30 Contoh Kebutuhan Sekunder Penting dalam Bisnis

Ditulis oleh Ajar Pamungkas

article thumbnail

Televisi merupakan salah satu contoh kebutuhan sekunder di tempat usaha.

Apakah dalam menjalankan bisnis, kita perlu tahu apa saja contoh kebutuhan sekunder? Tentu saja, dong. Namun, sebelumnya, tahukah kamu apa yang disebut dengan kebutuhan sekunder itu sendiri? Bagaimana jika kita bahas bersama-sama!

Apa Itu Kebutuhan Sekunder?

Apa itu kebutuhan sekunder? Secara sederhana kita dapat menjelaskannya sebagai kebutuhan yang sebenarnya penting, tetapi sifatnya tidak mendesak sehingga kita bisa mencoba memenuhinya setelah semua kebutuhan dasar atau kebutuhan primer terpenuhi.

Karena sebenarnya dibutuhkan, akan menyenangkan sekali jika kita bisa memenuhinya. Namun, kebutuhan sekunder sebaiknya tidak dijadikan prioritas utama, karena sifatnya yang tidak mendesak, sebenarnya operasional bisnis masih dapat berjalan sekalipun kebutuhan sekunder ini belum terpenuhi.

Nah, jika sudah mengetahui apa itu kebutuhan sekunder, tentu bisa mencoba menyebutkan contohnya juga, dong? Tenang saja, tak usah panik, coba jadikan contoh-contoh berikut sebagai sontekan!

30 Contoh Kebutuhan Sekunder dalam Bisnis

Sebenarnya, ada banyak sekali benda atau perlengkapan yang termasuk dalam kebutuhan sekunder untuk memastikan operasional bisnis dapat berjalan dengan lebih lancar dan mudah.

Saking banyaknya, kita bahkan bisa memberikan 30 contoh kebutuhan sekunder dalam bisnis. Tak percaya? Coba perhatikan daftar terlebih dahulu! Ada berapa kebutuhan sekunder yang disediakan bisnismu?

  • Alat Telekomunikasi

Peralatan telekomunikasi seperti handphone yang digunakan khusus untuk bekerja jelas merupakan sesuatu yang penting. Tanpanya, karyawan yang satu dengah yang lain akan sulit untuk berkoordinasi, khususnya mereka yang bekerja di lapangan. Namun, kadang alat telekomunikasi khusus kantor tak diperlukan karena bisa menggunakan handphone pribadi.

  • Laptop dan Komputer

Sama seperti alat komunikasi, akan menyenangkan jika perusahaan bisa memberikan, atau meminjamkan, laptop dan komputer untuk memperlancar kerja karyawannya. Pun demikian, di beberapa perusahaan, khususnya yang mengharuskan karyawannya membawa gawai sendiri, laptop kantor menjadi kebutuhan sekunder.

  • Dapur atau Pantry

Umumnya jam kerja atau jam operasional melewati jam makan siang pula. Keberadaan dapur, meski tak berhubungan langsung dengan bisnis, dapat menjadi kebutuhan yang krusial.

  • Layanan Office Boy

Tentu akan menyenangkan jika dapat dukungan dari office boy ketika bekerja di kantor. Namun, jelas ini bukanlah kebutuhan yang mendesak, kan, karena tentunya setiap karyawan bertanggung jawab terhadap kebersihan serta kenyamanan tempat kerja.

  • Layanan Makan Siang

Di beberapa tempat usaha, makan siang disediakan oleh perusahaan. Benefit semacam ini akan sangat menarik minat karyawan. Namun, jika masih ada kebutuhan kantor lain yang perlu dipenuhi, agaknya kebutuhan ini bisa ditunda dulu.

  • Fasilitas Olahraga

Menjaga kebugaran karyawan jelas akan memberikan manfaat yang besar untuk mendorong produktivitasnya. Sejumlah fasilitas olahraga yang cukup ringkas dapat disediakan untuk mencapai target ini. Namun, ini hanya kebutuhan sekunder saja, ya!

  • Burn-out Prevention Program

Jika tempat usaha sudah stabil dan seluruh kebutuhan dasar terpenuhi, coba pertimbangkan untuk membuat burn-out prevention program agar karyawan tidak mudah stres. Mudah, kok, adakan acara santai di satu hari tanpa boleh ada obrolan terkait kerjaan.

  • Koran Berlangganan

Berlangganan surat kabar termasuk salah satu dari 30 contoh kebutuhan sekunder yang menarik untuk dipenuhi. Dengan berlangganan koran, kita bisa mendorong karyawan untuk memperluas wawasan serta membuka pandangannya terhadap lingkungan sekitar.

  • Televisi Kabel

Bekerja sepanjang hari jelas akan melelahkan. Sesekali karyawan juga perlu dihibur dengan tayangan menarik agar tidak mudah merasa penat. Sediakan televisi kabel dengan saluran-saluran unggulan untuk membuat karyawan santai serasa di rumah sendiri.

  • Layanan Absensi Digital (Fingerprint)

Mencatatkan kehadiran karyawan secara manual untuk laporan performa bisa menjadi sesuatu yang melelahkan bagi karyawan HR. Coba permudah mereka dengan menyediakan layanan absensi digital dengan fingerprint. Tentu akan mempermudah kerja mereka, kan?

  • Aplikasi Komunikasi Digital

Agar komunikasi semakin mudah dan tak tercampur dengan komunikasi pribadi, perusahaan bisa mendaftarkan karyawannya untuk menggunakan aplikasi komunikasi khusus. Namun tentunya akan ada tambahan biaya lagi, jadi pastikan kebutuhan utama sudah terpenuhi dulu.

  • Kendaraan Dinas

Bagi orang lapangan, kendaraan dinas akan sangat membantu operasional harian. Hanya saja, harga kendaraan yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan kebutuhannya membuatnya menjadi kebutuhan sekunder yang tak mendesak untuk digunakan segera.

 Tersedianya kendaraan dinas merupakan salah satu contoh kebutuhan sekunder.

  • Persediaan Alat Tulis Kantor

Umumnya setiap karyawan sudah membawa alat tulisnya sendiri sesuai kebutuhan ketika berangkat kerja. Akan tetapi, tak ada salahnya pula untuk menyediakan alat tulis yang memang dibutuhkan di tempat usaha. Tentu ini akan mempermudah karyawan bekerja.

  • Perlengkapan Kebersihan

Kadang kala, ada saja kehebohan yang dilakukan karyawan hingga mengotori tempat usaha; misalnya dengan menjatuhkan minuman atau semacamnya. Menyediakan perlengkapan kebersihan bukan tanggung jawab perusahaan, sih, tetapi akan berguna sekali di situasi semacam ini.

Baca juga: Pengertian Kebutuhan Sekunder: Faktor dan Contohnya!

  • Saluran Musik Berbayar

Beberapa karyawan senang, dan bahkan bisa lebih fokus, bekerja sambil mendengarkan musik. Pertimbangkan untuk menyediakan layanan musik berbayar yang bisa diakses gratis oleh karyawan untuk meningkatkan semangat kerjanya. Tak sulit, kan?

  • Program Apresiasi Karyawan

Siapa, sih, yang tidak ingin hasil kerjanya diapresiasi? Karyawan mana pun jelas ingin, dong, memperoleh apresiasi dari perusahaan. Karena itu, setelah memenuhi seluruh kebutuhan dasar, coba sisihkan sebagian anggaran untuk membuat program-program apresiasi untuk karyawan!

  • Pendingin Ruangan

Percaya atau tidak, tak semua tempat usaha dilengkapi dengan pendingin ruangan yang dapat membuat kantor tetap sejuk, lho! Pasalnya, pendingin ruangan memang termasuk salah satu contoh kebutuhan sekunder yang memang tak harus selalu ada.

  • Free-flow Air Putih

Bekerja setidaknya delapan jam sehari jelas tak memungkinkan jika dilakukan dalam keadaan haus, kan? Meski karyawan bisa membawa bekal minum sendiri, tak ada salahnya untuk meletakkan galon air minum yang bisa digunakan oleh siapa pun!

  • Area Merokok

Sedikit sepele, memang, tetapi tak ada salahnya untuk menyadari bahwa sebagian karyawan mungkin seorang perokok. Ada baiknya menyediakan temporary khusus untuknya merokok agar tak tercampur dengan orang-orang yang memang tidak merokok.

  • Langganan Aplikasi Streaming

Meski tidak berhubungan langsung dengan bisnis, aplikasi streaming film dapat membantu meningkatkan minat kerja karyawan. Ada banyak sekali jasa penyedia streaming cobalah pilih yang bisa digunakan oleh beberapa karyawan sekaligus agar semua bisa merasakan manfaat ini!

Baca juga: Mengetahui Tentang Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

  • Outing Kantor

Kerap disebut dapat memperkuat solidaritas dan rasa percaya antarkaryawan, outing bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dicoba dalam meningkatkan performa bisnis. Langsung saja pilih jadwal yang memungkinkan untuk melakukannya!

  • Taman dan Area Hijau

Area taman memang bukanlah sesuatu yang mudah ditemukan di sebuah tempat usaha. Padahal, adanya taman serta tumbuhan hijau dapat membuat karyawan lebih rileks sehingga tidak mudah tertekan selama menyelesaikan tugas dan juga tanggung jawabnya.

  • Tempat Sampah yang Memadai

Jangan sampai karyawan harus berjalan jauh untuk membuang sampahnya. Walau terasa kecil, ini akan terasa sangat mengganggu pekerjaan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, pastikan memang sudah ada tempat sampah yang memadai dan mudah diakses.

  • Microwave

Bekerja setelah menikmati makanan hangat selalu memberikan sensasi yang berbeda. Setelah memenuhi seluruh kebutuhan primer dan memastikan bisnis dapat berjalan, pertimbangkan membeli microwave yang bisa digunakan karyawan untuk menghangatkan makanannya kapan pun dibutuhkan.

  • Persediaan Mie Instan

Berguna bagi mereka yang mungkin mengambil lembur atau memang mudah merasa lapar, persediaan mie instan menjadi sebuah kebutuhan yang sebaiknya selalu terpenuhi. Yah, sekalipun sebenarnya karyawan bisa menyediakannya sendiri, sih. Tak masalah, kan?

Baca juga: Leasing adalah Salah Satu Kebutuhan Bisnis? Memangnya Iya?

  • Plang Nama Kantor

Kebutuhan yang satu ini sebenarnya sangat sepele, tapi memiliki dampak yang signifikan bagi karyawan. Selain membuat kantor tak bisa mudah dikenali dari luar, ketiadaannya plang nama kantor di bagian depan dapat menjadi alasan penolakan permohonan KPR yang diajukan karyawan ke bank, lho!

  • Ruangan Khusus untuk Fokus

Beberapa pekerjaan membutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat cepat diselesaikan. Karena situasi tak selalu ada, kebutuhan akan ruang yang bisa digunakan untuk urusan ini bisa dibilang sama sekali tidak mendesak, tapi tak ada salahnya juga, kan, jika diadakan?

  • Area Bermain

Bantu karyawan lepaskan ketegangan kerja dengan menyediakan area bermain yang dapat digunakannya sesuka hati. Isi ruangan ini dengan beragam permainan favorit karyawan.

  • Ruang Rapat yang Memadai

Berdiskusi dan menyambut tamu dapat dilakukan di ruang rapat yang memang disediakan khusus. Jika memang belum mungkin menyediakannya, tak apa, kok, karena meeting atau rapat merupakan sebuah kegiatan yang bisa dilakukan di banyak tempat lain, kan?

  • Aplikasi POS

Gunakan aplikasi POS seperti aplikasi majoo yang dapat mempermudah pengelolaan bisnis. Seluruh fiturnya memang sudah dirancang untuk meringankan pekerjaan dan manajemen bisnis. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan aplikasi majoo sekarang juga!

Jangan tunggu terlalu lama, segeralah berlangganan layanan dari aplikasi majoo!

Baca juga: Bank Digital adalah Kebutuhan Masyarakat Saat Ini. Kok Bisa?

Referensi:

  • https://www.gramedia.com/literasi/kebutuhan-primer-sekunder-dan-tersier/
  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6497119/mengenal-pengertian-kebutuhan-sekunder-beserta-contohnya

Sumber Gambar:

  • Freepik.com

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo