Contoh Usaha Waralaba yang Bisa Kamu Coba

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Usaha waralaba atau franchise kini telah menjadi bagian penting dari ekosistem bisnis di Indonesia

 

Usaha waralaba atau franchise kini telah menjadi bagian penting dari ekosistem bisnis di Indonesia. Model bisnis ini memungkinkan seseorang untuk menjalankan usaha dengan menggunakan nama, sistem, dan model usaha yang telah teruji. Untuk lebih memahaminya, kita akan membahas beberapa contoh usaha waralaba yang telah populer dan sukses di pasaran.

Alasan-alasan Usaha Waralaba Populer

Usaha waralaba atau franchise kini telah menjadi pilihan favorit bagi banyak pengusaha

Usaha waralaba atau franchise kini telah menjadi pilihan favorit bagi banyak pengusaha, baik yang berpengalaman maupun pemula. Lantas, apa yang membuat usaha waralaba ini begitu populer? Berikut adalah beberapa alasan utamanya.

Kesempatan Berbisnis dengan Merek Ternama

Salah satu alasan utama mengapa usaha waralaba menjadi populer adalah karena memberikan kesempatan kepada pengusaha untuk berbisnis dengan menggunakan merek yang telah dikenal luas oleh masyarakat. Dengan ini, pengusaha tidak perlu repot membangun merek dari nol. Merek yang telah dikenal ini juga dapat menarik pelanggan lebih mudah dan mempercepat proses penjualan.

Dukungan dari Franchisor

Dalam usaha waralaba, franchisor atau pemilik merek biasanya memberikan dukungan penuh kepada franchisee atau pengusaha. Dukungan ini bisa berupa pelatihan operasional, bantuan pemasaran, hingga penyaluran bahan baku. Dengan adanya dukungan ini, pengusaha dapat menjalankan bisnisnya dengan lebih mudah dan efisien.

Risiko Bisnis yang Lebih Rendah

Usaha waralaba biasanya menawarkan model bisnis yang telah terbukti keberhasilannya. Oleh karena itu, risiko kegagalan bisnis cenderung lebih rendah dibandingkan memulai usaha sendiri dari awal. Hal ini tentu sangat menarik bagi pengusaha, terutama yang masih baru dan minim pengalaman.

Manajemen keuangan bisnismu akan lebih efektif dengan menggunakan aplikasi akuntansi dari Majoo! Rekam transaksi, pantau aliran kas, serta buat laporan keuangan dengan mudah.

Pengembangan Bisnis yang Lebih Mudah

Waralaba seringkali menawarkan sistem yang memungkinkan pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya, misalnya dengan membuka cabang baru. Dengan begitu, pengusaha memiliki peluang untuk memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan pendapatannya.

Fleksibilitas dalam Mengelola Bisnis

Meski menggunakan merek dan sistem dari franchisor, pengusaha masih memiliki fleksibilitas dalam mengelola bisnisnya. Misalnya, dalam hal strategi pemasaran lokal, pengaturan SDM, dan lainnya. Ini memberi ruang bagi pengusaha untuk berkreasi dan menyesuaikan bisnisnya dengan kondisi dan pasar lokal.


Demikian beberapa alasan mengapa usaha waralaba menjadi populer. Meski menawarkan banyak keuntungan, kamu juga harus tetap hati-hati dalam memilih franchisor dan memastikan semua perjanjian dan syarat yang ada sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

Contoh-contoh Usaha Waralaba yang Populer

Beberapa contoh usaha waralaba yang populer baik dari nasional hingga internasional

Model bisnis waralaba telah digunakan oleh berbagai brand ternama, baik di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa dari mereka telah berhasil mencapai kesuksesan dan mengukir nama di pasar global. Mari kita lihat beberapa contoh usaha waralaba yang populer baik dari nasional hingga internasional.

Indomaret

Sebagai salah satu usaha waralaba ritel terbesar di Indonesia, Indomaret menawarkan berbagai produk kebutuhan sehari-hari. Dengan jaringan yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, Indomaret berhasil menunjukkan keberhasilan sistem waralabanya.

Bakmi GM

Usaha waralaba makanan ini menjadi favorit banyak orang berkat menu bakmi spesialnya. Dengan sistem waralaba yang baik, Bakmi GM berhasil memperluas bisnisnya ke berbagai daerah di Indonesia.

Es Teler 77

Usaha waralaba lokal ini dikenal dengan menu andalannya, es teler. Namun, Es Teler 77 juga menyajikan berbagai menu lain seperti bakso, mie ayam, dan nasi goreng. Waralaba ini telah berhasil mengekspansi bisnisnya hingga ke luar negeri, seperti Australia dan Singapura.

Alfamart

Sebagai salah satu jaringan minimarket terbesar di Indonesia, Alfamart menawarkan berbagai produk mulai dari makanan, minuman, hingga barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Kebab Turki Baba Rafi

Usaha waralaba ini menawarkan menu kebab yang lezat dengan berbagai varian rasa. Kini, Kebab Turki Baba Rafi telah berhasil membuka lebih dari 1.000 outlet di dalam dan luar negeri.

Wacoal

Meskipun bukan brand asli Indonesia, Wacoal telah lama menjalin kerjasama waralaba dengan perusahaan lokal dan kini telah memiliki banyak outlet di seluruh Indonesia. Merek ini menawarkan berbagai produk pakaian dalam wanita dengan kualitas terbaik.

Sophie Paris

Berawal dari sebuah perusahaan tas lokal, Sophie Paris kini telah menjadi sebuah contoh usaha waralaba produk fesyen dan kecantikan yang sukses. Produk-produknya dijual dengan sistem direct selling dan telah memiliki jutaan anggota di seluruh Indonesia.

Sate Khas Senayan

Berdiri sejak 1974, usaha waralaba ini menawarkan berbagai hidangan khas Indonesia, dengan sate sebagai menu utamanya. Sate Khas Senayan telah berhasil membuka banyak cabang di berbagai kota di Indonesia.

McDonald's

Usaha waralaba asal Amerika Serikat ini telah berhasil memperluas jaringannya ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Dengan menu andalan seperti Big Mac dan Chicken McNuggets, McDonald's menjadi salah satu waralaba fast food paling populer.

7-Eleven

Sebagai salah satu usaha waralaba convenience store terbesar di dunia, 7-Eleven menawarkan berbagai produk mulai dari makanan, minuman, hingga barang kebutuhan sehari-hari. 7-Eleven berhasil memperluas jaringannya hingga ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Starbucks

Usaha waralaba kedai kopi asal Amerika Serikat ini dikenal dengan berbagai pilihan kopi dan minuman lainnya. Dengan jaringan yang tersebar di berbagai negara, Starbucks telah berhasil menarik banyak penikmat kopi di seluruh dunia.


Ini hanyalah sebagian kecil contoh dari banyaknya usaha waralaba yang populer. Masing-masing menawarkan keunikan dan kelebihan tersendiri, baik dari segi produk, sistem kerja, hingga dukungan terhadap para franchisee. Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis waralaba, contoh-contoh di atas bisa menjadi inspirasi.

Peluang Bisnis Terkait Usaha Waralaba

Berbisnis dalam model waralaba tidak hanya terbatas pada menjadi seorang franchisee. Terdapat peluang-peluang lain yang berkaitan dengan usaha waralaba yang bisa kamu coba. Berikut beberapa di antaranya:

Menjadi Franchisor

Jika kamu memiliki bisnis yang sukses dan memiliki model yang dapat ditiru, kamu bisa menjadikan bisnismu sebagai waralaba dan menjadi franchisor. Kamu bisa membuka peluang bagi orang lain untuk berbisnis dengan model dan merek yang telah kamu bangun.

Menyediakan Jasa Konsultasi Waralaba

Banyak pengusaha yang berminat untuk berbisnis waralaba, tetapi tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Kamu bisa membuka jasa konsultasi yang membantu calon franchisee memilih waralaba yang tepat, memahami perjanjian waralaba, dan berbagai hal lainnya.

Menyediakan Layanan Pendukung Waralaba

Waralaba membutuhkan berbagai layanan pendukung, seperti pelatihan, pemasaran, hingga pengadaan bahan baku. Kamu bisa membuka bisnis yang menyediakan layanan tersebut. Misalnya, agen bahan baku untuk waralaba makanan, atau jasa pelatihan untuk karyawan waralaba.

Menjadi Investor Waralaba

Jika kamu memiliki modal yang cukup, kamu bisa menjadi investor untuk sebuah waralaba. Misalnya, membantu membiayai pembukaan cabang baru atau menjadi pemilik dari beberapa outlet waralaba. Peluang ini bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan jika waralaba yang kamu investasikan berjalan sukses.

Menyediakan Lokasi untuk Waralaba

Bagi kamu yang memiliki properti strategis, kamu bisa menyewakannya untuk digunakan sebagai lokasi waralaba. Waralaba seperti restoran, kafe, atau toko sering membutuhkan lokasi yang strategis untuk menarik pelanggan.


Peluang-peluang di atas bisa menjadi alternatif jika kamu tertarik berbisnis dalam model waralaba, tetapi tidak ingin menjadi franchisee. Setiap peluang tentu memiliki risiko dan tantangan tersendiri, jadi pastikan kamu memahaminya sebelum memutuskan untuk memilih salah satu peluang tersebut.

Tips Memilih Usaha Waralaba

Memilih usaha waralaba yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

Mengetahui Track Record Franchisor

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam suatu waralaba, penting untuk mengetahui track record atau reputasi dari franchisor tersebut. Cari tahu sebanyak mungkin informasi tentang franchisor, termasuk kinerja bisnis mereka, hubungan mereka dengan franchisee lain, dan lain sebagainya.

Mempertimbangkan Dukungan yang Diberikan Franchisor

Dukungan dari franchisor sangat penting untuk kesuksesan usaha waralaba. Dukungan ini bisa berupa pelatihan, bantuan pemasaran, hingga pasokan bahan baku. Pastikan franchisor yang kamu pilih dapat memberikan dukungan yang memadai.

Memahami Ketentuan dan Perjanjian Waralaba

Setiap waralaba memiliki ketentuan dan perjanjian yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami secara detail apa saja yang ditetapkan dalam perjanjian waralaba. Jangan ragu untuk meminta bantuan hukum jika diperlukan.

Melakukan Analisis Keuangan

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, kamu perlu melakukan analisis keuangan yang matang. Hitung berapa modal yang akan dibutuhkan, estimasi pendapatan, hingga break-even point dari usaha waralaba tersebut. Jangan lupa untuk mempertimbangkan juga adanya biaya royalty atau pembagian hasil yang harus diberikan kepada franchisor.

Menyusun Rencana Bisnis

Rencana bisnis akan membantu kamu memahami bagaimana usaha waralaba itu akan dijalankan. Rencana ini juga akan membantu kamu mengidentifikasi potensi masalah dan cara untuk mengatasinya.


Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan kamu bisa memilih usaha waralaba yang tepat dan berpotensi sukses. Ingat, memilih usaha waralaba bukan hanya tentang menemukan merek yang populer, tetapi juga memahami apakah model bisnis mereka cocok dengan kondisi dan kemampuan kamu.

Tantangan dalam Menjalankan Usaha Waralaba

Berbisnis waralaba mungkin terdengar mudah dan menjanjikan. Namun, seperti bisnis pada umumnya, menjalankan usaha waralaba juga memiliki tantangan tersendiri. Berikut beberapa di antaranya:

Menyesuaikan Diri dengan Sistem Waralaba

Setiap waralaba memiliki sistem operasional yang berbeda-beda. Sebagai franchisee, kamu harus bisa menyesuaikan diri dan menjalankan sistem tersebut dengan baik. Terkadang, hal ini bisa menjadi tantangan, terutama jika kamu sebelumnya telah terbiasa dengan cara kerja dan sistem bisnis yang berbeda.

Menghadapi Persaingan

Waralaba biasanya sudah memiliki nama yang dikenal oleh banyak orang. Namun, hal ini juga berarti kamu harus bersaing dengan franchisee lain dari waralaba yang sama, dan juga bisnis sejenis lainnya. Menghadapi persaingan ini bisa menjadi tantangan tersendiri.

Membayar Biaya Royalty atau Pembagian Hasil

Sebagai franchisee, kamu harus membayar biaya royalty atau pembagian hasil kepada franchisor. Besaran biaya ini bisa berbeda-beda tergantung pada perjanjian yang telah disepakati. Hal ini perlu menjadi perhatian karena bisa mempengaruhi keuangan usaha kamu.

Mengelola Sumber Daya Manusia

Mengelola karyawan dan tim kerja bisa menjadi tantangan tersendiri. Kamu harus bisa memastikan karyawan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, juga penting untuk menjaga semangat dan kepuasan kerja mereka.

Mempertahankan Kualitas Produk atau Jasa

Sebagai franchisee, kamu diharapkan bisa mempertahankan kualitas produk atau jasa yang sama dengan franchisor. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Menjaga kualitas ini bisa menjadi tantangan, terutama jika ada kendala dalam pengadaan bahan baku atau sumber daya lainnya.


Setiap tantangan tentu memiliki solusinya masing-masing. Dengan perencanaan yang baik dan pengelolaan yang tepat, kamu bisa mengatasi tantangan-tantangan tersebut dan menjalankan usaha waralaba dengan sukses.


Kamu bisa melihat bahwa usaha waralaba menawarkan berbagai peluang untuk berbisnis. Dengan pemahaman yang baik tentang model bisnis ini, kamu dapat menemukan peluang yang paling cocok dengan tujuan dan kebutuhan bisnis kamu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan yang tepat. Selamat berbisnis!


Sumber Data:

  • https://www.hashmicro.com/id/blog/7-tips-bisnis-franchise-sukses/
  • https://accurate.id/marketing-manajemen/10-bisnis-waralaba-modal-kecil/
  • https://kumparan.com/berita-bisnis/contoh-franchise-di-indonesia-dalam-berbagai-bidang-1zcFRoM5JIg
  • https://unsplash.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo