Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Keuntungan yang Didapatkan Pemilik Bisnis dari Sistem Paylater

    Paylater dinilai membawa banyak keuntungan bagi penggunanya

    Siapa yang tidak mengenal istilah paylater? Rasanya mungkin sedikit sekali, ya. Istilah ini memang sudah banyak dikenal masyarakat sebagai salah satu sistem pembayaran

    Paylater merupakan satu dari sekian banyak kemajuan dalam bidang e-commerce yang memberikan pilihan bagi konsumen untuk memilih bagaimana cara mereka bertransaksi dalam berbelanja. 

    Secara sederhana, paylater bisa diartikan 'belanja sekarang bayar nanti' yang konsepnya tidak berbeda dengan layanan cicilan tanpa kartu kredit.

    PayLater bisa digunakan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, mulai dari belanja online hingga traveling, seperti memesan tiket pesawat, kamar hotel dan lainnya. Bahkan untuk hal-hal yang mendesak seperti isi pulsa atau membeli paket data. 

    Bagi konsumen, sistem pembayaran ini tentunya memberikan keringanan pembayaran karena tidak adanya proses penarikan saldo yang tersimpan di rekeningnya untuk membayar barang atau jasa yang dibeli. 

    Lantas, apakah metode paylater juga bisa memberikan keuntungan bagi para pemilik bisnis atau pihak penjual? 

    Baca Juga: Apa Itu Paylater? Pengertian, Aplikasi, dan Cara Membayarnya

    Keuntungan Sistem Pembayaran Paylater bagi Penjual 

    Penggunaan sistem pembayaran paylater ternyata juga memberikan keuntungan bagi pihak pemilik bisnis atau penjual. Jadi, bukan hanya pihak konsumen ya yang mendapatkan banyak manfaat. 

    Beberapa keuntungan tersebut, antara lain: 

    Proses Penyelesaian Transaksi Lebih Cepat

    Sistem pembayaran dengan metode paylater memungkinkan para konsumen untuk menyelesaikan transaksi dengan lebih cepat dan praktis. Hanya tinggal klik, masukkan pin, dan selesai. 

    Hal ini tentunya menguntungkan pihak penjual karena tidak perlu menunggu proses penyelesaian transaksi dalam waktu yang lama. Terkadang, banyaknya langkah pembayaran memberikan peluang bagi konsumen untuk menunda pembayaran hingga tak menyelesaikan transaksinya. 

    Meminimalisir Peluang Hit and Run

    Dengan proses penyelesaian transaksi yang lebih cepat, secara otomatis menghindarkan peluang hit and run yang bisa dilakukan oleh konsumen. 

    Melalui paylater, pembeli segera melakukan transaksi dengan pembayaran yang dilakukan terlebih dahulu oleh perusahaan aplikasi.

    Meningkatkan Penjualan Usaha

    Angka penjualan juga secara otomatis akan meningkat seiring dengan banyaknya konsumen yang memilih untuk menggunakan paylater. Konsumen umumnya merasa lebih nyaman dan tenang saat melakukan pembelian dengan paylater. Sebab, mereka bisa mengangsur sehingga pembayaran jadi lebih mudah dan ringan dalam jangka waktu tertentu. 

    Meski banyak konsumen yang masih menghindari hutang. Namun, di era modern sekarang, konsumen cenderung lebih senang belanja cepat dan praktis. Ketimbang harus menabung lama dan baru membeli produk yang diinginkan.

    Menambah Kepercayaan Konsumen

    Konsumen cenderung lebih memilih brand atau bisnis yang menawarkan opsi paylater, karena dianggap lebih cepat dan mudah dalam proses pembayaran secara sistematis.

    Bisnis Dibayar Penuh

    Dengan paylater, bisnis kamu masih dibayar penuh dan cepat. Hal ini tentunya menjadikan arus kas usaha lebih lancar dan saling menguntungkan bagi konsumen maupun bisnis yang kamu jalankan.

    Ada banyak keuntungan bagi pemilik bisnis dari sistem pembayaran paylater.

    Tetap Kompetitif

    Ada banyak brand atau bisnis lain yang mungkin menawarkan produk dan jasa yang sama. Namun, konsumen akan cenderung memilih bisnis yang memudahkan metode pembayaran paylater. Ini yang menjadikan bisnis kamu masih tetap kompetitif untuk bersaing dengan para kompetitor di bidang yang sama. 

    Baca Juga: Analisis Kompetitor: Tujuan, Manfaat, dan Contoh

    Menguntungkan Usaha Ritel

    Paylater bisa menjadi sistem pembayaran yang menguntungkan bagi bisnis ritel atau eCommerce yang membutuhkan modal yang besar ketika menghadapi Hari Raya, Natal, Ramadan, atau musim liburan sekolah.

    Dengan sistem paylater, toko bisa menyimpan stok produk dulu, sambil mengelola modal untuk melunasi pinjaman setelah masa penjualan yang sibuk. Bisa dibilang, dalam hal ini paylater berfungsi seperti pinjaman bisnis yang bebas bunga. Sehingga, cocok untuk melancarkan arus kas usaha.

    Menambah Keuntungan Bisnis

    Semakin banyak konsumen yang berbelanja, semakin besar pula keuntungan bagi bisnis yang menyediakan paylater. Tidak heran bila saat ini banyak toko online besar yang menawarkan opsi pembayaran beli sekarang bayar nanti/paylater untuk menambah pengalaman belanja bagi konsumen.

    Apakah Paylater berisiko Menyebabkan Utang Macet bagi Bisnis?

    Pertanyaan ini mungkin sering muncul dari para pebisnis yang ingin menerapkan sistem pembayaran paylater untuk lebih menarik minat konsumen. 

    Perlu diketahui, meski ada sejumlah keuntungan memakai paylater untuk konsumen dan bisnis, kamu harus tetap ingat bahwa ini adalah bentuk pinjaman. Bagi sebuah bisnis, penting sekali untuk melakukan perhitungan proyeksi penjualan agar tidak membelanjakan di luar kemampuan modal usaha.

    Baca Juga: Memahami Pinjaman Online dan Dampaknya bagi Finansial

    Paylater menawarkan opsi untuk membayar cicilan tanpa bunga, dengan syarat tertentu. Lantaran itulah, metode ini bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan keuntungan usaha karena minim risiko.

    Setelah pembahasan ini, apakah kamu sudah menetapkan akan menggunakan sistem pembayaran paylater dalam bisnismu? Jika melihat bahwa pembayaran yang dilakukan secara tunai rawan fraud dan pertukaran virus, ada baiknya kamu segera beralih ke metode ini.

    Jika kamu berlangganan majoo, kamu juga bisa menikmati fitur majoo Pay yang juga memberikan beberapa keuntungan bagi pemilik bisnis. Fitur ini memberikan kemudahan satu pembayaran untuk semua wallet, seperti Ovo, Gopay, Dana, ShopeePay & LinkAja. Selain itu juga menerima semua jenis pembayaran QRIS serta QRIS tanpa tatap muka, dan kartu debit kredit. Menguntungkan sekali bukan? Yuk, langganan sekarang! 

    Pertanyaan Terkait

    • Paylater adalah sistem pembayaran yang sedang digemari oleh konsumen karena menguntungkan.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?