Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    8 Franchise Makanan Terlaris Kekinian 2022

    Memilih bisnis franchise makanan terlaris di Indonesia kini tidak perlu modal besar.

    Saat ini, usaha franchise atau waralaba di Indonesia kian banyak dan mudah ditemui di kota kecil. Rata-rata modal yang dibutuhkan untuk mempunyai usaha waralaba tidak terlalu banyak dan jika ditekuni akan kembali modal dalam waktu cepat. 

    Pengertian franchise adalah hubungan yang salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HKI).

    Atau, pertemuan ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa. 

    Kita bahas tentang bisnis waralaba ini, yuk, majoopreneurs? Terutama tentang franchise makanan terlaris kekinian yang bisa kamu pilih dan mulai siapkan modalnya, nih!

    Sekilas tentang Franchise

    Merujuk pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba, franchise adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

    Asosiasi Franchise Indonesia juga menjelaskan definisi waralaba yaitu suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan dengan franchisor yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan lain untuk melaksanakan bisnis dengan brand, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu.

    Franchise adalah tipe bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu-individu yang berbeda tetapi memiliki nama brand yang sama. Wujud brand-nya terlihat sangat besar dan tersebar di mana-mana (biasanya bahkan secara internasional).

    Dalam bahasa Indonesia, franchise diartikan dengan istilah waralaba. Franchise di Indonesia cukup banyak jenis dan bidang usahanya. Paling sering kita lihat adalah franchise makanan.

    Bisnis waralaba makanan dipercaya menjadi salah satu bisnis paling diincar karena tidak terlalu terkena imbas krisis. Alasan paling masuk akal adalah semua orang butuh makanan dan otomatis akan dicari konsumen.

    Tantangannya adalah mengemas bisnis makanan tersebut dan layak dijual. Tentu saja, faktor paling menentukan adalah rasa dan ciri khas makanan yang hendak dijual dengan sistem franchise tersebut. 

    Baca juga: 11 Rekomendasi Franchise Minuman 2022 Terlaris

    Kriteria Franchise di Indonesia

    Suatu bisnis bisa disebut franchise yang beroperasi di Indonesia apabila memenuhi 6 kriteria ini:

    • Memiliki khas usaha
    • Terbukti sudah memberikan keuntungan
    • Memiliki standar pelayanan dan barang atau jasa
    • Mudah diajarkan dan diaplikasikan
    • Adanya dukungan yang berkesinambungan 
    • Hak Kekayaan Intelektual (HKI) telah terdaftar

    Istilah dalam Dunia Franchise

    Berikut beberapa istilah dalam dunia franchise yang dikutip dari franchise-expo.co.id di antaranya:

    Franchisor

    Franchisor atau pewaralaba adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya.

    Franchisee

    Franchisee atau penerima waralaba adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.

    Franchise Fee

    Franchise fee atau biaya awal waralaba adalah biaya yang harus dibayarkan di muka sebelum gerai waralaba kamu mulai beroperasi. 

    Biaya-biaya ini mencakup:

    • Biaya lisensi atau hak untuk menggunakan brand yang diwaralabakan selama jangka waktu tertentu
    • Biaya hak untuk menggunakan atau meminjam pedoman operasional selama jangka waktu tertentu

    Sebaiknya kamu juga memastikan agar biaya-biaya tersebut sudah termasuk:

    • Biaya survei lokasi
    • Desain outlet
    • Informasi inventory atau stok awal, termasuk segala stok barang yang akan kamu butuhkan
    • Pencarian supplier untuk stok barang
    • Penyusunan rencana bisnis
    • Penyelenggaraan pelatihan awal
    • Supervisi dan eksekusi peluncuran bisnis kamu

    Royalty Fee

    Royalty fee adalah biaya yang harus kamu bayarkan setelah waralaba kamu mulai beroperasi. 

    Biasanya, franchisor akan menetapkan biaya pembayaran yang harus kamu lakukan setiap bulannya kepada mereka.

    Kebijakan royalty fee ini beragam, tetapi biasanya berupa persentase terhadap setiap penghasilan yang diterima pihak franchisee, dengan pengecualian unsur perpajakan.

    Mengapa ada royalty fee? Biasanya biaya ini digunakan untuk:

    • Kelangsungan operasional bisnis franchise perihal kesinambungan antar semua franchisee
    • Pelaksanaan audit waralaba serta evaluasi bisnis
    • Research and development bagi brand serta strategi pemasarannya

    Baca juga: 7+ Ide Bisnis Online Rumahan

    Jenis-Jenis Franchise

    Franchise Asing atau Luar Negeri

    Franchise ini merupakan bisnis waralaba yang berasal dari luar negeri dan cenderung lebih disukai karena sistemnya yang lebih jelas. 

    Paling jelas adalah mereknya pun sudah lebih dikenal oleh masyarakat. Contohnya seperti Pizza Hut, McDonalds, dan lainnya.

    Franchise Dalam Negeri

    Franchise yang berasal dari dalam negeri ini juga tak kalah bagusnya dan telah menjadi pilihan investasi untuk orang yang ingin cepat memiliki usaha, tapi belum punya pengetahuan yang memadai untuk menjadi pebisnis

    Keuntungan Berbisnis Franchise Makanan

    Bagi kamu yang ingin memulai bisnis dan memiliki modal cukup, franchise makanan memberikan banyak keuntungan jika dibandingkan memulai usaha mandiri dari nol. 

    Jika kamu tertarik, simak beberapa keuntungan berbisnis franchise makanan berikut ini. Semoga bisa membantu memantapkan keputusan untuk memulai bisnis makanan sendiri.

    1. Sudah memiliki sistem yang terbukti berjalan baik

    Satu kelebihan utama bisnis franchise makanan terlaris adalah bisnis tersebut biasanya sudah mempunyai sistem yang berjalan dengan baik dan menghasilkan profit. 

    Kamu tak perlu menyusun sistem bisnis baru dari nol dan malah berisiko rugi saat mencobanya.

    2. Didukung jaminan nama besar produk

    Keuntungan lain memiliki bisnis franchise makanan terlaris adalah adanya jaminan nama besar franchise tersebut yang sudah dikenal dan disukai banyak orang. 

    Kamu tak perlu lagi membangun brand karena sudah banyak yang tahu. Lebih mudah bagi konsumen mencari usahamu itu. 

    3. Risiko kegagalan usaha relatif kecil

    Adanya sistem yang baik dan dukungan jaminan nama besar produk membuat kamu berpotensi risiko kegagalan usaha relatif kecil. 

    Berhubung semua sudah berjalan baik, hanya tinggal kerja keras dan ketekunan yang menentukan sukses bisnismu.

    4. Kemudahan lebih jauh dalam pendanaan atau modal

    Saat ingin mengembangkan usaha dengan meminjam modal dari bank, kepercayaan bank adalah faktor terpenting. Nah, dengan memiliki franchise, bank lebih percaya karena usaha kamu dibina dan diawasi langsung oleh brand

     Mencari lokasi yang strategis dan teliti dalam memilih jenis franchise makanan adalah tips yang perlu kamu ketahui saat memulai usaha waralaba makanan.

    Tips Memulai Usaha Franchise Makanan

    Untuk memulai bisnis franchise makanan, kamu tidak hanya perlu mengetahui apa saja daftar bisnis franchise yang menguntungkan.

    Kamu juga perlu mengetahui apa saja tips memulai usaha franchise yang menguntungkan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

    Teliti dalam Memilih Jenis Franchise

    Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum menentukan bisnis franchise adalah memilih jenis franchise dengan teliti. Sebab, banyak sekali penipuan-penipuan dengan kedok franchise.

    Pastikan terlebih dahulu bahwa jenis dan produk franchise yang akan kamu jalani sudah terpercaya. Kamu bisa mengetahuinya dengan mencari informasi melalui internet atau pun ke orang terdekat kamu.

    Dengan begitu, kamu akan mengetahui bisnis franchise mana saja yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

    Sesuaikan dengan Passion

    Dalam memulai bisnis franchise terutama makanan, kamu memiliki kebebasan memilih merek franchise apa saja yang ingin dijalankan.

    Tetapi, alangkah lebih baik jika kamu memilih jenis franchise yang sesuai dengan passion dan keahlianmu. Apalagi jika kamu senang memasak.

    Hal tersebut akan memudahkanmu dalam menjalankan bisnis franchise, karena bisnis tersebut adalah jenis bisnis yang kamu suka dan kuasai.

    Selain itu, kamu juga kian bersemangat dan tidak mudah menyerah ketika memecahkan suatu masalah.

    Untuk itu, ketahui dahulu apa minat dan keahlianmu. Jika kamu mempunyai kemampuan memasak, maka kamu bisa menggeluti bisnis franchise makanan.

    Mencari Lokasi yang Strategis

    Tips memulai usaha franchise yang ketiga adalah mencari lokasi usaha yang strategis. Lokasi menjadi sebuah jalan menuju pintu kesuksesan usaha franchise-mu.

    Maka dari itu, pastikan kamu memilih lokasi usaha di tempat yang ramai atau yang sering dikunjungi banyak orang, seperti di daerah sekitar universitas atau pun kosan mahasiswa.

    Persiapkan Modal

    Modal menjadi hal utama yang harus kamu miliki dan persiapkan. Pasalnya, modal yang dibutuhkan oleh setiap bisnis franchise sangat beragam, tergantung dari jenis franchise dan produk yang kamu ambil.

    Namun, satu hal yang perlu kamu ketahui adalah modal tidak menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis franchise.

    Sebab, yang menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis franchise adalah kreativitas dan inovasi dari pemilik bisnis franchise.

    Namun modal tetap menjadi hal utama yang harus kamu miliki dan persiapkan. Dengan catatan, bisnis franchise yang kamu pilih sesuai dengan kemampuan keuanganmu.

    Pelajari Calon Bisnis Franchise

    Tips memulai usaha franchise yang terakhir adalah mempelajari calon bisnis franchise yang akan kamu jalani. Terutama asal usul, detail, sistem pembayaran, dan sistem bisnis produk franchise menjadi hal krusial yang perlu kamu ketahui.

    Sebab, setiap perusahaan penyedia franchise makanan tentu memiliki Standard Operational Production (SOP) masing-masing. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas produknya agar selalu terjaga dengan baik.

    Baca Juga: Apa Itu Analisis Bisnis? Mengapa Dibutuhkan dalam Bisnis?

    Contoh Franchise Makanan Rp1 Juta

    Pentol Planet - Franchise Makanan Murah Sekitar 1 Juta

    (sumber: youtube)

    Waralaba Pentol Planet sudah melalang buana sejak tahun 2007 silam. Berdiri di Trenggalek, Jawa Timur, Pentol planet menargetkan pasar menengah ke bawah. Harga jual mereka sendiri cukup murah yaitu Rp2.000,- hingga Rp5.000,- per porsi. 

    Paket pertama senilai Rp1,5 juta dan kamu akan mendapatkan fasilitas bahan baku, video pelatihan dan branding. 

    Haiyo Yogurt - Franchise Minuman Sehat Kekinian

    (sumber: gofood.co.id)

    Bagi franchisee yang ingin menargetkan segment pasar health-conscious, bisa melirik franchisor Haiyo Yogurt. Minuman dengan branding sehat yang satu ini dikemas dengan menarik dan modern. 

    Dengan modal mulai dari Rp1,7 juta (paket termurah), kamu sudah bisa menjadi mitra mereka dan mendapatkan bahan baku termurah dan dikemas dalam sachet berupa bubuk (jadi mudah disajikan dan disimpan). 

    Jasuke / Jagung Susu Keju - Franchise Makanan Murah Sehat

    (sumber: shopee.co.id)

    Bukan hanya enak, camilan Jasuke juga tergolong murah meriah dan sehat! Tak heran apabila makanan jagung kukus manis ini menjadi salah satu jajanan favorit berbagai kalangan masyarakat.

    Untuk memulai bisnis franchise Jasuke, kamu dapat mengeluarkan dana mulai dari Rp2 jutaan dengan pengadaan gerobak dan booth sendiri. 

    Shizuka Takoyaki - Franchise Makanan Murah Kekinian

    (sumber: bukalapak.com)

    Shizuka Takoyaki bisa kamu dapatkan dengan biaya waralaba sekitar Rp2.2 juta. Takoyaki sendiri merupakan makanan asal Jepang yang berbentuk bola-bola kecil yang berisi daging gurita.

    Franchise murah untuk pemula ini akan memberikan kamu beragam alat pendukung seperti x-banner, booth portable, kompor gas, regulator dan selang gas, alat untuk memasak takoyaki serta bahan bakunya.

    Contoh Franchise Makanan di Bawah Rp10 Juta

    Bakso Benhil - Franchise Makanan Mulai Rp4 Juta

    (sumber: baksobenhil.com)

    Jika kamu bergabung menjadi mitra, maka kamu diberikan pelatihan yang menyeluruh. Mulai dari menentukan layout rumah makan, pelayanan, harga, perhitungan keuntungan, hingga strategi promosi.

    Paket harga untuk bermitra pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari 4 juta saja.

    Tahu Gila - Franchise Makanan untuk Pemula Mulai Rp8 Juta

    (sumber: sasamecoffee.com)

    Keunikan franchise makanan tahu ini adalah kemampuannya membuat tahu menjadi makanan yang istimewa di kalangan anak muda.

    Tahu gila ini sebenarnya adalah tahu yang memiliki balutan tepung dengan beragam pilihan rasa. Harga yang ditawarkan untuk bisnis ini mulai dari Rp8.000.000,-

    Sabana Fried Chicken - Franchise Makanan Terlaris Murah

    (sumber: lifepal.com)

    Dijamin, tempat usaha kamu tak pernah sepi pembeli, karena ayam goreng tepung termasuk lauk paling dicari konsumen. Apalagi jika kamu membuka usaha di dekat lingkungan kampus.

    Harga makanan yang murah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Tak heran jika pebisnis waralaba Sabana Fried Chicken dapat mengantongi omzet hingga Rp20.000.000 dalam waktu satu bulan.

    Kimbab Ina - Franchise Makanan Korea Kekinian

    (sumber: zine.id)

    Ini adalah waralaba Korean Street Food, dengan bahan-bahan yang langsung diimpor dari Korea.

    Kelebihannya terletak pada tampilan dan packaging yang menarik dan belum memiliki kompetitor serupa.

    Semua menu yang ditawarkan dari waralaba ini menggunakan bahan berkualitas dan diracik langsung oleh koki handal dalam masakan Korea.

    Harga franchise makanan Kimbab Ina cukup beragam. Di bawah ini 3 pilihan di bawah Rp10 Juta:

    • Paket Agasi Korean Street Food: Rp7 juta
    • Paket Orini Korean Yangnyom Chicken: Rp4,7 juta
    • Paket Samonim Korean Yangnyom Chicken: Rp9,8 juta

    Baca juga: 13+ Peluang Usaha Sampingan

    Contoh Franchise Makanan Kekinian

    Memulai usaha franchise makanan kekinian berpeluang untuk lebih sukses dan meraih keuntungan dibandingkan dengan konsep makanan yang sudah lama ada. Salah satu alasannya tentu saja karena makanan ini sedang sangat digemari. Contohnya, franchise jajanan Korea dan franchise makanan Jepang.

    Franchise Jajanan Korea

    Holdak Indo

    Holdak merupakan salah satu franchise besar di Indonesia. Holdak adalah waralaba dari PT Holdak Anugerah Citarasa yang menyajikan berbagai masakan Korea, khususnya makanan yang berasal dari daerah Busan, Korea.

    Beberapa kedai Holdak di Indonesia antara lain terletak di tempat perbelanjaan dan mal, seperti Supermal Karawaci, Summarecon Mall Bekasi, Cirebon Super Blok, hingga Trans Studio Makassar.

    Jika kamu ingin bergabung dengan franchise Holdak, modal yang harus kamu persiapkan sekitar Rp100 juta, sudah termasuk dengan franchise fee sebesar Rp50 juta, booth Rp30 juta, dan peralatan dapur senilai Rp20 juta.

    SIMHAE Korean BBQ

    Sejak berdiri pada Maret 2019, franchise jajanan Korea  ini telah menjadi market leader di pasar AYCE (All You Can Eat) dengan harga terjangkau. Outletnya sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Jakarta, Jawa Barat, Tangerang, Sumatera, Sulawesi, Jawa Timur, Jawa Tengah, hingga Kalimantan.

    SIMHAE mengklaim bahwa produknya hanya menggunakan daging impor berkualitas. Sistem franchise yang diterapkan pun bisa dianggap sangat baik, karena SIMHAE menerapkan sistem standarisasi brand identity dari SIMHAE pusat untuk semua outlet yang dimiliki.

    SIMHAE secara spesifik memang tidak memaparkan tentang syarat dan harga paket franchise mereka. Jadi, kalau kamu tertarik untuk bergabung, bisa langsung mengakses sosial media Instagram mereka, yaitu @simhae.indonesia.

    Moshi-Moshi

    Moshi-Moshi adalah brand makanan yang mengusung konsep makanan Jepang dan Korean Street Food, di mana konsumen bisa membeli berbagai jenis makanan dengan cara dibuat sate, grill, maupun digoreng.

    Bagi kamu yang ingin bergabung menjadi mitra Moshi-Moshi, kamu bisa menyiapkan modal sekitar Rp50 juta sebagai persiapan untuk gerobak dan bahan baku. 

    Franchise Makanan Jepang

    Tokyo Ramen 

    Meskipun ada kata “Tokyo” pada namanya, ternyata franchise makanan Jepang ini bukan berasal dari Tokyo, melainkan dari Klaten, Jawa Tengah. Tokyo Ramen udah dibuka sejak 2009. 

    Dengan modal kurang lebih sekitar Rp20 juta, kamu sudah bisa bergabung dengan kemitraan dan mendapatkan paket yang cukup lengkap, seperti:

    • Gerobak ramen panjang dua meter
    • Peralatan memasak yang lengkap
    • 2 xbanner
    • Bahan baku awal (mie dan topingnya)
    • Pelarihan dan resep
    • Seragam

    Takeshi Bento 

    Takeshi Bento adalah franchise makanan Jepang yang dikenal berani menawarkan harga yang terjangkau untuk ukuran masyarakat Indonesia. Harganya mulai dari Rp17 ribu hingga Rp100 ribuan. Tergolong murah untuk sebuah paket lengkap bento.

    Beberapa makanan yang dijual di Takeshi Bento adalah Chicken Yakiniku, Beef Teriyaki, dan Chicken Nugget.

    Ternyata, untuk bergabung menjadi mitra dari franchise Takeshi Bento, kamu hanya perlu mengeluarkan modal sekitar Rp4 juta saja. Kamu bisa menjalankan bisnis restoran mini ini dengan sistem stok barang.

    Kesimpulan

    Selain modal yang tergolong lebih murah dibandingkan bisnis pribadi, bisnis franchise makanan juga memungkinkan perkembangan usaha yang lebih cepat karena nama dan model usaha yang telah dikenal masyarakat.

    Kamu juga dapat belajar banyak mengenai bagaimana cara berbisnis yang baik dengan bisnis waralaba sebelum memulai bisnis pribadi. Tertarik memilih franchise makanan yang mana, nih, Majoopreneurs?

    Sambil memilih franchise makanan terlaris kekinian yang murah meriah dengan target balik modal cepat, kamu bisa membaca artikel aneka solusi dari majoo juga, lo! Selamat berwirausaha, majoopreneurs!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    11+ Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki!
    Faktor keberhasilan wirausaha tidak terbatas pada modal uang saja, sehingga dibutuhkan adaptasi, inovasi, dan sikap wirausaha untuk mengembangkan usaha.
    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.