Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Pahami Strategi Bisnis Sayuran Online Sebelum Memulai, Yuk!

    Pahami Strategi Bisnis Sayuran Online Sebelum Memulai, Yuk!

    Bisnis sayuran online berpeluang menjadi bisnis yang sangat menguntungkan

    Beberapa tahun terakhir bisnis sayuran online menjadi cukup populer di Indonesia. Bisnis sayuran dinilai memiliki peluang yang bagus bagi pebisnis yang sudah profesional, maupun yang masih pemula. 

    Salah satu alasannya adalah karena sayur merupakan salah satu bahan pokok makanan masyarakat Indonesia. Semakin banyak yang mencari dan membutuhkan, artinya peluang untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis sayuran online pun semakin besar. 

    Wajar bila akhirnya ada banyak pebisnis yang ingin mencoba peruntungannya dari bisnis sayuran ini. Namun, tidak sedikit pula pebisnis yang ternyata belum tahu cara mengatur dan mengelola bisnis sayuran online dengan baik untuk menghindari terjadinya kerugian. 

    Sama seperti bidang bisnis lainnya, bisnis sayuran online pun membutuhkan strategi bisnis sayuran yang tertata dengan rapi agar bisa menjadi sumber penghasilan yang mumpuni. 

    Peluang Bisnis Sayuran 

    Bukan hanya di Indonesia, di beberapa negara lain pun sayuran menjadi salah satu kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan setiap harinya. Masyarakat yang membutuhkannya bukan hanya dari kalangan rumah tangga, melainkan juga dari usaha lainnya, seperti pemilik rumah makan, restoran, hotel, dan masih banyak lagi. 

    Dari gambaran tersebut, bisa kamu lihat dengan jelas bahwa pangsa pasar bisnis sayuran sebenarnya sangatlah luas. Mulai dari partai kecil, sampai partai besar.

    Beberapa hal yang menyebabkan bisnis sayuran menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan, antara lain:

    • Sayur merupakan salah satu kebutuhan setiap hari
    • Penjualan tidak mengenal waktu, bisa dijual di pagi, siang, dan sore hari
    • Bisa dijual dalam bentuk partai kecil dan besar, baik dengan sistem kerja sama maupun penjualan langsung
    • Ada cukup banyak metode penjualan, mulai dari berjualan di rumah, keliling, menyewa tempat strategis, hingga bisnis sayuran online
    • Cocok untuk dijalankan di daerah desa maupun kota
    • Termasuk bisnis yang bisa dimulai dalam skala kecil atau besar
    • Jumlah modal yang dibutuhkan bisa disesuaikan
    • Tidak memerlukan keahlian khusus untuk memulai bisnis
    • Keuntungan yang didapat dihitung berdasarkan selisih harga jual dengan harga kulakan. Sehingga harga jual pun bisa lebih fleksibel.
    • Kemungkinan merasakan rugi atau bangkrut sangat kecil.

    Dari beberapa poin tersebut, terlihat bahwasanya bisnis sayuran memang bisa dimulai bahkan oleh seorang pebisnis pemula sekalipun. 

    Bisnis sayuran online ini nyatanya tidak bisa dianggap sebelah mata, karena nilai keuntungannya yang juga sangat lumayan. Jika kamu baru akan memulai usaha di bidang ini, tidak ada salahnya untuk memulai dengan modal yang lebih minim terlebih dahulu sembari kamu mempelajari jenis-jenis sayuran yang lebih dibutuhkan dan diinginkan oleh para pembeli.

    Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Contoh Perusahaan Perseorangan

    Kendala dan Risiko Bisnis Sayuran

    Layaknya dua sisi mata uang, bila ada sisi baik tentu ada sisi kurang baiknya dari suatu hal. Begitu juga dengan bisnis sayuran, meskipun memiliki peluang yang bagus, bisnis ini juga punya kendala dan risiko seperti berbagai jenis bisnis yang lainnya. 

    Berikut beberapa hal yang menjadi kendala, tantangan serta risiko dari bisnis sayuran online:

    • Konsumen hanya menyukai sayuran yang masih segar
    • Beberapa jenis sayuran sangat mudah berubah kondisi dalam waktu singkat, jadi harus benar-benar memahami cara perawatannya. 
    • Terkadang para konsumen akan menawar atau meminta potongan harga. Jadi kamu harus selalu siap untuk memberikannya.
    • Ada banyak sekali jenis sayuran yang ada, jadi sebaiknya harus mengingat-ingat dengan jeli.
    • Persaingan bisnis yang cukup tinggi

     Persaingan dalam bisnis sayuran online cukup tinggi

    Contoh Bisnis Sayuran yang Menguntungkan 

    Jika kamu tertarik terjun ke dunia bisnis sayuran, berikut contoh bisnis sayuran yang menguntungkan dengan berbagai alasan. 

    Cabai 

    Cabai merah merupakan contoh bisnis sayuran yang menguntungkan. Alasan utamanya adalah karena cabai adalah komoditas yang paling baik untuk dijadikan sebagai investasi. 

    Prospek bisnis sayuran cabai merah sangat baik karena masyarakat di berbagai negara termasuk Indonesia gemar mengonsumsi cabai. Beragam jenis cabai yang bisa kamu tanam adalah cabai rawit, cabai keriting, cabai hijau, dan lainnya. 

    Untuk mendapatkan bibitnya, kamu bisa membelinya di toko yang menyediakan berbagai jenis bibit cabai. Kamu juga bisa mencari bibit cabai di toko online atau marketplace.

    Sayur Bayam

    Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang disukai oleh banyak orang. Bayam cukup mudah ditemukan di berbagai tempat dan menjadikannya sebagai bukti bahwa bayam memang cukup mudah ditanam. 

    Keuntungan dari menanam bayam adalah kamu hanya perlu memotong bagian batang dan daunnya, tidak perlu mencabut hingga akarnya. Dengan begitu, kamu tidak perlu menanamnya kembali karena rantingnya akan tumbuh kembali.

    Kangkung

    Bukan hanya bisa menjadi contoh bisnis sayuran yang menguntungkan dalam sektor usaha, nyatanya kandungan zat yang terdapat di dalam kangkung juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

    Kangkung merupakan golongan sayuran yang cukup mudah penanaman dan perawatannya. Untuk menanam sayuran ini, kamu hanya perlu memberikan suplai air yang cukup. Kamu bisa menanamnya di sawah atau membangun tegalan (lahan kering/ladang). 

    Timun

    Permintaan pasar terhadap timun selalu tinggi dan bisa dibilang dibutuhkan oleh semua orang. Alasannya adalah karena timun bisa dikonsumsi langsung atau menjadi bahan tambahan seperti rujak, batagor, gado-gado, dan lainnya.

    Pertumbuhan timun sendiri tergolong cepat. Sebab, hanya butuh beberapa minggu saja untuk menunggu sayuran ini panen.

    Pare

    Salah satu alasan pare merupakan contoh bisnis sayuran yang menguntungkan adalah karena penggemar jenis sayuran ini memang banyak sekali. Tak jarang stok pare di pasar tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

    Pare menjadi salah satu sayuran yang dicari oleh banyak orang karena memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika kamu bisa memanfaatkan hal ini, pare bisa menjadi jenis bisnis sayuran online yang akan mendatangkan banyak keuntungan untuk kamu. 

    Baca Juga: Bibit Tanaman, Peluang Bisnis yang Tak Biasa di Masa Pandemi

    Strategi Bisnis Sayur Online 

    Memulai bisnis sayur online adalah sebuah ide yang cemerlang. Untuk memulainya tidak memerlukan modal yang terlalu besar, namun tetap membutuhkan strategi bisnis sayuran online yang tepat. 

    Berikut beberapa strategi bisnis sayuran online untuk pemula yang baru mau memulai usahanya: 

    Tetapkan Jenis Sayur yang Akan Dijual

    Jenis sayuran yang paling sering dikonsumsi sehari-hari adalah bayam, kangkung, wortel, sawi hijau dan putih, jagung, tomat, kentang, terong, dan kol. 

    Kamu harus menetapkan menjual jenis sayuran apa saja. Akan sangat baik bila ternyata bisa menyediakan semua jenis sayuran, namun bukan suatu masalah besar jika kamu hanya menjual komoditas sayuran yang umum terlebih dulu. 

    Cari Vendor Sayur yang Kredibel

    Bila sudah menetapkan jenis sayuran yang akan dijual, akan lebih mudah untuk mencari vendor yang menyediakan sayuran segar untuk kamu jual kembali. 

    Hal penting yang harus diperhatikan saat memulai bisnis sayuran adalah kualitasnya dan ketepatan waktu. Bila salah memilih supplier, itu akan sangat merugikan baik untuk kamu atau konsumen.  Kamu bisa bekerja sama dengan petani lokal atau pedagang di pasar besar terdekat. 

    Pilih Metode Belanja Sayur yang Paling Efisien 

    Pertimbangkan untuk memulai bisnis sayuran online dengan sistem pre-order. Pre-order adalah sistem penjualan di mana konsumen dapat memesan lebih dulu dan pedagang menyediakannya sesuai dengan waktu yang ditentukan. 

    Hal ini cukup membantu kamu dalam hal pengelolaan sayur, karena kamu tidak perlu menyetok terlalu banyak jenis sayur yang memiliki risiko busuk atau tidak segar. 

    Sediakan Kulkas Khusus 

    Memiliki bisnis sayuran online bukan berarti kamu tidak memerlukan peralatan pendukung, seperti kulkas atau freezer dan kotak penyimpanan yang kedap udara. 

    Pelajari cara mengorganisir sayur dan jangan lupa untuk selalu memeriksa kesegaran sayur. 

    Manfaatkan Jasa Pengiriman yang Cepat dan Praktis 

    Salah satu hal penting yang perlu kamu pikirkan sebelum memulai bisnis sayuran online adalah cara mengirim sayur yang sudah dipesan secara online ke konsumen dengan tepat waktu. 

    Pikirkan juga cara pengemasan yang baik agar sayur tidak rusak atau malah jadi busuk dalam perjalanan. 

    Tips membungkus sayur:

    • Bungkus dengan kertas atau plastik berlubang. 
    • Masukkan ke kotak es untuk pengiriman dengan jarak yang cukup jauh.

    Baca Juga: Fungsi, Tujuan, dan Jenis Kemasan Produk yang Baik

    Branding Melalui Media Sosial

    Bisnis sayuran online juga butuh branding. Branding bisa menjadi strategi bisnis sayuran yang membuat konsumen mengingat dan mampu mengidentifikasi brand atau produk dengan mudah. 

    Kamu bisa memulai branding dengan membuat logo, maskot, slogan, mendesain kemasan produk yang menarik, serta terus melakukan promosi online

    Kamu juga bisa membuat website khusus untuk bisnis sayuran online milikmu. Website akan membantu kamu dalam memasarkan produk jualan dan menjangkau lebih banyak konsumen. Konsumen bisa dengan mudah mengakses informasi harga, deskripsi produk, atau keterangan lainnya terkait brand kamu. 

    Pastikan kamu selalu berinteraksi dengan audiens di media sosial agar tetap terkoneksi dengan baik. Pastikan untuk selalu dengarkan kritik dan saran untuk meningkatkan performa. 

    Kategori Jenis Sayur

    Tujuan adanya bisnis sayur online adalah untuk memudahkan konsumen mendapatkan sayuran segar untuk dikonsumsi, tanpa perlu keluar rumah. Selain menjual sayur satuan per jenisnya, cobalah untuk membuat kategori jenis sayur berdasarkan menu dan porsi makanan. 

    Contoh kategori jenis sayur: 

    • 1 paket sayur sop untuk 3-4 porsi. 
    • 1 paket sayur asem untuk 5-6 porsi.
    • 1 paket sayuran untuk capcay 1-2 porsi. 
    • 1 paket sayur bayam dengan jagung dan wortel untuk 3-4 porsi. 

    Kamu juga bisa membuat banyak kategori lainnya sesuai dengan menu favorit keluarga. Setiap paket itu terdiri dari semua jenis sayur dan bumbu lengkap untuk dimasak langsung. 

    Pentingnya Peran Promosi

    Strategi bisnis sayuran yang tidak kalah penting adalah kegiatan promosi. Jangan ragu-ragu untuk melakukan promosi demi memperkenalkan brand, menumbuhkan kepercayaan, dan menarik perhatian calon konsumen.

    Berbagai jenis promosi yang bisa kamu coba, misalnya potongan harga untuk pembeli pertama, fitur gratis ongkir, beli 2 dapat 1, atau hadiah gratis lainnya.

    Kamu harus selalu bisa menggali ide promosi yang cemerlang sembari menghitung biaya promosi tersebut. 

    Baca Juga: 9 Media Promosi Online Paling Efektif, Kamu Pilih yang Mana?

    Cara Bisnis Sayuran Online

    Pada penerapannya, ada banyak opsi cara bisnis sayuran online yang bisa kamu pilih. Misalnya, menjual sayur dalam keadaan mentah maupun matang. Keduanya tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. 

    Buat Akun Media Sosial

    Cobalah untuk membuat akun media sosial, seperti Instagram dan Facebook, lalu berilah nama akun yang cukup menarik untuk bisnis sayuran online milikmu.

    Unggah foto atau video yang jelas dan menarik untuk dilihat para audiens, jangan lupa juga untuk bisa memberikan caption yang menggugah orang untuk membeli sayuran.

    Promosikan ke Tetangga, Teman, dan Keluarga

    Informasikan kepada tetangga terdekat, teman, dan tentunya keluarga terkait bisnis yang sedang kamu jalankan. Jangan lupa juga untuk menawarkan kepada tetangga terdekat untuk membeli sayuran yang kamu jual. 

    Tetangga bisa jadi calon pelanggan tetap karena jaraknya yang dekat dan mudah dijangkau. Jadi, jangan remehkan hal ini. 

    Cobalah untuk menanyakan pendapat mereka terkait pengalaman membeli sayuran di bisnis sayuran milikmu, tujuannya adalah agar bisa kamu jadikan sebagai bahan evaluasi dan bisa untuk mengembangkan bisnis. 

    Bergabung di Marketplace

    Dengan segala perkembangan teknologi yang ada saat ini, rasanya kamu wajib membuka toko di marketplace yang saat ini memang sedang sangat digemari. Alasannya adalah karena saat ini lebih banyak orang yang percaya berbelanja di sana. 

    Sistem pre-order di marketplace dikenal lebih tertata dengan baik. Selain itu, adanya promo cashback dan free ongkir juga membuat lebih banyak orang lebih suka berbelanja di marketplace.

    Jangan lupa juga untuk rajin melakukan update stok sayuran dan merespon diskusi, chat ataupun pertanyaan lain dari pelanggan.

    Jika masih bingung menentukan program promosi yang tepat untuk bisnis sayuran online milikmu, kamu bisa memanfaatkan fitur aplikasi toko online dari majoo yang sudah terintegrasi dengan beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan juga Bukalapak. 

    Dengan sistem yang sudah terintegrasi ini, kamu tidak perlu repot-repot membuka aplikasi marketplace satu persatu untuk mengecek stok atau pesanan yang masuk. Proses terima pesanan, pengiriman, pengaturan produk, promo, inventori dapat dilakukan dari satu tempat dengan majoo. 

    Masih dilengkapi juga dengan invoice dalam bentuk pdf yang dapat dicetak atau downlaod serta alamat pengiriman dapat dicetak dengan printer label. Bermanfaat sekali, kan? So, tunggu apa lagi? Pakai majoo sekarang! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.