. Pahami pengertian, tujuan, contoh negosiasi.
    Rumus Persentase, Cara Menghitung Beserta Contoh Penggunaanya
    Cara menghitung persen merupakan metode untuk mendapatkan sebuah nilai atau data. Pelajari juga tentang rumus persentase di excel, rumus persentase keuntungan.
    PT adalah: Menilik Pengertian dan Cara Membuat Perseroan Terbatas
    PT adalah kepanjangan dari perseroan terbatas, yaitu bentuk badan usaha yang dilindungi oleh hukum dengan modal yang terdiri dari saham.