Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Inilah Contoh Surat Penawaran, Mulai dari Harga hingga Jasa!

    Inilah Contoh Surat Penawaran, Mulai dari Harga hingga Jasa!

    Surat penawaran adalah surat yang berisi penawaran produk baik barang maupun jasa.

    Bila kamu adalah seorang pemilik usaha, tentu kamu perlu mengetahui cara membuat surat penawaran. Apakah kamu sedang mencari contoh surat penawaran?

    Tidak perlu khawatir sebab kami telah menyiapkan beragam contoh surat penawaran yang bisa kamu jadikan referensi. Namun, sebelum melihat contohnya, mari kita pahami terlebih dahulu pengertian serta komponen dalam surat penawaran.

    Pengertian Surat Penawaran

    Surat penawaran adalah surat yang berisi informasi produk, baik berupa barang atau jasa, yang diberikan oleh penjual kepada calon konsumen. 

    Tujuan dikirimkannya surat penawaran ialah untuk menarik minat konsumen terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

    Penawaran tersebut sering kali memengaruhi keputusan konsumen untuk bertransaksi atau tidak. Biasanya, surat ini dikirimkan sebagai respons dari surat permintaan penawaran yang dikirimkan oleh konsumen atau klien.

    Di samping membalas surat permintaan penawaran, pihak penjual umumnya menambahkan informasi produk serta menyisipkan iklan dalam surat penawaran.

    Langkah tersebut sangat wajar sebab salah satu fungsi surat penawaran adalah memperkenalkan produk kepada pihak yang telah ditargetkan atau termasuk ke dalam target pasar.

    Baca juga: Customer Segment adalah Kunci Sukses Bisnis Masa Kini

    Di samping itu, ada beberapa fungsi surat penawaran lainnya, yaitu:

    1. Sebagai sumber informasi produk bagi penerima surat sehingga penerima surat tertarik untuk membeli produk terkait
    2. Salah satu media untuk memperkenalkan produk
    3. Menjangkau calon konsumen potensial
    4. Memperluas jangkauan pasar dalam rangka memperoleh konsumen baru
    5. Media untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan setia 

    Komponen Surat Penawaran

    Bagi kamu yang memiliki bisnis, pengetahuan tentang komponen surat penawaran sangat penting. Adapun komponen atau unsur-unsur surat penawaran, antara lain seperti di bawah ini.

    1. Kop surat perusahaan

      Pastikan kop surat tersebut dilengkapi dengan informasi alamat, nomor telepon, dan alamat email perusahaan. Jika ada, kamu juga bisa menambahkan website perusahaan.

    2. Nama kota tempat surat diterbitkan, lengkap dengan tanggal penerbitan surat penawaran tersebut.
    3. Nomor surat dan urutan nomor surat keluar dari perusahaan.
    4. Perihal, yaitu isi atau inti dari surat penawaran.
    5. Lampiran diisi dengan jumlah halam lampiran, bila ada. Lampiran tersebut biasanya berisi detail produk dan promo yang kamu tawarkan.
    6. Tujuan, yakni pihak atau perusahaan yang dituju.
    7. Salam pembuka, sapaan pembuka seperti dalam surat resmi lainnya.
    8. Isi surat atau inti dari penawaran yang diberikan, misalnya menawarkan harga barang, kerja sama, atau jasa.
    9. Salam penutup, berisi penutup dan harapan pihak atau perusahaan akan merespon surat tersebut.
    10. Nama dan tanda tangan pimpinan perusahaan atau pejabat yang ditunjuk.
    11. Stempel yang dibubuhkan di area tanda tangan.

     

     Isi surat penawaran bervariasi, mulai dari penawaran harga hingga penawaran kerja sama atau kolaborasi.

    Contoh Surat Penawaran Beserta Strukturnya

    Mengetahui unsur-unsur surat penawaran saja tidak cukup, kamu perlu memperhatikan struktur surat penawaran ketika membuatnya. 

    Penyampaian penawaran umumnya terbagi dalam tiga paragraf. Akan tetapi, pembagian tersebut tidak rigid dan bisa disesuaikan dengan kepentingan perusahaan.

    Biasanya, paragraf pertama memuat informasi identitas produk, kualitas, harga, dan informasi lain yang berkaitan. Jika tujuan surat penawaran adalah merespons surat permintaan penawaran sebelumnya, hal tersebut juga perlu dicantumkan pada paragraf pertama.

    Kemudian, di paragraf kedua, kamu dapat memberikan informasi tentang cara pembayaran, cara pengepakan, hingga cara pengiriman barang. Pada bagian ini, kamu juga dapat mencantumkan potongan harga atau program promosi, jika ada.

    Sementara itu, kamu bisa menyampaikan harapan dan ucapan terima kasih kepada calon konsumen yang dituju di paragraf terakhir. Jangan lupa, tuliskan pula langkah lanjutan yang perlu dilakukan oleh konsumen bila konsumen menerima penawaran tersebut.

    Baca juga: Call to Action Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

    Contoh Surat Penawaran Harga

    Surat penawaran harga dikenal dengan istilah quotation atau sales quotation. Terlihat dari namanya, surat tersebut berisi informasi harga produk yang ditawarkan oleh penjual kepada calon konsumen.

    Biasanya, calon konsumen meminta surat penawaran harga untuk memastikan kesesuaian nominal transaksi dengan bujet yang tersedia. Karena itu, surat penawaran harga lazim diberikan antar bisnis yang terikat bujet dan jumlah transaksinya besar.

    Surat penawaran harga tidak mengikat secara hukum, kecuali surat tersebut menjadi bagian dari kontrak.

    Dalam surat penawaran harga, setidaknya ada tiga elemen yang tidak boleh terlewat, yakni:

    • Harga produk: Elemen ini tentu menjadi inti surat tersebut sehingga wajib ada.
    • Tanggal kedaluwarsa surat: Pihak penerima surat perlu memberikan konfirmasi terkait penawaran. Pihak penjual atau pengirim surat sebaiknya mencantumkan tanggal kedaluwarsa surat atau batas maksimal konfirmasi tawaran tersebut diterima atau ditolak.
    • Informasi detail tentang perusahaan

    Supaya kamu memperoleh gambaran yang lebih jelas, silakan lihat contoh surat penawaran harga berikut ini.


    Contoh Surat Penawaran Kerja Sama

    Kolaborasi merupakan strategi yang banyak ditempuh bisnis belakangan ini. Langkah ini tak lain dipicu oleh pergeseran perilaku konsumen yang lebih mengapresiasi kolaborasi daripada kompetisi.

    Baca juga: Apa Itu Co-Branding? Ketahui Seluk-Beluknya di Sini!

    Dari sisi internal perusahaan atau bisnis, pihak yang ingin berkolaborasi tentu perlu menjalankan serangkaian prosedur administratif, salah satunya mengirimkan surat penawaran kerja sama.

    Surat penawaran kerja sama adalah surat yang dibuat saat suatu perusahaan atau bisnis ingin bekerja sama dengan perusahaan atau bisnis tertentu. 

    Biasanya, surat penawaran kerja sama dikirimkan sebagai bentuk komunikasi awal sebelum kedua bisnis atau perusahaan bekerja sama atau berkolaborasi. Selain itu, surat penawaran kerja sama juga menjadi media untuk memaparkan keuntungan yang akan didapat oleh kedua belah pihak bila menjalin kerja sama.

    Di bawah ini salah satu contoh surat penawaran kerja sama


    Contoh Surat Penawaran Jasa

    Pada dasarnya, surat penawaran jasa tak berbeda jauh dengan surat penawaran barang. Hanya saja, jenis produk yang ditawarkan berupa jasa atau layanan. Selengkapnya bisa kamu lihat dalam contoh surat penawaran jasa berikut ini.


    Setelah melihat berbagai contoh surat penawaran di atas, semoga kamu jadi lebih memahami dan tidak kesulitan lagi saat harus membuat surat penawaran bisnis. 

    Tak hanya membahas surat penawaran, kami juga membuat artikel dalam berbagai topik yang bisa kamu jadikan referensi dalam pengelolaan bisnis. Bila kamu memerlukan referensi lainnya, silakan kunjungi laman ini!

    Referensi:

    • https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/06/14/contoh-surat-penawaran
    • https://mekarisign.com/blog/contoh-surat-penawaran/ 
    • https://spenmo.id/blog/contoh-surat-penawaran-harga 
    • https://kledo.com/contoh-surat-penawaran-kerjasama/ 
    • https://lezgetreal.com/contoh-surat-penawaran-jasa/#! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!