Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Escrow Account adalah: Definisi, Jenis, Fungsi, dan Manfaat

    Escrow Account adalah: Definisi, Jenis, Fungsi, dan Manfaat

    Escrow account jadi solusi yang aman untuk melakukan proses jual beli barang secara online.

    Escrow account atau dikenal dengan rekening bersama merupakan rekening yang digunakan sebagai perantara untuk menjembatani seluruh transaksi antara pihak pembeli dan penjual.

    Layanan yang satu ini bisa memberi jaminan keamanan saat penjual dan pembeli melakukan sebuah transaksi. Secara sederhana, escrow account adalah akun yang disediakan oleh pihak ketiga untuk menampung dan menyalurkan dana kepada pihak yang terlibat dalam sebuah transaksi.

    Keberadaan escrow account di Indonesia sangat memudahkan siapapun yang ingin melakukan jual beli untuk menjalankan transaksinya dengan nyaman. 

    Mengingat maraknya kasus penipuan yang terjadi saat melakukan transaksi secara online membuat banyak orang khawatir saat akan melakukan transaksi ini. 

    Nah, supaya kamu merasa aman saat melakukan kegiatan jual beli, ada baiknya kamu memahami jenis, fungsi, serta manfaat escrow account agar transaksi bisa dilakukan dengan aman.

    Pengertian Escrow Account

    Berdasarkan investopedia, escrow account merupakan suatu konsep hukum yang menjelaskan perjanjian keuangan atas aset atau uang yang dipegang oleh pihak ketiga atas nama dua pihak lain yang sedang dalam proses penyelesaian transaksi.

    Sementara itu, dikutip dari laman Kementerian Keuangan Republik Indonesia escrow account adalah rekening yang dibuka secara khusus untuk tujuan tertentu guna menampung dana yang dipercayakan kepada suatu Bank berdasarkan persyaratan tertentu sesuai dengan perjanjian tertulis. 

    Dalam Peraturan Bank Indonesia, escrow account yaitu rekening yang dibuka secara khusus untuk tujuan tertentu guna menampung dana yang dipercayakan kepada Bank Indonesia berdasarkan persyaratan tertentu sesuai dengan perjanjian tertulis.

    Manfaat Escrow Account

    Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa escrow account ini berfungsi sebagai rekening penampung yang dikelola oleh bank, di mana setiap transaksi antar pihak hanya bisa diselesaikan apabila masing-masing pihak telah melaksanakan seluruh syarat dalam perjanjian tersebut.

    Hal ini membuat keberadaan escrow account sangat berperan dalam meningkatkan keamanan aset uang yang telah disetorkan oleh pihak pembeli untuk kemudian diserahkan kepada penjual. Proses penyerahan dana ini akan dilakukan setelah transaksi atau barang yang dipesan sudah sampai dan diterima oleh pembeli.

    Adapun manfaat escrow account yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut.

    1. Melindungi Pembeli

    Kamu pasti pernah menemui transaksi online yang digunakan sebagai media untuk melakukan sebuah kejahatan, bukan? Hal ini tentu akan sangat merugikan pembeli yang percaya dan melakukan transaksi tersebut. Khususnya saat melakukan proses pembelian barang secara tidak langsung, misalnya melalui media sosial maupun e-commerce.

    Kasus yang sering terjadi berupa barang yang tidak kunjung sampai atau dikirimkan setelah penjual menerima dana sejumlah barang yang dijualnya.

    Oleh karena itu, dengan adanya escrow account, maka hak pembeli atas barang yang telah dibayarkan akan terlindungi. Dalam mekanisme escrow account, penjual baru bisa menerima uang setelah proses pengiriman barang selesai dan barang sudah diterima oleh si pembeli.

    Uang yang pembeli kirimkan akan ditahan sementara di rekening bersama yang telah disediakan oleh agen escrow. Ini merupakan bentuk perlindungan berupa jaminan barang akan dikirimkan setelah proses pembayaran selesai dilakukan.

    2. Melindungi Penjual

    Tidak jarang, kerugian yang terjadi akibat transaksi online juga dirasakan oleh penjual, lho! Beberapa kasus yang merugikan penjual dapat berupa transfer palsu yang dilakukan oleh pembeli dan kemudian mendesak penjual untuk segera mengirimkan barang pesanannya.

    Bagi penjual yang kurang teliti, mereka tidak langsung melakukan pengecekan terhadap bukti transfer yang dikirimkan. Alhasil, penjual mengirimkan barang yang sebenarnya belum dibayarkan oleh pembeli tersebut.

    Untuk meminimalisir hal ini terjadi lagi, penggunaan rekening bersama ini bisa jadi cara yang aman untuk bertransaksi secara online

    Baca juga: Mengapa Bisnis Perlu Melakukan Integrasi Marketplace?

     Kenali jenis dan fungsi escrow account untuk memudahkan seluruh kegiatan transaksimu.

    Fungsi Escrow Account

    Escrow account merupakan sistem pembayaran dengan beberapa fungsi, seperti:

    1. Meningkatkan keamanan saat melakukan transaksi, sehingga baik penjual maupun pembeli tidak ada yang dirugikan
    2. Mempermudah pemberi pinjaman untuk melacak dan mengontrol dananya.
    3. Memudahkan seluruh proses pembayaran dan bukti transaksi yang dibutuhkan.
    4. Meningkatkan kepercayaan bagi pemberi pinjaman dalam suatu transaksi peer to peer lending.

    Jenis-Jenis Escrow Account

    Terdapat tiga jenis escrow account yang perlu kamu ketahui, yaitu real estate escrow dan online escrow. Apa saja jenis-jenisnya?

    1. Real Estate Escrow

    Real estate escrow merupakan layanan yang sering digunakan dalam transaksi jual beli rumah. Umumnya, real estate escrow berupa kesepakatan yang ditandatangani. Petugas harus bisa memastikan seluruh klausul kontrak telah terpenuhi, kemudian akan dilakukan verifikasi kondisi rumah yang akan dibeli.

    Lalu, pembeli akan membuat cek yang mesti dibayarkan melalui escrow. Nantinya, perjanjian yang dibuat bisa diselesaikan ketika uang pembelian dicairkan kepada penjual. Setelah itu, nama pembeli akan dicatat pada bukti bayar.

    2. Online Escrow

    Online escrow account adalah layanan transaksi online yang digunakan untuk melindungi dan meminimalisir risiko penipuan yang mungkin terjadi baik oleh pembeli maupun penjual.

    Saat memesan barang, pembeli akan diarahkan untuk melakukan pembayaran ke dalam rekening bersama. Jika pesanan sudah dikirimkan dan diterima oleh pembeli, maka penjual dapat mencairkan uang yang telah dikirimkan ke rekening bersama tersebut.

    Apabila terjadi kesalahan dalam proses pengiriman barang, misalnya barang yang tidak sesuai pesanan atau barang yang dikirimkan dalam kondisi rusak, maka uang yang telah dikirimkan ke rekening bersama bisa dikembalikan kepada pembeli (refund). 

    Hal ini membuat transaksi jual beli dapat dilakukan dengan lebih aman dan nyaman untuk penjual maupun pembeli.

    3. Stock Escrow

    Jenis escrow selanjutnya adalah stock escrow yang merupakan layanan pembayaran saham menggunakan dokumen perjanjian sebagai syarat pemindahtanganan. Dalam hal ini, pemilik sebelumnya harus menghabiskan masa perjanjiannya sebelum memindahtangankan kepemilikan saham tersebut.

    Baca juga: Penggunaan Aplikasi Wirausaha Online, Tekan Pengeluaran Bisnis!

    Keuntungan Escrow Account

    Berikut ini, ada beberapa kelebihan yang dihadirkan dari penggunaan escrow account, di antaranya:

    • Escrow account memiliki fungsi sebagai rekening penampung yang menjembatani transaksi antara penjual dengan pembelinya. Adanya rekening penampung ini bisa meminimalisir kekhawatiran kedua belah pihak untuk melakukan transaksi secara aman.
    • Bagi pembeli, mereka akan merasa yakin barang yang dipesan akan benar-benar dikirimkan oleh penjual.
    • Penjual juga bisa mendapatkan kepastian bahwa pembeli telah melakukan transfer dana dan penjual bisa mengirimkan barang dagangannya dengan tenang.
    • Untuk rekening bersama yang dibuat secara mandiri, dana yang ada di dalamnya hanya bisa diambil saat kedua belah pihak menyetujuinya. Jadi, tidak ada pihak yang bisa mengambilnya tanpa sepengetahuan pihak yang lain.

    Kerugian Escrow Account

    Meskipun dirasa memudahkan, namun penggunaan escrow account juga memiliki kekurangan, seperti:

    • Penggunaan escrow account akan menambah biaya yang mesti dikeluarkan oleh pembeli.
    • Bagi penjual, transaksi yang dilakukan melalui escrow account ini akan memperpanjang waktu pencairan dana penjual. Penjual yang memiliki anggaran terbatas akan terhambat untuk bisa melakukan stok barang. Sebab, dana yang diterima dari pembeli akan tertahan di rekening bersama sampai barang sampai kepada pembeli.
    • Biarpun dirasa aman, namun ternyata tetap ada potensi untuk disalahgunakan oleh penyedia layanan rekening bersama ini. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mencari tahu integritas dan kredibilitas pengelola rekening bersama yang akan digunakan.

    Cara Kerja Escrow Account

    • Pihak yang akan melakukan transaksi sepakat untuk menggunakan layanan escrow account untuk memberikan jaminan keamanan pada transaksi yang dilakukan.
    • Setelah memilih barang yang diinginkan, pembeli akan mencari dan menentukan metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
    • Pembeli mentransfer uang sesuai dengan harga barang serta biaya jasa ke rekening bersama yang telah ditentukan.
    • Pembeli menginformasikan kepada penjual bahwa dana telah dikirimkan ke penyedia layanan rekening bersama.
    • Penyedia layanan akan menampung dana pembayaran sementara waktu.
    • Selanjutnya, penyedia layanan rekening bersama akan menginformasikan kepada penjual bahwa dana telah ditransfer dan meminta agar barang segera dikirimkan.
    • Penjual menindaklanjuti informasi tersebut dengan melakukan pengiriman barang kepada pembeli.
    • Setelah mengirimkan barang, penjual akan menginformasikan kepada penyedia layanan rekening bersama bahwa barang telah dikirimkan dengan menyertakan bukti resi.
    • Pembeli mendapatkan resi dari penyedia layanan.
    • Setelah barang sampai di tangan pembeli, penyedia layanan rekening bersama akan memberi konfirmasi bila barang yang dikirim telah sampai ke tempat tujuan.
    • Penyedia layanan kemudian mengirimkan dana yang disimpan kepada pihak penjual.
    • Penjual melakukan konfirmasi setelah menerima dana dari penyedia layanan. 

    Baca juga: Keuntungan yang Didapatkan Pemilik Bisnis dari Sistem Paylater

    Penutup 

    Bagaimana? Apakah kamu sudah memahami apa yang dimaksud dengan escrow account beserta kelebihan dan kekurangannya? 

    Rekening bersama ini bisa jadi solusi untuk meningkatkan keamanan saat kamu melakukan transaksi, terutama transaksi secara online. Dengan begitu, baik penjual maupun pembeli dapat melakukan transaksi secara aman tanpa ada yang dirugikan.

    Dana yang ditransfer oleh pembeli akan disimpan sementara dalam rekening bersama, kemudian setelah barang sampai kepada pembeli, pihak ketiga yang merupakan penyedia layanan rekening bersama ini akan mengirimkan uang yang telah disimpan sebelumnya kepada penjual.

    Namun, sebagai penjual yang memiliki modal terbatas perlu mempertimbangkan kembali penggunaan pihak ketiga ini sebagai bagian dari transaksi yang dilakukan. Sebab, kamu tidak bisa langsung mendapatkan uang tersebut sebelum barang yang kamu kirimkan sampai kepada pembeli.

    Bagi perusahaan yang menjalankan bisnisnya menggunakan layanan pihak ketiga ini, pastikan kamu melakukan pencatatan terhadap semua transaksi yang dilakukan perusahaan tersebut.

    Dengan melakukan pembukuan yang baik, kamu bisa memonitor laba rugi dan seluruh transaksi yang terjadi di perusahaan. Nantinya, laporan ini bisa kamu gunakan untuk melakukan evaluasi terhadap bisnis yang telah berjalan, sehingga keuntungan perusahaan juga lebih meningkat.

    Nah, jika kamu membutuhkan bantuan aplikasi akuntansi untuk melakukan semua tugas-tugas ini. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi POS majoo untuk mengatur dan mengelola bisnis dengan mudah.

    Aplikasi ini memiliki banyak fitur, seperti kasir online, aplikasi CRM, inventory, aplikasi karyawan, hingga analisa bisnis yang akan membantu mengelola bisnis secara cepat dan mudah.

    Mari maksimalkan keuntungan dengan dukungan dari layanan bisnis majoo yang tersedia kapanpun kamu membutuhkannya. Tinggalkan cara lama dan mulai #langkahmajoo mu sekarang! Daftar segera!

     

    Referensi

    • https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-palopo/baca-artikel/14476/Escrow-Account-sebagai-Sarana-Kemudahan-Transaksi-dalam-Pelaksanaan-Lelang.html
    • https://www.akseleran.co.id/blog/escrow-adalah/
    • https://accurate.id/bisnis-ukm/escrow/
    • https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/03/11/escrow-account-adalah

    Sumber Gambar

    • Freepik.com 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!